Thursday, 10 March 2016

Tips Memilih Helm Motor yang Aman Digunakan

Bagi pengendara sepeda motor menggunakan helm motor adalah sebuah bentuk kewajiban yang sangat penting untuk dilakukan. Helm memiliki fungsi utama sebagai alat perlindungan bagi pengendara motor agar tidak terjadi kerusakan pada tubuh parah. Apabila saat berkendara di jalan raya mengalami sebuah kecelakaan, karena fungsi utamanya ini. Maka saat memilih helm diperlukan ketelitian sehingga mendapatkan helm yang sangat aman namun juga nyaman saat dikenakan.


Kenyamanan menjadi sebuah hal yang sangat penting, sebab helm yang terlalu berat atau terlalu kecil justru akan merusak konsentrasi. Selama berada di tengah jalan raya, adapun kiat tepat dalam memilih helm adalah:

1.    Helm yang sudah lolos uji keselamatan,
Helm yang sudah ber-standard adalah helm yang layak untuk dipilih karena sudah melewati tahapan pengujian oleh para ahli. Uji coba diperlukan untuk mengukur seberapa aman helm tersebut memberikan perlindungan terhadap penggunanya. Maka langkah pertama adalah dengan memperoleh helm full face motor standar SNI yang aman digunakan.

2.    Helm dengan strap atau tali pengikat berkualitas,
Setiap helm di pasaran dijual dengan kondisi lengkap, yakni ada bagian tali pengaman yang ada tepat di bawah dagu. Tali ini berfungsi mencegah pergeseran helm saat digunakan sehingga selalu berada di posisi yang tepat di kepala. Ketika terjadi kecelakaan diharapkan helm tidak terlepas dan melindungi tulang kepala dengan maksimal. Tujuan ini dapat terpenuhi dengan baik jika mampu memilih helm motor yang memiliki tali pengikat yang kuat. Memiliki engsel yang keset sehingga tidak mudah terlepas meskipun mengalami gesekan yang kuat. Kenyamanan selama berkendara pun bisa dengan mudah didapatkan dengan keberadaan tali pengikat tersebut.

3.    Ukuran helm yang sesuai dengan ukuran kepala,
Helm yang nyaman sekaligus aman digunakan juga tidak terlepas dari pemilihan ukuran helm dengan tepat. Yakni tidak terlalu kecil agar tidak menyebabkan kepala pusing saat berkendara, maupun terlalu longgar yang menjadikannya mudah terlepas. Penting sekali ketika membeli helm mencobanya terlebih dahulu, lengkap dengan tali pengikatnya. Sehingga bisa memastikan bahwa ukuran helm tersebut sudah pas, kebesaran, ataukah terlalu kecil. Ukuran yang pas sangat penting dijadikan standard agar memberikan kenyamanan dan keamanan selama menggunakannya secara optimal.

4.    Kaca helm dengan kaca anti silau,
Ketika berada di jalan raya maka Kita akan bertemu dengan pengguna jalan lainnya sehingga membuat pandangan mata mudah silau. Apalagi jika berkendara di siang hari dimana setiap lampu kendaraan dinyalakan dan bertemu dengan debu yang memenuhi jalan. Mencegah pandangan mata menjadi silau dan terganggu maka sangat penting sekali menggunakan helm motor dengan kaca anti silau. Selain itu, untuk menghalau panas terik matahari yang menyengat serta memberikan perlindungan ekstra, Anda juga tentu membutuhkan jaket motor berbahan kulit/sintetis. Dengan perlindungan tersebut, maka selain mata tetap bisa melihat dengan baik, tubuh pun terlindungi dengan maksimal.

1 comment:

  1. helmku sudah bener..tpi pengen ganti ke full face deh

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar ^_^

BoBe (Blogger Bengkulu)

BoBe (Blogger Bengkulu)

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Join Now

Indonesian Food Blogger

Warung Blogger

IBX583D9D392DC6B

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger

Join Now