Wednesday, 24 February 2016

Membuat Waktu Tidur Bayi Menjadi Menyenangkan, Berikut Caranya!




Waktu tidur bayi yang cukup dan berkualitas sangat berpengaruh bagi kesehatan bayi Anda. Selain untuk merangsang tumbuh kembang otak, hormon pertumbuhan pun dikeluarkan saat bayi tidur.
Pasti sangat menyenangkan jika bayi Anda tumbuh sehat dan ceria ya Bun! Ia akan beraktifitas aktif sepanjang hari dan mempelajari banyak hal di sekitar sehingga ia akan tubuh jadi anak yang cerdas. Namun menidurkan bayi tidaklah semudah yang dikirkan ya Bun? Bayi Anda kadang mengalami kesulitan tidur di malam hari. Ia mulai rewel dan sering terbangun. Walaupun Anda telah membuat pola tidur yang terjadwal, tetap saja ada kendala yang membuat buah hati tidak nyenyak dan terbangun di malam hari. Hal ini mungkin saja disebabkan waktu tidur bayi Anda yang kurang di siang hari atau  karena kelelahan.

Waktu tidur bayi yang kurang akan berdampak buruk bagi bayi Anda. Tidur punya pengaruh besar dalam daya tahan tubuh bayi terhadap infeksi. Jika tidurnya terganggu, kadar sel darah putihnya akan menurun yang berakibatkan daya tahan tubuh bayi Anda pun ikut menurun. Tentu Anda tidak ingin bukan kurang tidur berdampak terhadap rendahnya kemampuan berpikir bayi Anda?

Lalu bagaimana agar waktu tidur bayi Anda di malam hari menjadi nyenyak? Bunda bisa melakukan tiga langkah mudah yang bisa membantu bayi dan balita Anda untuk tidur nyenyak.

Mandi  Air Hangat

Salah satu cara yang terbukti berhasil dilakukan agar anak Anda bisa tidur nyenyak adalah dengan cara memandikannya dengan air hangat. Rutinitas ini adalah cara sempurna untuk memulai rutinitas sebelum waktu tidur bayi Anda. Dampingi bayi saat berada di dalam air dengan ketinggian air yang dangkal. Aktivitas ini juga sebagai kesempatan untuk mempererat hubungan Anda dengan sang buah hati sehingga ia merasa bahagia dan tenang.

Pijatan dengan Lotion

Seusai mandi  berikan pijatan yang menenangkan  untuk bayi Anda agar ia merasa aman, dicintai dan siap untuk tidur . Memijat bayi dengan penuh kasih saying akan membantu Anda mengenali bahasa tubuh bayi. Si kecil pun akan merasa aman dan terlindungi. Bahkan penelitian membuktikan bahwa dengan memijat bayi akan ada banyak manfaat yang siginifikan pada bayi baik untuk fisik maupun emosionalnya. Momen ini pun akan membuat ikatan Bunda dengan buah hati mejadi lebih kuat.
Usapkan baby oil atau baby lotion seperti JOHNSON'S® baby BEDTIME® lotion  secara merata ke telapak tangan Anda, lalu pijatlah perut bayi perlahan-lahan. Selanjutnya dengan gerakan lembut, usapkan tangan Anda mulai dari bahu turun ke pinggang, dari paha turun ke kaki dan naik lagi ke paha. Kemudian, pijatlah bagian bahu ke tangan dan kembali lagi ke bahu.

Waktu Tenang

Setelah memandikan bayi Anda dengan air hangat dan memijatnya agar ia merasa rileks. Saatnya Anda menciptakan waktu tidur bayi yang tenang. Buatlah suasana tidur yang nyaman dengan membersihkan tempat tidur. Anda juga bisa membacakan ayat doa sebelum tidur, bersenandung , memperdengarkan music yang lembut atau membacakan cerita. Hindari memberinya makan dan beraktifitas aktif di waktu ini agar bayi Anda dapat tidur dalam keadaan mengantuk. Hal ini akan membantunya belajar menenangkan diri sendiri dan kembali tidur jika ia terbangun di malam hari.

Waktu tidur bayi yang cukup dan berkualitas akan membuat bayi Anda menjadi sehat dan bangun dengan ceria.

No comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar ^_^

BoBe (Blogger Bengkulu)

BoBe (Blogger Bengkulu)

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Join Now

Indonesian Food Blogger

Warung Blogger

IBX583D9D392DC6B

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger

Join Now