Tuesday, 5 April 2016

Kiat-kiat Memilih Makanan Bayi 6 Bulan


Bayi yang memasuki usia enam bulan tentu saja membutuhkan makanan pendamping selain asi. Di usia ini beberapa jenis makanan sehat mulai diberikan. Dengan memberikan bayi makanan pendamping asi tentu akan membantu meningkatkan tumbuh kembang dan memenuhi kebutuhan nutrisinya. Ada baiknya mulailah dengan memberikan berbagai jenis makanan sehat. Usahakan memberikan asupan makanan alami yang terdapat di alam. Hindari menggunakan berbagai jenis makanan yang berada dalam kemasan dan diawetkan. Tujuannya agar kandungan gizi yang diberikan menjadi semakin maksimal. Berikut ini beberapa trik memilih makanan bayi 6 bulan akan dijelaskan seperti artikel dibawah ini:
 
1.    Buah
Ada baiknya Anda memberikan bayi pada usia setelah enam bulan berbagai jenis buah. Dengan demikian akan mendapatkan vitamin, mineral dan berbagai kandungan baik didalamnya. Usahakan apabila Anda memberikan buah pastikan di blender dan diambil sarinya terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari bayi menjadi mudah tersedak. Sedikit informasi bagi Anda bahwa hendaknya menghindari memberikan jeruk hingga pada usia satu tahun.

2.    Air putih
Air putih memang salah satu minuman yang sangat baik untuk bayi Anda yang mulai belajar makan. Dengan mengkonsumsi air putih akan membantu dalam melancarkan sistem pencernaannya. Mulailah menawarkan anak dalam satu hari tiga botol air putih yang sudah dimasak dan kondisi botol yang bersih. Namun hindari memberikan anak menjelang tidur anak masih menggunakan botol. Hal ini karena dapat merusak gigi anak dan air menjadi mudah tumpah pada tempat tidurnya yang memicu masuk angin.

3.    Bubur nasi
Saat anak memasuki usia enam bulan mulailah mengenalkan anak dengan mengkonsumsi makanan bayi 6 bulan berupa bubur nasi. Anda bisa membuatkan bubur ini dengan ditambahkan beberapa bahan makanan lainnya. Beberapa jenis bahan makanan yang dapat dipilih antara lain ati, sayuran, ikan dan masih banyak lainnya. Dengan demikian asupan gizi anak akan lebih mudah terpenuhi.

4.    Sayuran
Anda juga bisa memperkenalkan sayuran yang dikonsumsi dan dihaluskan dengan berbagai jenis bahan makanan lainnya. Namun pastikan saat memasaknya jangan terlalu lama hal ini karena dapat merusak kandungan gizi yang ada didalamnya. Saat memberikan berbagai jenis sayuran usahakan untuk menghaluskannya terlebih dahulu. Tujuannya tentu saja anak akan dengan mudah menelannya.

5.    Susu
Usahakan untuk tidak memberikan susu formula sebagai makanan bayi 6 bulan pendamping asi. Anda bisa memilih jenis susu segar dan asli seperti susu sapi, kambing dan masih banyak lainnya. Dengan memilih jenis susu sapi atau kambing tersebut tentu saja akan membantu dalam meningkatkan gizi dan bahaya bahan pengawet didalamnya. Susu yang berasal dari hewan memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi

2 comments:

  1. wah, ma kasih ya udah diingatkan...ntar pasti sgt berguna kalo udah lahiran

    ReplyDelete
  2. Terima kasih ya mbak tipsnya bermanfaat sekali ...

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar ^_^

BoBe (Blogger Bengkulu)

BoBe (Blogger Bengkulu)

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Join Now

Indonesian Food Blogger

Warung Blogger

IBX583D9D392DC6B

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger

Join Now