Thursday, 4 February 2016

5 Langkah Memulai Usaha untuk Pemula

RiaFasha.Com. Sekarang ini banyak orang yang kesulitan mencari pekerjaan. Tak dapat dipungkiri bahkan seseorang yang telah menyelesaikan pendidikan di kuliah pun masih banyak yang pengangguran. Nilai yang memuaskan di selembar ijazah ternyata tidak dapat menjadi patokan apakah seseorang akan mendapatkan pekerjaan dengan mudah, apalagi jika tidak memiliki keahlian khusus. Selain itu lapangan pekerjaan yang tidak sebanding dengan jumlah penduduk pun menjadi factor lain susahnya mendapatkan pekerjaan.

Solusi akan tingginya pengangguran di Indonesia adalah dengan membuka usaha sendiri. Anda bisa sewa tempat usaha dan memulai ide bisnis yang Anda rencanakan lalu Anda akan menghasilkan uang sendiri. Membuka usaha sendiri memang sangat menggiurkan karena Anda akan menjadi seorang boss tanpa harus menjadi karyawan yang melakukan perintah orang lain. Jam kerja pun sangat fleksibel tanpa harus terikat dengan perjanjian dan keuntungan yang bisa didapatkan pun akan besar jika usaha tersebut berkembang pesat.

Akan tetapi resiko untuk memulai usaha pun juga lebih besar dibandingkan menjadi seorang karyawan. Berdasarkan pengalaman saya pribadi, telah beberapa kali membuka usaha sering kandas ditengah jalan karena berbagai alasan seperti kurangnya modal, penurunan daya beli pelanggan hingga tidak bersemangat untuk melanjutkan usaha. Belum lama ini saya tidak melanjutkan usaha fotocopy karena tidak mempunyai modal untuk sewa tempat usaha.  Saya kebingungan setiap tahunnya harus membayar sewa. Mungkin akan lebih  hemat jika saya punya ruko milik sendiri. Ada yang berniat jual ruko namun lagi-lagi kami masih belum berani untuk meminjam uang, takut tidak bisa mengembalikan. Namun seiring dengan bertambahnya jam terbang dan semangat untuk terus berusaha, saya tak putus asa untuk melanjutkan mimpi di bidang bisnis.

Untuk meminimalisir resiko yang saat membangun sebuah bisnis, perlu kematangan berfikir dan pertimbangan yang masak agar usaha yang Anda mulai bisa berjalan dengan lancar dan menghasilkan seperti yang diinginkan. Berikut 5 langkah memulai Usaha

Tentukan Ide Usaha dan Bermimpilah yang Besar

Yang perlu Anda ketahui bahwa untuk sukses dalam bisnis tidak bisa instan, Ada proses yang harus dilalui. Mulai dari memikirkan ide awal, membuka, memperkenalkan hingga mempromosikan usaha tersebut. Dalam proses ini, banyak sekali tantangan dan rintangan. Jadi  bermimpilah usaha Anda ini akan menjadi besar dan spesifik usaha apa yang akan Anda bangun. Mimpi yang besar harus jelas, pantas, berharga untuk diperjuangkan hingga ketika ada tekanan dan masalah maka Anda tidak mudah jatuh dan patah arang.

Business Plan (Rencana Usaha)

Setelah menentukan usaha apa yang akan Anda bangun, buatlah rencana usaha Anda dengan terperinci. Business plan merupakan rancangan penyelenggaraan sebuah usaha bisnis secara menyeluruh terhadap semua aspek yang dibutuhkan dalam menjalankan sebuah usaha bisnis. Rencana usaha yang baik termasuk di dalamnya maksud tujuan, upaya-upaya, gambaran target, strategi promosi dan pemasaran hingga tempat usaha. Anda bisa memilih untuk sewa tempat usaha atau membeli sebuah ruko. Sekarang ini banyak ruko dijual sehingga Anda bisa memilih yang sesuai dan punya lokasi yang strategis.

Lakukan Survei

Survei sangat dibutuhkan untuk mengetahui kondisi konsumen, lingkungan sekitar, lokasi usaha, pesaing, target penjualan, pemasaran dan juga kondisi sosial ekonomi masyarakat sekitar. Survey akan membantu Anda mengetahui banyak hal mengenai peluang dan potensi perkembangan usaha juga kondisi pesaing yang mempunyai usaha sama.

Persiapan Usaha

Sebelum membuka usaha, lakukan persiapan dengan matang. Persiapan tempat usaha, peralatan yang mendukung, karyawan, banner promosi, hingga izin pendirian usaha perlu dipersiapkan agar usaha Anda berjalan dengan lancar.

Memulai usaha

Setelah semua persiapan telah selesai, saatnya Anda memulai usaha dengan doa dan semangat yang tinggi. Jangan ragu untuk belajar dari banyak orang yang telah berpengalaman. Jalani usaha Anda dengan ikhlas agar saat menjalaninya terasa menyenangkan.

Itu tadi beberapa hal yang perlu dilakukan dalam memulai usaha. Jangan putus asa jika ada masalah di tengah perjalanan, karena hal itu biasa dalam dunia bisnis. Ibarat kata bijak Laut yang Tenang tidak melahirkan Pelaut yang Handal. Begitu juga menjadi seorang pengusaha sukses, akan banyak duri dalam perjalanan Anda, jalani dengan ikhlas, temukan solusi dan jangan berhenti begitu saja. Semoga Anda sukses memulai bisnis.

3 comments:

  1. Banyak yang maju mundur nih jika mau memulai usaha, apalagi kalau kepentok dana :(

    ReplyDelete
  2. bener banget, survei itu penting. terutama untuk tahu siapa target pasar yang akan dibidik. beda segmen pembeli, beda selera.

    ReplyDelete
  3. Mbak, sukses ya buat usahanya. Nanti kalo udah bisa kirim-kirim ke Bintuhan, Intan mau order :D

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar ^_^

BoBe (Blogger Bengkulu)

BoBe (Blogger Bengkulu)

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Join Now

Indonesian Food Blogger

Warung Blogger

IBX583D9D392DC6B

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger

Join Now