Wednesday, 13 January 2016

Tren Blogger di Tahun 2016

Assalammualaikum. Holaa semua. Apa kabarnya nih di awal tahun 2016 ini?

Semoga terus semangat untuk merealisasikan resolusi yang sudah dibuat di tahun ini yah. Ngomongi soal resolusi, di dunia blog saya pun punya tekad untuk menulis dengan lebih rutin, lebih berkualitas dan juga mempelajari banyak hal tentang blog.

Belum lama ini saya mulai ikut jejak para blogger yang mengganti blog gratisan mereka dengan TLD (top level domain) . Bukan tanpa alasan sih, domain ternyata punya nilai penting loh sekarang. Blogger dengan domain pribadi semakin banyak dilirik untuk bekerja sama dengan berbagai brand mempromosikan produk. Belum lagi pundi-pundi yang bisa dihasilkan dari job review dan content placement. Tentu hal ini akan sangat menguntungkan, selain bisa menyalurkan hobi menulis, bonus pun bisa didapatkan.

Eh tapi ada tapinya, setelah ganti domain nggak selesai disitu aja dong. Nggak serta merta bisa langsung apply kerja sama dengan advertiser yang beberapa bulan terakhir ini lagi ngehits banget sepak terjangnya. DA dan PA jadi syarat yang jadi penjegal, ya iyalah domain baru kan butuh proses untuk memenuhi persyaratan itu. Ya, lagi-lagi konsistensi, tulisan berkualitas yang jadi jawabannya. Awalnya saya sempat galau karena DA mentok disitu-situ aja sedang blogger lain share kegirangannya karena punya progress yang membahagiakan. Terus akhirnya sadar daripada galau mikirin DA enakan terus nulis dan rejeki bakal datang dengan sendirinya. Toh blogger kece yang punya traffic tinggi dan banyak dilirik untuk kerjasama juga melewati proses yang nggak mudah.


Perlu banyak belajar nih, salah satunya dengan bergabung dalam komunitas blogger. Sekarang kan Komunitas Blogger semakin menunjukkan taringnya hehe... Saya pun mendapatkan banyak manfaat dengan bergabung dalam Komunitas Emak-Emak Blogger, Warung Blogger, Blogger Muslimah, dan juga Blogger Perempuan. Seringkali admin dan anggota memberikan informasi kerjasama dan job review. Alhamdulillah ada juga ngerasain yang namanya job review. Harapannya sih Komunitas Blogger Daerah juga sama majunya, tapi untuk saat ini Bengkulu masih jauh tertinggal dari daerah lainnya. Pernah EO salah satu Mall menghubungi saya untuk mengadakan seminar dan pelatihan blog. Wihh semangat banget saya, tapi ternyata di php-in, saya udah ngehubungi teman blogger sedaerah malah. Tapi si EO nggak konfirmasi hingga saat ini.

Kalo di kota besar, blogger pastinya sudah terkenal benget yah, lauching produk, seminar, bedak buku, blogger punya tempat yang spesial. Yang lagi hotnya, blogger pun diundang ke Istana dan foto bareng Presiden, ihhh bikin mupeng. Superrr kerenn....

Prediksi Tren Blogger di Tahun 2016

Prediksi saya sih di tahun 2016 ini blogger akan semakin dikenal. Bukan hanya di dunia maya, di media elektronik dan cetak blogger pun melebarkan sayap. Hal ini akan membuka mata banyak orang kalo blogger ini bukan sekedar orang yang hobi online. Blogger punya andil dalam berbagi manfaat lewat informasi yang mereka sampaikan. Apapun bidangnya. Blogger akan digandeng banyak pihak termasuk pemerintah untuk mempromosikan budaya daerah dan negara ke khalayak ramai bahkan dunia internasional.

Tidak terlalu berbeda dari tahun 2015, Tren Blogger dengan blog niche saya rasa tetap akan jadi jawara. Food Blogger, Travel Blogger, Fashion & Beauty Blogger, Book Blogger akan makin jaya. informasi yang khusus membuat banyak pembaca setia akan terus bertengger menikmati informasi baru yang disajikan. Selain itu Parenting Blog yang berisi informasi parenting juga kegiatan si kecil juga makin banyak diminati.

Tapi bukan berarti blogger dengan konten gado-gado nggak mendapat tempat di tahun 2016 ini loh. Istilah baru yang saya dapat dari blog dengan konten beragam adalah Lifestyle Blogger. Blog jenis ini punya macam informasi dengan berbagai kategori. Jadi ya semua bisa masuk. Saya pun pernah membaca tentang tips untuk Lifestlye Blogger agar blog terlihat lebih rapi dan kece. Buatlah jadwal postingan sesuai kategori, jadi tulisan kita bisa terjadwal setiap harinya. Misalnya nih, hari senin tentang makanan, selasa tentang Beauty, rabunya Fashion, dan seterusnya. Tips ini bakal jadi to do list saya tahun ini, moga bisa merealisasikannya.

