Wednesday, 15 June 2016

Pergedel Kentang Enak, Ini Resepnya


Kentang memang jadi salah satu bahan yang bisa diolah jadi beraneka ragam makanan, bisa digoreng sambal, dijadiin pempek, dijadiin donat dan bisa juga dibuat pergedel kentang yang enak dan gurih. Saya yang notabanenya kurang suka kalo kentang cuma digoreng biasa lebih memilih mengolah kentang menjadi pergedel karena dengan campuran bumbu bikin makan jadi tambah lahap, ditambah lagi suami dan anak lebih suka jika kentang dijadikan pergedel.

Membuat pergedel kentang tidaklah rumit, kita bisa mencampurkan suwiran daging atau sayuran di dalamnya. Kalau saya lebih suka yang original dengan sedikit bumbu dan potongan daun selederi saja. Menghaluskan kentangnya pun bisa digoreng dahulu, direbus ataupun dikukus (tergantung sukanya yang mana). Saya pun menambahkan sedikit Bumbu ACC agar rasanya lebih maknyos.

baca juga Bumbu ACC, Bumbu Rahasia Mertua

Nah kali ini saya akan berbagi Resep Pergedel Kentang enak yang bisa teman-teman coba di rumah.

Bahan Pergedel Kentang
1. 1/2 kg kentang, kupas lalu cuci bersih
2. 2 siung bawang merah, goreng dan haluskan
3. 1/4 sdt merica bubuk
4. 1/2 sdt garam halus
5. 1/4 sdt pala bubuk (kalau saya pake bumbu ACC)
6. 1 butir telur (pisahkan kuning dan putihnya)
7. Penyedap rasa (optional)
8. Daun Selederi 1 batang, iris halus
9. minyak untuk menggoreng

Cara Membuat Pergedel Kentang
1. Goreng Kentang hingga empuk dan berubah warna, angkat dan tiriskan
2. Haluskan kentang, lalu tambahkan bawang merah, merica, garam, pala bubuk, penyedap, kuning telur dan daun selederi lalu aduk hingga rata
3. Bentuk adonan bulat pipih atau sesuai yang diinginkan
4. Kocok lepas putih telur
5. Panaskan minyak goreng
6. Celupkan adonan ke dalam kocokan putih telur lalu goreng hingga matang, tiriskan dan sajikan

Gimana, nggak susah kan? Pergedel kentang ini menurut saya lebih enak jika disajikan saat hangat. Apalagi ditemani sambal cabe ijo hihiii...

Selamat Mencoba ^_^

 

21 comments:

  1. wah jadi mau coba resepnya untuk menu sahur nih, dibikin malam hari trus paginya tinggal goreng deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak ini enak untuk lauk juga cemilan hehee

      Delete
  2. Replies
    1. makanan favoritku juga ini, terutama kalau lg gk ada ide mau masak lauk apa :D

      Delete
    2. anakku juga suka mbak mira n mbak april, kalo dah kehilangan ide memang ini jadi pilihan andalan

      Delete
  3. mb makasi resepnya
    aku berkali kali hasil akhir perkedelku agak gagal
    yang pas dicelupin putih telur abis dibentuk
    itu knapa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak sama2
      kalo aku waktu kentangnya lagi panas2 langsung dihaluskan biar bisa dibentuk dengan bagus mbak..
      terus nyelupinnya pas udah minyak dipanasin jadi langsung nyemplung ke minyak gitu

      Delete
  4. Wah ini biasanya hidangan yang selalu ada pas acara2 gitu ya mbak, kayak kalau merayakan 17an :D
    saya nggak begitu suka masak tapi suka sama bergedelnya. Hahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, makan sama soto juga enak bingits

      Delete
  5. Aku sukaaak apalagi makannya bareng soto... glekkk duh buka masih lama ya hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa mbakk itu pas banget, ama soto padang ahaiii

      Delete
  6. Kesukaan saya. Dimakan gitu aja atau jadi campuran soto suka. Atau makan sama naspad. Duh... Enak banget... :D
    Btw.. Saya sampai cek KBBI. Yg benar perkedel atau pergedel. Hehehe... Perkedel ternyata :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak kalo buat orang padang memang ini suka dijadikan campuran soto ama nasipadang

      eh iya ya, berarti saya salah kasih judul hihiii

      Delete
  7. Suka banget perkedel kentang, jodohnya sop. Tapi aku tak tambahi terigu dikit ada 1 sendok biar mudah dibentuk. Telornya nggak dicampur, utk celupan semua. Tapi sama aja sih, soal kebiasaan & selera aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak kadang kalo terlalu lembek aku juga sering tambahin terigu, kadang juga telurnya buat celupan ajaa ehhe

      Delete
  8. aku biasanya suka nambahin korned ke dalam perkedel kentang.. biar ada rasa daging2nya dikit ;D..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak bisa juga ditambahin ayam atau sayur sesuai selera hehe

      Delete
  9. Perkedel plus sup ayam, sedaaap.
    Aku kadang menambahkan daging sapi cincang, kadang cuma kentang aja.
    Bumbunya cuma bawang putih dan garam, anakku nggak suka kalo dikasih seledri, malah enak jadinya irit bahan hehehe :D

    ReplyDelete
  10. ini favorit aku mba :D, aduh pake ACC juga >.< pasti enak banget itu

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar ^_^

BoBe (Blogger Bengkulu)

BoBe (Blogger Bengkulu)

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Join Now

Indonesian Food Blogger

Warung Blogger

IBX583D9D392DC6B

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger

Join Now