Wednesday, 9 December 2015

Asyiknya Belanja Online


Emak mana sih yang nggak suka belanja? Kayaknya jika diadakan survey, Cuma sedikit yang nggak doyan belanja. Secara belanja itu menurut saya sudah jadi naluri emak-emak. Eh, bukan emak-emak aja sih, hampir setiap orang nggak bisa dipisahkan dengan yang namanya belanja. Minimal belanja buat makan sehari-hari.

Nah, di era digital seperti sekarang yang sudah serba canggih dan menuntut sesuatu yang mudah dan cepat. Belanja pun mengalami transformasi yang signifikan. Saya ingat betul saat berdesak-desakan di Pasar hanya untuk membeli baju lebaran. Bayangkan, saya belanja siang bolong dengan Ibu dalam keadaan puasa hingga saya muntah-muntah karena letih. Sekarang pengalaman itu tinggal kenangan hehee, karena sekarang semuanya sudah sangat mudah dengan hadirnya toko online yang bertebaran di jagat dunia maya.
Sebagai seorang Ibu Rumah Tangga dengan Bayi yang beratnya lebih dari beras sekarung, Belanja Online jadi pilihan tepat. Belum lagi saya termasuk wanita yang nggak bisa bawa kendaraan *ngenes.

Kemana-mana nungguin suami atau naik angkot. Hadehh… gimana coba mau bawa anak saya muterin pasar untuk mencari barang yang seringnya nggak pas di hati dan kantong. Ujung-unjungnya Cuma pulang dengan betis yang makin membesar. Hehee… Belum lagi belanja di pasar butuh waktu yang lama, dan artinya banyak hal yang harus diselesaikan di rumah jadi terbengkalai.

Asyiknya Belanja Online buat Bisnis

Saya lupa kapan tepatnya saya mulai gandrung belanja online. Tapi awal-awalnya sewaktu masih kuliah saya pernah beli dalaman jilbab warna-warni yang lagi ngetrend saat itu di salah satu toko online jilbab yang ada di multiply. Sekalian saya beli banyak buat dijual di toko saya . Hohoo… iya, karena kalo beli dikit ongkosnya jadi mahal, jadi sekalian beli banyak dong. *otakbisnistingting.

Karena laku, saya pun mulai merambah bisnis dengan membeli baju-baju ala korea dan baju batik untuk dijual. Alhamdulillah hasilnya bisa nambahin kantong mahasiswa saya yang sering bolong. Selain saya juga buka usaha buat pin dan mug, secara rutin saya pesan bahan baku lewat toko online langganan saya. Satu lagi eh saya pernah jadi distributor sepatu dari Jawa yang juga dipesan secara online. Untungnya gede loh, karena kualitas bagus harganya agak murah dibandingkan jika beli di pasar. Asyik bener kan belanja online buat bisnis kayak lagu nya ayu ting-ting aja.. sik asyik,, sik asyik... hehee , Asyiknya karena hal ini loh
1.    Di kota saya Bengkulu, bahan baku dan barang untuk jualan masih langka. Kalaupun ada mahal bo…
2.    Karena buat bisnis, mesannya banyak dan ongkos kirim pun tertutupi. Bahkan dikasih bonus
3.    Nggak perlu capek, tinggal pesan dan transfer, barang langsung sampai ke tujuan
4.    Beberapa toko online memberikan garansi pengembalian uang jika barang yang diterima cacat atau rusak
5.    Barang di toko online biasanya unik dan jarang ada di kota saya, jadi bisa mendongkrak penjualan, dan bisa dijual dengan murah juga loh, pesaingnya juga dikit

Serunya Belanja Online untuk Kebutuhan Pribadi dan Keluarga

“Eh baju couple nya beli dimana sih mbak”, “eh, sepatunya beli dimana sih, kok unik.” Hohoo… pertanyaan seperti itu sering banget saya terima kalau saya sudah pakai barang-barang yang dibeli dengan cara online. Secara baju yang dijual di online kan memang unik-unik. Kita bisa pilih sesuai selera, lihat ukurannya, dan tinggal klik dan transfer. Barang tiba-tiba dah sampai aja ke rumah. Belanja Online juga punya tempat tersendiri untuk suami saya. Suami saya itu loh, kakinya…. Ukuran sepatunya nggak ada di jual di pasar atau toko-toko disini. Beneran… saya dan suami udah capek keliling buat nyariin sepatu futsal yang pas buat suami saya. Tapi hasilnya nihil.

pencarian sepatu ukuran super gede
Akhirnya saya coba belanja online, syukurlah nemu salah satu toko yang menyediakan sepatu ukuran gede. Selain itu saya sering banget pesan keperluan pribadi seperti gamis yang kekinian atau buku yang sering banget diskon ^_^

Asyik Jangan Sampai Lupa Diri

Nah, belanja online memang asyik. Tapi jangan sampai lupa diri yah. Inget-inget budget dan keperluan lainnya. Berabe kalau hanya nuruti nafsu belanja tapi nggak bijak dalam berbelanja. Dan, lebih baik untuk mendiskusikan dengan suami (kalau udah menikah) tentang apa yang mau kita beli, biar suami nggak shock kalau dia tahu uang belanja berkurang drastic. Hehee… Tak ada salahnya juga sekalian membelikan keperluan suami dan anak agar mereka ikut bisa merasakan keseruan belanja online kita.

