Monday, 13 June 2016

Membuat Ayam Goreng Kriuk dengan Bahan Sederhana


Saya lupa kapan pertama kalinya nyicipin ayam kriuk di CF* & KF*.  Tapi sejak saat itu jadi demen banget ayam goreng berbalut tepung yang kriuk dan krenyes-krenyes. Apalagi ditambah dicocol dengan saos rasanya makin aduhai. Nah, sejak saat itu pula saya sering request untuk dibuatkan ayam kriuk ke Ibu, tapi Ibu nggak bisa buatnya. Jadi ya kalo selera dan lagi ada uang ya ke tempat makan itu tuh.

Sejak menikah makin jarang ke tempat makan ayam kriuk. Ya pengennya sih bisa hemat dengan masak sendiri. Berbagai resep dah saya cobain, tapi nggak pernah pas hasilnya, rata-rata mah teksturnya nggak kriuk kayak yang pernah saya beli, pernah juga ayamnya nggak mateng dan banyak kegagalan lainnya. Terus akhirnya nyobain resep yang saya gabung-gabungkan dari resep yang pernah dicoba. Hasilnya ternyata lumayan memuaskan. Belum lagi Ubay juga suka banget makan ayam kriuk ini dibandingkan ayam yang di sop hehee.

Bahannya
1/4 Dada ayam (boleh paha atau sayap juga)
sejumput garam
1/2 sdt merica
1 siung bawang putih (haluskan)
minyak untuk menggoreng

Bahan tepung
1/4 sdt merica halus
garam secukupnya
penyedap (optional)
200 gram tepung teriggu
50 gram tepung maizena
1/2 sdt bawang putih bubuk

Carannya
1. Lumuri ayam yang sudah dicuci bersih dengan garam, merica dan bawang putih, lalu diamkan sekitar 15-20 menit agar bumbu meresap
2. Campur semua bahan tepung hingga rata, ambil sekitar 5 sendok adonan tepung  ke wadah lainnya dan berikan sedikit air es (jadi adonannya ada basah & kering)
3. Campurkan daging ayam ke adonan kering, gulingkan sambil diremas-remas dan dicubit-cubit. Lalu masukkan ke adonan basah, dan terakhir ke adonan kering lagi sambil digulingkan dan terus diremas dan dicubit (*jangan bosan meremas agar kriuknya nanti terlihat hehe)
4. tepuk-tepuk daging ayam dari tepung agar tidak terlalu mengotori minyak nantinya
5. Goreng dalam minyak yang panas dan banyak (tapi dengan api kecil) hingga kuning kecoklatan. Kalo apinya besar kulit luar bisa cepat gosong tapi daging dalamnya masih belum matang

nah... Kalo teman-teman suka ayam kriuk nggak? punya resep yang lainnya?
yuk share disini

3 comments:

  1. Asiikk resepnya kece. Tak simpen dulu aah mba. Nanti pas mood ((pas mood :v) baru praktik di dapur :D

    ReplyDelete
  2. iya intan dicobain aja.. nggak repot kok buatnya hehee

    ReplyDelete
  3. Subhanallah..bikin tambah laper bg yg belum makan.. Hehe

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar ^_^

BoBe (Blogger Bengkulu)

BoBe (Blogger Bengkulu)

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Join Now

Indonesian Food Blogger

Warung Blogger

IBX583D9D392DC6B

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger

Join Now