Saturday, 21 November 2015

Mudah Belanja Online dengan BNI Debit Online


Bicara mengenai dunia perbankan, nama Bank Negara Indonesia sudah tidak asing lagi di telinga kita. PT Bank Negara Indonesia (persero) Tbk atau BNI menjadi bank pertama milik negara yang lahir setelah kemerdekaan Indonesia. BNI telah mendapatkan tempat sendiri di hati masyarakat Indonesia. Di seluruh pelosok negeri BNI telah melebarkan sayapnya untuk membantu memajukan dan mempermudah perekonomian rakyat.

Hingga sekarang di era serba digital yang menuntut kemudahan dalam bertransaksi, BNI pun terus mengembangkan produk perbankannya demi memenuhi kebutuhan masyarakat. Sebagai salah satu trobosan terbaru, BNI mempersembahkan BNI Debit Online yang akan memudahkan pengguna dalam bertransaksi secara online dengan aman.

Apa itu BNI Debit Online

BNI Debit Online adalah suatu model inovasi / alternatif pembayaran yang mudah, cepat dan aman untuk transaksi belanja di Merchant/Toko Online dengan menggunakan Virtual Card Number (VCN) sebagai pengganti nomor asli BNI Kartu Debit berlogo MasterCard yang sumber dananya berasal dari rekening tabungan / giro perorangan. Berkat fasilitas ini, nasabah tak perlu lagi menghabiskan waktu lama untuk datang ke bank atau ATM,  Kita bisa menikmati belanja online di online store manapun yang menerima Master Card dengan BNI Debit Online. Proses BNI Debit Online pun sangat cepat sehingga tidak perlu menunggu lama. Ini juga akan menghemat waktu kita sehingga bisa melaksanakan aktivitas lainnya.

Oh ya sebelumnya saya sebutkan bahwa BNI Debit Online menggunakan Virtual Card Number (VCN). VCN adalah nomor kartu virtual terdiri dari 16 angka (digit). Masa berlaku  VCN  hanya 1 jam jam dan  hanya dapat digunakan 1 kali transaksi per request VCN. Saat ini VCN dapat diperoleh melalui SMS dari sistem BNI ke nomor handphone nasabah pemegang BNI kartu debit yang sudah melakukan registrasi dan aktivasi fitur BNI SMS Banking (transaksi financial / non financial).

Bagaimana Mengaktifkan BNI Debit Online

Untuk mengaktifkan BNI Debit Online ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi yaitu :
1.    Nasabah harus mempunyai rekening tabungan/giro BNI untuk jenis:
1.    BNI Taplus
2.    BNI Taplus Bisnis
3.    BNI Taplus Muda
4.    BNI Emerald Saving
5.    BNI Giro Perorangan
2.    Nasabah melakukan registrasi dan BNI SMS Banking (transaksi non finansial & finansial) dengan kartu debit BNI berlogo MasterCard serta nomor telepon genggam telah terdaftar di BNI.

Nah jika kita sudah mendapatkan notifikasi pengaktifan SMS Banking dari BNI maka kita sudah bisa bertransaksi dengan menggunakan BNI Debit Online. Request VCN kedepannya juga bisa dilakukan melalui e-channel lainnya seperti BNI Internet Banking dan BNI Mobile.

Jika SMS Banking kita sudah aktif, kita bisa request VCN dengan cara seperti berikut ini
1.    Ketik  Req VCN (Nominal) melalui BNI SMS Banking ke nomor 3346
2.    anda akan menerima SMS dengan perintah mengetik 2 digit secara acak sesuai nomor PIN Anda,
3.    Anda akan mendapatkan SMS balasan kembali yg berupa Nomor Kartu Virtual (VCN) yg terdiri dari 16 digit.
Kemudian, Lakukan input data (16 digit Nomor VCN, 3 digit CVC2 dan Valid Thru) sesuai notifikasi status request BNI Debit Online (pada gambar 1 langkah ke 3) di kolom yang telah tersedia pada menu pembayaran (gambar 2).

Setelah melakukan input data BNI DebitOnline, klik “Pay Now” untuk verifikasi transaksi.

