Tuesday, 21 June 2016

Memilih Mukena untuk Lebaran, Ini Tipsnya!

Wah tak terasa ya, kita sudah menjalani separuh Bulan Ramadhan. Itu artinya tak lama lagi Hari Raya Idul Fitri segera tiba. Sedih rasanya mengingat bulan penuh berkah ini berjalan begitu cepat sedangkan ibadah yang saya lakukan belumlah maksimal. Bagaimana dengan teman-teman? Semoga hari-hari akhir Ramadhan bisa kita manfaatkan untuk memperbanyak amal dan ibadah pada Allah SWT.

Untuk menyambut Bulan Kemenangan setelah menjalani puasa sebulan penuh tentu banyak persiapan yang akan dilakukan terutama oleh Emak-Emak seperti saya. Mulai dari membersihkan rumah, membuat kue lebaran, hingga menyiapkan perlengkapan ibadah keluarga termasuk Pakaian, Sajadah dan juga Mukena. Walaupun tidak wajib, tapi entah kenapa di hari Idul Fitri yang hanya setahun sekali itu ingin sekali rasanya mengenekan sesuatu yang spesial. Apalagi bagi anak-anak ya, mereka pasti akan sangat bersemangat jika mempunyai pakaian baru.

Kalau saya pribadi sih tidak terlalu ngebet untuk membeli baju karena dalam tahun ini sudah beberapa kali beli gamis. Masih bagus dan bersih jadi bisa dipakai untuk Lebaran nanti. Saya lebih memilih untuk mencari Mukena baru karena dua Mukena yang saya punya warnanya sudah agak pudar dan kusam. Alasan lainnya, mukena menjadi penting karena bukan hanya dipakai saat Sholat Ied tapi juga akan dipakai setiap hari untuk sholat, ibadah yang sangat penting. Jadi penting juga untuk menjaga kebersihan dan kelayakan Mukena yang kita pakai. Ketemu suami aja kudu bersih dan wangi, apalagi ketemu sama Pencipta kita ya.

Pilihan Mukena untuk Lebaran

Walaupun sudah banyak Toko Mukena Murah saya sempat kebingungan sih memilih karena mencari mukena yang cocok itu gampang-gampang susah. Pernah nih ketemu mukena yang secara penampilan cantik dan mewah, namun saat dipakai ternyata gerahnya minta ampun, baru sebentar dipakai sudah terasa panas dan berkeringat. Walhasil mukena yang seperti itu jadi pajangan saja di lemari. Ada juga yang dingin namun ternyata bahannya sangat tipis  dan suka terbang-terbang jika tertiup angin.  Ada juga mukena yang biasa saja tampilannya namun sangat nyaman dan adem saat dipakai.

Dari pengalaman saya membeli berbagai jenis Mukena, saya akan berbagi tips kepada teman-teman untuk memilih Mukena yang cocok dan sesuai kebutuhan di saat Lebaran nanti

•    Pilihlah bahan yang bagus dan jahitannya kuat. Ada berbagai jenis bahan Mukena, saran saya hindari mukena dengan bahan yang tipis dan transparan karena kita harus mempertimbangkan Mukena untuk ibadah harus menutup aurat dengan baik. Selain itu jahitan yang kuat sangat penting agar bisa membuat mukena lebih awet meskipun sudah sering digunakan.

•    Jangan memaksakan ukuran Mukena dengan tubuh kita. Nah, walaupun kita tertarik dengan model dan bahannya, jangan paksakan tubuh menggunakan mukena yang kekecilan karena akan membuat kita tidak nyaman, misalnya bagian muka yang sempit bisa membuat wajah jadi tegang, atau rok Mukena yang pendek bisa membuat sholat tidak sah karena kaki akan terlihat ketika sujud. Sebaliknya jangan memilih yang terlalu lebar dan panjang karena kita jadi tidak leluasa saat melakukan ibadah.

•    Ada baiknya kita memilih warna Mukena yang tidak terlalu mencolok atau bermotif terlalu ramai. Saya sendiri lebih menyukai warna lembut seperti putih atau pastel. Kalaupun kita menyukai Mukena motif pilihlah motif yang kalem seperti motif bunga-bunga yang sekarang sudah banyak dijual.

•    Pilihlah mukena yang kita suka dengan harga yang wajar. Telitilah sebelum membeli agar bisa mendapatkan mukena yang bagus namun dengan harga terjangkau. Sebaiknya hindari membeli Mukena yang harganya terlalu mahal apalagi niatnya hanya untuk dilihat orang atau ikut-ikut kekinian saja. Tak peru khawatir kok sudah ada Toko Mukena Murah di MatahariMall.com yang menjual berbagai pilihan Mukena cantik dengan harga terjangkau yang bisa melengkapi kebahagiaan Lebaran kita.

Last, but not least. Semoga ibadah puasa kita lancar dan bisa melaksanakan Hari Raya Idul Fitri dengan hati yang bersih. Niatkan semuanya karena Allah, jangan mau kalah sama Mukena yang terus diupgrade, Ibadah kita juga kudu di upgrade. Setuju?


6 comments:

  1. Hiyaa, cakep mukenanya. Aku udah beli yang merk Tatuis di hijup brp bulan lalu. Klo bulan puasa gini yg laris mukena ama gamis ya, che. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak mukena memang banyak dicari, di mataharimall banyak pilihannya mbak kalo mau beli lagi buat keluarga

      Delete
  2. Waaaaaaah, makasi tipsnya maaaak. Oke juga ya koleksi mukena di matahari mall. Ntar liat-liat lagi aaaahhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak...
      kece2 buruan sebelum kehabisan mukenanya harganya terjangkau loh

      Delete
  3. Iya mba. Mukena yg nyaman akan mempengaruhi mood juga ya waktu beribadah. Setuju nih mba untuk selektif pilih bahan... :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul jangan ampe ibadah kita terganggu karena mukenanya nggak nyaman

      Delete

Silahkan Berkomentar ^_^

BoBe (Blogger Bengkulu)

BoBe (Blogger Bengkulu)

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Join Now

Indonesian Food Blogger

Warung Blogger

IBX583D9D392DC6B

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger

Join Now