Thursday, 24 March 2016

Mengunjungi Bengkulu, Jangan Lupa Beli Oleh-Oleh Khas Bengkulu


Berbagai Oleh-Oleh Khas Bengkulu, sumber : kupasbengkulu

Berkunjung ke suatu daerah tidak lengkap rasanya jika tidak membeli oleh-oleh khas yang ada di daerah tersebut. Begitu juga jika kalian ingin mengunjungi Bengkulu, salah satu provinsi yang terletak di selatan Pulau Sumatera ini pun memiliki beragam oleh-oleh khas yang hanya bisa Anda temui di Bengkulu.

Nah, jika suatu saat mengunjungi Bengkulu jangan lupa untuk mendatangi Sentra Penjualan oleh-oleh yang berada di Jalan Soekarno Hatta Anggut Atas. Pusat oleh-oleh ini sangat mudah ditemui karena tak berjauhan dari pusat Kota Bengkulu, dan juga sangat dekat dengan rumah Bung Karno dan rumah Ibu Fatmawati. Jadi kalian bisa juga berwisata di tempat peninggalan bersejarah di Bengkulu loh. Oh ya, di sentra penjualan ini ada sekitar 20an kios yang telah berdiri sejak tahun 90an dan mencual beragam kerajinan hingga makanan khas Bengkulu.

Saat mengunjungi kios penjualan pasti deh jadi bingung karena rasanya ingin dibeli semuanya hehee.. ada beragam makanan seperti lempuk, kue siput, kue tart, marning, manisan terong, manisan mangga, sirop kalamansi, dan berbagai macam makanan lainnya. Tersedia juga kerajinan tangan dari kulit lantung khas Bengkulu seperti tas, dompet, gantungan kunci, topi, hiasan dinding, dan lain-lain pun tersedia di sini.
 
Tapi sebagai gambaran biasanya banyak wisatawan membeli yang memang khas Bengkulu. Salah satunya adalah kain Batik besurek khas Bengkulu yang biasanya ada motif Bunga Rafflesia. Kain ini dijual cukup mahal 100.000–Rp 300.000 per potong. kalo soal kualitas nggak usah diragukan lagi deh, kainnya lembut dan kalo makenya terkesan eksklusif, Bengkulu pun setiap tahunnya mengadakan karnaval Batik Besurek untuk melestarikan peninggalan yang turun menurun ini, bahkan Mantan Presiden SBY pun pernah make kain basurek loh...

Peserta karnaval menggunakan kain batik besurek, sumber: google

Jika untuk souvenir biasanya wisatawan membeli kerajinan dari kulit lantung yang harganya pun bervariasi mulai dari lima ribuan hingga ratusan ribu untuk pajangan dinding. Ada juga minatur dol (alat musik khas bengkulu) yang sering menarik minat wisatawan.

kerajinan kulit lantung, sumber: antaranews
Kalau soal makanan, lempuk durian memang jadi jawaranya. Lempuk ini sejenis dodol tapi lebih lembut dan legit, proses masaknya lama banget. Makanya harganya jadi mahal, sekitar 70 ribu per kilogramnya. Soal rasa enak banget. Cobain aja deh sendiri, kalo saya pribadi makannya nggak bosen-bosen hehehe...Selain lempuk durian manisan terong dan sirup kalamansi juga banyak diminati

lempuk durian, sumber: antaranews
Yup, itu tadi beragam oleh-oleh khas Bengkulu. Jangan lupa beli ya kalau berkunjung ke Bengkulu. Selain untuk memberikan cideramata untuk keluarga dan sahabat, dengan membeli oleh-oleh khas kalian juga ikut serta membantu meningkatkan perekonomian masyarakat Bengkulu.

Ayo, kunjungi Bengkulu ^_^



13 comments:

  1. wah aayik ya rupanya,.lempuk duriannya enak kayaknya
    @guru5seni8
    http://hatidanpikiranjernih.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Kulit Lantung apa itu ya? tapi menarik untuk dibeli tuh.. :)

    ReplyDelete
  3. Beberapa hr lalu dpt kiriman olahan durian dr mbak ipar yg aslinya palembang. Spt dodol yg dibungkus pelepah pinang gtu. Lempok atau dodol, gak tahu juga sih.

    Kainnya batiknya bengkulu cantik banget coraknya,

    ReplyDelete
  4. Batiknya bagusss banget. Pengin euy. Bunga Raflesia juga jadi ciri khas Bengkulu ya :-)

    ReplyDelete
  5. aku penasaran sama lempuk duriannya :)

    @gemaulani

    ReplyDelete
  6. Manisan terong rasanya yang kayak gimana ituuu.. Aku taunya manisan ya terbuat dari buah yang rasanya asam kayak mangga dan kedondong.

    Btw corak batiknya fresh banget. :D

    ReplyDelete
  7. Ekspor ke Jawa sini mbak Batik sama kerajinan Kulitnya, bagus tuh. :D

    @Wawa_eN

    ReplyDelete
  8. Oleh-oleh khas nya pengennya buku antologi puisinya bapak atau kalo ada yg karya mbak ria aja deh. He

    @adibriza

    ReplyDelete
  9. Wow paling seru liburan itu nyari oleh oleh khas dari daerahnya.
    Muantappp pasti seru banget liburannya.

    ReplyDelete
  10. Wishlist bangett bengkuluu ^^
    Batiknya cantik banget, fresh warna dan coraknya

    ReplyDelete
  11. wah enak banget, lempoknya bikin pengen

    ReplyDelete
  12. kalo gitu ayo pada wisata ke bengkulu
    hehe saya tungguin yaaa

    ReplyDelete
  13. Bengkulu sangat kaya akan potensi wisata. Perlu lebih dikenalkan lagi ke publik, nih. Nice artikel :)

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar ^_^

BoBe (Blogger Bengkulu)

BoBe (Blogger Bengkulu)

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Join Now

Indonesian Food Blogger

Warung Blogger

IBX583D9D392DC6B

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger

Join Now