Banyak online store yang menerima BNI Debit Online sebagai salah satu metode pembayaran, salah satunya seperti di Bhinneka.com, blandja.com, blibli.com dan merchant online store lainnya

Proses Transaksi Menggunakan BNI Debit Online di online store itu pun  sangat mudah

sumber : bhinneka.com

1.    Buka website online store yang kita tuju
2.    Pilih barang yang kita inginkan  dan klik “ Add to chart” lalu lanjutkan ke proses “Check Out”
3.    Lakukan proses pembayaran pada halaman pembayaran, pilih metode pembayaran "BNI Debit Online" pada jaringan MasterCard.
4.    Lakukan Proses Request VCN (cara sudah dijelaskan diatas)
5.    Lakukan input data di kolom yang telah tersedia pada menu pembayaran (gambar 2).
6.    Setelah melakukan input data BNI Debit Online, klik "SUBMIT" untuk verifikasi transaksi.
7.    Jika proses pembayaran sudah berhasil / Success, nasabah akan menerima notifikasi via email pembayaran dari Merchant/Toko Online.

Atau jika masih kurang jelas silahkan simak video berikut ini


Nah sangat mudah bukan, hanya dengan menggunakan BNI Debit Online, nasabah akan mendapatkan beberapa keuntungan sekaligus
1.    Kita bisa melakukan transaksi online  dengan aman  dan nyaman tanpa adanya kekhawatir akan kemungkinan terkena cyber fraud dikarenakan nomor asli kartu debit tidak perlu dimasukkan ketika melakukan transaksi.
2.    Nomor VCN hanya berlaku dalam waktu terbatas (1 jam) sehingga bisa mengurangi resiko penipuan dan penyalahgunaan atas nama rekening kita
3.    VCN memudahkan nasabah mengatur keuangan dan bujet belanja karena nasabah bisa menentukan batas maksimal yang bisa dibelanjakan untuk setiap nomor VCN.
4.    Selain melalui SMS Banking, VCN juga bisa diambil dari BNI Internet Banking dan BNI Mobile.
5.    Transaksi yang cepat sangat menyenangkan karena menghemat waktu, kita tidak perlu antri ke bank atau ke atm yang kadang menyita waktu apalagi dalam kondisi sibuk. BNI Debit Online sangat pas untuk kalian yang suka bisnis dan belanja online.

Melihat kemajuan yang kembangkan oleh BNI, saya turut bangga karena telah memudahkan masyarakat dalam bertransaksi di era digital seperti sekarang. Namun ada beberapa hal yang layaknya bisa dipertimbangkan oleh BNI agar bisa meningkatkan kualitas BNI Debit Online
1.    BNI Debit Online hendaknya melebarkan sayap kerjasama dengan berbagai merchant ternama juga online store bukan hanya di Indonesia tapi juga online store internasional. Karena ada beberapa online store yang tidak menerima pembayaran menggunakan BNI Debit Online
2.    Request VCN BNI Debit Online semoga kedepannya bisa menggunakan e-channel Internet Banking dan BNI Mobile agar pengguna tidak kerepotan dan ribet untuk bolak balik mengecek SMS. Karena walaupun aplikasi BNI Debit Online telah tersedia, sejauh ini tetap harus verifikasi melalui sms.
3.    Saya adalah pengguna layanan Bank Syariah, saya berharap BNI Debit Online pun bisa memisahkan layanan online Syariah dan konvensional agar pengguna layanan syariah pun bisa menikmati fasilitas BNI Debit Online dengan perasaan lega.

Itu saja sih saran saya buat BNI karena sejauh ini BNI sudah mencoba memberikan trobosan luar biasa untuk masyarakat Indonesia. Semoga BNI kedepannya bisa menjadi lebih baik dan makin dicinta.

2 comments:

  1. BNIku udah lama gak kucek, nanti mlm ach ngecek. Sekarang mudah bingit ya, belanja online tinggal pakai debit BNI,

    ReplyDelete
  2. iya mbak @astin mudah banget ^_^
    pake lagi aja BNI nyah

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar ^_^

BoBe (Blogger Bengkulu)

BoBe (Blogger Bengkulu)

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Join Now

Indonesian Food Blogger

Warung Blogger

IBX583D9D392DC6B

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger

Join Now