And the last, Siapapun Blogger yang akan ngetren di tahun 2016 nanti, semoga teman-teman bisa menemukan passion ngeblognya yah, jadi aktifitas ngeblog kita akan terus terasa menyenangkan ^_^

Kalau menurut teman-teman, gimana sih Tren Blogger Indonesia di tahun 2016 ini? share yuk...


31 comments:

  1. Salam,
    Ulasan yang menarik. Terutama "jadwal postingan sesuai kategori..." Nice tips. Keep blogging @2016.
    @ge1212y

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah, aku juga baru dapet ilmunya soal postingan berjadwal ^_^

      Delete
  2. Iya mba blog gado-gado saya belum ada jadwalnya, ide bagus :)

    @umimarfa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah aku juga hehe... dibuat aja kalo tertarik

      Delete
  3. Aamiin, semoga saya bisa menemukan passion blog saya. And become a real blogger, hahahaa.. *ngayal..
    @rin_mizsipoel

    ReplyDelete
  4. semoga kita bisa menemukan passion ngeblog kia :D
    @aleksdejavu

    ReplyDelete
  5. Banyak banget yang akan jadi tren. Nanti mungkin kita juga bisa jadi tren? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh semoga saja, aku yakin kok kalo kita semangat belajar dan memperbaiki kualitas konten pasti bisa jadi blogger hebat

      Delete
  6. ide bagus mba, blogku belum ada jadwalnya :D

    @gemaulani

    ReplyDelete
  7. saya juga sedang mengembangkan blog dengan domain baru. beratnya nilai suatu konsistensi. hehe

    @f_nugroho

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga bisa mengembangkan domainnya yah ^_^

      Delete
  8. Trendnya tahun ini kayanya lebih ke dapat uang dari blog deh. ;D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin... moga aku bisa dapat percikannya hehe

      Delete
  9. postingan terjadwal dan bertema! duh itu susah banget mak. udah pernah bikin tapi...ya gitu deh, jalan di tempat. hehehr....

    semoga di tahun ini lebih oke lagi ngeblognya. semoga blog kita diberkahi Alloh. aaamiiin.

    @diahdwiarti

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga belum pernah nyobain mbak... kayaknya memang butuh konsistensi tingkat tinggi deh

      Delete
  10. Da,.pa, po itu apa? Menurut saya teknologi

    ReplyDelete
    Replies
    1. DA itu domain authority mbak, kayak gantinya page rank gitu mbak

      Delete
  11. Da,.pa, po itu apa? Menurut saya teknologi
    @guru5seni8

    ReplyDelete
  12. Hai Mbak. Maaf ya baru main ke sini.
    Kalo di daerah saya, Makassar alhamdulillah sudah mulai semarak. Soalnya kalo utk Indonesia timur kan brand melirik ke Makassar dulu utk pengembangannya. Jadi lumayanlah, kerja sama dengan brand di sini.

    Tahun ini, atau ke depannya, kata beberapa pesohor blog, sih .... disarankan utk belajar video blogging, Mbak. Kalo saya belum bisa tuh. Pernah belajar bikin video tapi berhenti begitu saja soalnya saya mending pakai buat nulis. Takut kuota modem cepat habis, hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak saya juga sering liat liputan blogger semarang keren banget...
      eh iya Video blogging juga mulai semarak yaa

      Delete
    2. Kalau mesti bikin vblog kok kayaknya harus sedia kuota lebih, ya.. Tapi saya belum bisa bikin-bikin video gitu. Sementara nulis aja yang rutin. :D

      Delete
    3. sudah begitu, kudu harus belajar editing video. belom lagi software-nya yang berat. pffft. *belum apa-apa udah ngeluh* =))

      Delete
  13. DA dan PA jadi syarat yang jadi penjegal, ya iyalah domain baru kan butuh proses untuk memenuhi persyaratan itu.

    Perlu dijelaskan DA dan PA itu apa? Bagi yg newbie kaya saya rasanya masih asing dg istilah tsb

    Adibriza.com

    ReplyDelete
  14. Mungkin 2016 ini mulai dipikirkan untuk beralih dari blog gratisan 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi mas iyoth,,, saya kok kepikiran juga :D

      Delete
  15. Tulisan terjadwal 😊 #ikutan jdiin resolusi

    ReplyDelete
  16. Hidup Gado-gado, eehh Lifestyle blog biar lebih keren yaakk ;)

    ReplyDelete
  17. Gado-gado aja biar ga bosen :D hahahhaha

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar ^_^

BoBe (Blogger Bengkulu)

BoBe (Blogger Bengkulu)

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Join Now

Indonesian Food Blogger

Warung Blogger

IBX583D9D392DC6B

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger

Join Now