Tuesday, 14 June 2016

Bumbu ACC, Bumbu Rahasia Mertua


Psstt... saya mau kasih bocoran bumbu rahasia loh kali ini. Eyaaa... rahasia apaan juga, dari judulnya aja dah ketahuan yak hehee...

Jadi begini ceritanya, awal-awal nikah dulu saya diajakin suami pulang ke Bintuhan, Kaur tempat Mertua saya tinggal. Ya waktu itu masih agak canggung karena ketemu mertua itu cuma waktu lamaran dan nikahan *eyaaa.. tapi syukurlah Mertua saya orangnya baik banget, pendiam tapi kalo diajak cerita ternyata juga suka ngobrol. Terus karena memang sama-sama punya kampung di Sumatera Barat jadi bisa nyambung cerita terutama soal masakan.

Nah bicara soal masakan, saya selalu suka masakan orang Padang, termasuk Ibu dan Nenek. Masakan mertua saya juga enak banget apalagi kalo dah masak gulai ayam campur jengkol ahahha... Saya kebetulan saat itu bantuin (*bantu ngeliatin) mertua masak. Saat gulai udah mendidih dia menuangkan bumbu dalam plastik yang berwarna coklat. Ya kepolah saya, tanya-tanya ternyata itu namanya Bumbu ACC.

Bumbu ACC di Kampung Amak di Solok katanya sudah terkenal dan dipakai masyarakat disana. Bumbu ini terbuat dari berbagai rempah pilihan seperti ketumbar, pala, cengkeh dll. Jadi bau gulai yang pakai bumbu ini jadi harum dan khas banget loh. Kira-kira kayak aroma kuah sate padang gitu. Bumbu ini bisa dipakai untuk berbagai masakan seperti rendang, gulai ayam, gulai kambing, kuah sate, dan kalo saya sering buat tambahan bumbu pergedel kentang (nanti resepnya dipostingan selanjutnya). Saya yang notabanenya memang nggak suka pake penyedap masakan jadi terbantu banget  dengan bumbu ini untuk membuat masakan jadi pas. kadang malah saya suka campurkan dikit ke sop nya ubay hehe.

Eya, akhirnya tau juga bumbu rahasia satu ini. Tapi ya itu, bumbu ini nggak ada jualnya di Bengkulu. Kalo mau bumbu ini kudu nitip saudara suami yang mau pulang ke Solok gitu. Liburan tahun lalu waktu ke Solok saya sengaja beli agak banyak untuk stok pribadi dan dibagikan ke keluarga. Karena makenya dikit aja satu bungkus bisa lama banget abisnya. Sepertinya sih ini masih produksi rumahan, karena bungkusnya belum ada tanggal kadaluarsanya. Jadi ya saya kira-kira aja kalo udah beda bentuk dan baunya nggak dipake lagi.

Nah kalau bunda pernah dapat bumbu rahasia nggak dari Mertua? cerita donk

15 comments:

  1. Belum punya mertua mbaaa eheheeee :p
    Aku baru tau loh kalo ada bumbu ACC ini. Ngga pernah lihat soalnya ga punya sodara uni-uni :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe.. ya entar juga punya ntan :D
      mbak juga baru tahu waktu dah nikah ntan hehee

      Delete
  2. wah baru tahu tentang bumbu ini. pasti rasanya mantap

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak rasanya enak banget untuk gulai

      Delete
  3. baca kata-kata "sate padang" tetiba laper saya mba hihihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe yuk ah kita ke uda sate padang

      Delete
  4. bisa beli online gak ya? jadi kepooooo

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak ada jual onlinenya mbak huhuu...aku aja kudu nitip yg mau ke padang

      Delete
  5. Aku baru tau Kalo Ada bumbu macam Ini. Di Jakarta mah kebanyakan bumbu instan pabrik yg Ada MSGnya:(.
    Wah, kudu dicoba neh. Nanti nitip temen yg mudik kesana ah.
    TFS, Mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak aku juga baru tau, ini mantap untuk gulai santan n makanan khas padang gitu,

      Delete
  6. pantesan makanan khas sumatra barat sana ga ada yg ga enak :D.. ada bumbu rahasianya ternyata ;).. kapan2 kalo aku ke pdang lagi, mampir ke solok nyari bumbu ini ah mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak ntar beli aja n cobain dehh

      Delete
  7. Mertua saya ngak bisa masak hehhehe

    ReplyDelete
  8. Jual online, Mbak. Hehehe... Saya baru tau juga nih sama bumbu ini :D

    ReplyDelete
  9. aku dapet bumbu rahasia soto dan mie ayam dari mertua hihihi, aduh sayang banget itu bumbu acc cuma ada di solok ya mba :(

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar ^_^

BoBe (Blogger Bengkulu)

BoBe (Blogger Bengkulu)

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Join Now

Indonesian Food Blogger

Warung Blogger

IBX583D9D392DC6B

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger

Join Now