Hati-Hati dengan Toko Online Tipu-Tipu

Kebebasan berselancar di dunia maya tak pelak membuat banyak orang jahat memanfaatkan hal tersebut untuk merugikan orang lain. Jadi, harus hati-hati dalam memilih toko online untuk berbelanja. Jangan terhasut dengan harga yang super murah tanpa meneliti lebih jelas. Saya sudah pernah mengalaminya. Uang sudah ditransfer barang nggak sampai. Ada juga barang yang dipesan nggak sesuai dan penjual nggak mau ganti rugi.  Sedih, marah, kesal dan trauma pun memang menghampiri. Tapi jangan lama-lama dong, kudu move on dan kedepannya baiknya untuk mengecek terlebih dahulu toko online yang dituju, testimony, dan ketentuan pembelanjaan.

Ketentuan belanja menjadi penting agar kita nggak dirugikan nantinya. Baru-baru ini saya super kesal dengan salah satu toko online yang sudah lumayan terkenal. Pelayanannya lambat dan ongkos kirim hanya untuk beberapa barang mahal banget. Jadi saya biarkan voucher belanja hadiah saya terbuang sia-sia >.<
 
Lalu apa saya jera? Nggak donk, itu jadi pelajaran buat saya untuk lebih hati-hati. Karena banyak toko online yang sudah terkenal akan pelayanan dan barangnya yang bagus-bagus.
Salah satu tempat belanja online yang sangat diminati muslimah untuk membeli kebutuhan Hijab ada HijUp. Ahh… ngomongi HijUp mata saya langsung berbinar-binar.

Nggak percaya? Coba deh buka websitenya, langsung deh meleleh karena ngiler sama koleksi-koleksinya.
HijUp.com adalah Islamic fashion e-commerce pertama di dunia yang didirikan pada tahun 2011. Dengan konsep online mall, HijUp.com menyediakan berbagai macam produk terbaik karya designer fashion muslimah Indonesia. Produk yang disediakan ditujukan khusus untuk wanita Muslim, dari mulai pakaian, kerudung, aksesoris dan banyak lagi yang lainnya.

Koleksinya kece badai karena yang ditampilkan adalah koleksi keren dari designer terpilih. Koleksinya juga lengkap sesuai kebutuhan muslimah. Dan yang paling penting adalah terpercaya. Soal harga relatif sih. Tapi untuk ukuran kualitas so pasti harganya terjangkau untuk pembeli.

Jadi nggak usah ragu belanja di HijUp. apalagi kalau dapat voucher belanja dari HijUp dengan ikutan giveawaynya emak kece Annisa Steviani dan Istiana Sutanti. Semoga aja saya beruntung di Hari Belanja Nasional nanti.. aamiin..


http://www.annisast.com/2015/12/familytalkxhijup-giveaway-pengalaman.html
"Tulisan ini disertakan untuk giveaway #FAMILYTALK Annisa Steviani dan Istiana Sutanti bersama Hijup.com."
Tulisan ini disertakan untuk giveaway #FAMILYTALK Annisa Steviani dan Istiana Sutanti bersama Hijup.com - See more at: http://www.annisast.com/2015/12/familytalkxhijup-giveaway-pengalaman.html#sthash.fwrrmWJi.dpuf
Tulisan ini disertakan untuk giveaway #FAMILYTALK Annisa Steviani dan Istiana Sutanti bersama Hijup.com - See more at: http://www.annisast.com/2015/12/familytalkxhijup-giveaway-pengalaman.html#sthash.fwrrmWJi.dpuf

13 comments:

  1. Ukuran baju atau sepatu yang langka lbh baik belanja online kali ya..lbh mudah nyarinya:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah mbak, saya udah kepusingan kalo cari ukuran sepatu suami disini nggak nemu hehee

      Delete
  2. suka belanja online tapi sepatu belum pernah nyobain beli

    ReplyDelete
    Replies
    1. belinya di toko terpercaya mbak... biar hasilnya sesuai

      Delete
  3. Mak di Bengkulu di mana? Aku asli Bengkulu hehehe... Iya belanja online perlu strategi yaj biar gak ketipu😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku ngontrak di tengah padang mak..
      iya aku dah tau ama mbak naqiy dah lama hehee
      kan terkenal sebagai penulis FLP
      salam kenal mak

      Delete
  4. Mak di Bengkulu di mana? Aku asli Bengkulu hehehe... Iya belanja online perlu strategi yaj biar gak ketipu😊

    ReplyDelete
  5. Kalo saya mah masih belum berani belanja online baju atau sepatu. Karena keseringannya ukurannya selalu kurang pas. Kalo tas dan dompet mungkin masih mending. Kalo beli baju saya lebih baik cari di toko saja :D
    Makasih udah share :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak memang beda2 selera kita, ya tergantung kita sih nyaman yang mana ^_^

      Delete
  6. Ini blog ke enam yang saya baca, yang menulis tentang belanja online, tapi masing-masing menyuguhkan tulisan yang berbeda & unik ... mantap..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih.. kan lagi heboh2nya HArBolNas hehee

      Delete
  7. toko online tipu tipu yang sampe kini belum bisa kudeteksi mb...apa yang castemer servisnya jutek itu tipu tipu

    ReplyDelete
  8. Wah, belanja online ya? Daku sih cukup sering belanja online, tapi ya barang-barang yg emang aku cari aja sih :)

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar ^_^

BoBe (Blogger Bengkulu)

BoBe (Blogger Bengkulu)

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Join Now

Indonesian Food Blogger

Warung Blogger

IBX583D9D392DC6B

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger

Join Now