Thursday, 30 June 2016

Yonna Kairupan, Muslimah Multi Talenta


Yonna Kairupan. Wanita yang multi talenta ini membuat saya terkagum-kagum. Awalnya saya sering stalking di Facebook beliau yang sering update soal make up. Apalagi sayanya nggak ada jago-jagonya soal make up. Make eye shadow aja tabrak sana tabrak sini, ujung-ujungnya saya Cuma pede pake bedak dan lipstik doang hihih..

Ibu dari empat anak ini sebelumnya pernah bekerja di Majalah Tempo hingga akhirnya menceburkan diri urusan Special Effect Makeup Artist. Sebenarnya saya pribadi jika ada yang cerita soal MakeUp Artist tak terlalu tertarik dan menanggapinya biasa saja. Tapi ketika melihat Mbak Yonna tampil dengan apa ada dirinya saya langsung exited banget.

Bagi saya Mbak Yonna tambil beda. Kenapa berbeda? Iya saya pernah lihat tayangannya di Kompas kalo nggak salah sedang mendandani beberapa orang anak muda hingga menyerupai zombie yang menyeramkan. Menjadi berbeda karena penampilan Mbak Yonna dengan hijab syarinya. Dalam hati saya, wah ini super unik deh. Mbak Yonna bagi saya jadi icon muslimah dengan talenta yang luar biasa, dan membuktikan ke orang-orang yang selama ini menganggap kalau jilbab syari itu kuno. Toh, dengan adanya Mbak Yonna kita bisa lihat kalo Jilbab terkhusus jilbab syari gx menghalagi seseorang untuk berkreasi dan berprestasi.

Perjalanan Hijrah Merubah Kehidupan

Perjalanan perubahan penampilan Mbak Yonna pun punya tantangan sendiri.  Setelah melahirkan anak pertama, Mbak Yonna membayangkan gimana masa depan anaknya nanti karena tantangannya makin besar bukan hanya drugs dan free sex, tapi juga pornografi, homoseksual, dan banyak hal mengerikan lainnya. Walaupun ia dulunya tipe remaja gaul, ia teap bisa menjaga diri dari drugs, merokok, free sex karena masukan agama dari ayah, kakek nenek, dan keluarga lainnya. Akhirnya setelah diskusi dengan sang suami, mereka memutuskan untuk belajarkan agama dan merasakan hidup jadi damai. Keduanya pun semakin semangat untuk membesarkan anak di jalan Allah.
Awal-awalnya berubah total, Allah mulai menyortir 'teman-teman'. Yang tersisa adalah teman-teman terdekat yang emang pasti akan menerima kami apa adanya. Hidup yang penting itu kan yaaa... suami, anak-anak, keluarga, dan teman dekat. Jadi kalau teman-teman dekat sih nggak ada yang risih. Malah orang kantor yang risih. Ada yang ngira aku itu gerakan islam Poso.. hahahhahaaa...
ternyata nggak mudah ya berubah itu, aku pun ngerasainnya. Banyak pandangan aneh bahkan dari orang terdekat. Tapi aku salut Mbak Yonna bisa istqomah hingga sekarang.

Kesibukan vs Anak-Anak

Saya bisa ngebayangi bagaimana sibuknya mbak Yonna sebagai Special Effect Makeup artist juga kegiatannya memberikan Private Makeup Course.  Tapi Mbak Yonna tetap punya waktu untuk anak-anak dan pintar bagi waktu. Tips dari ibu cantik ini, ia harus benar-benar menjadwalkan kegiatan seperti  rencana meeting, atau job. Sesuaikan dengan kegiatan anak-anak, kalaupun bentrok harus mengatur bagaimana agar urusan anak-anaknya beres. berarti harus atur gimana caranya urusan anak2 beres.

Anak-anak Mbak Yonna pun sudah terbiasa dilatih menjadi anak-anak yang mendiri saat besar. Setiap hari ia menjadwalkan kerjaan, misalnya senin untuk urusan youtube, selasa oriflame dan seterusnya. Pokoknya kegiatannya udah direncanain termasuk berapa jam untuk ngelakuin sesuatu. Selesai atau nggak selesai, jika sudah terlewat jadwal, akan dilanjutkan esoknya. Waduh capek ya jadi Mbak Yonna, tapi ternyata beliau nggak sampai stress loh karena ia bahagia menjalani rutinitasnya itu. “Karena yang dikerjain itu adalah hal-hal yang emang disukai. Mumet-mumet dikit wajarlaahh...” begitu ungkap mbak Yonna.

Penerapan 2 Bahasa

Hal lain yang membuat saya tertarik untuk bertanya soal penerapan dua bahasa pada anak-anaknya. Padahal Mbak Yonna itu belajar bahasa Inggris sendiri, dan melatih dirinya melalui film. Ia menonton tanpa melihat translasinya.

Awal pernikahan mereka menjalaninya dari nol. Begitu pun dengan keuangan, butuh banyak biaya hingga jutaan untuk masukin anak-anak Les Bahasa Inggris. Akhirnya, mereka melatih anak-anak Bahasa Inggris sejak dari perut, dan juga membacakan buku cerita.

Sewaktu anak-anak lahir, Mbak Yonna pun menerapkan 2 bahasa saat berkomunikasi.

Mbak Yonna : “Pas mereka lahir, aku nerapin bicara 2 bahasa kalo bicara sama mereka. Jadi 2 kali ngomong.
"Please don't do that, darling. Ayo jangan begitu dong sayang" "Where is your red truck, darling? Truk merahnya mana sayang?"
Dan luarbiasanya ketika mereka mulai bicara, logat mereka sudah fasih bahasa inggrisnya. Sama sekali mereka nggak ada kendala bicara seperti yang dikhawatirkan ortu lainnya. Malah anak keduaku sempet rada 'pelo' kalo ngomong bahasa indonesia :D Tapi pas udah SD udah mulai fasih bahasa indonesianya.
Anak sulungku dari dia SD sampai sekarang SMP malah selalu mewakili sekolahnya kalau ada perlombaan bahasa Inggris. Dan nggak ada satupun dari mereka yang les bayar jutaan itu.”
Nah nih boleh diterapkan untuk Ibu-Ibu yang menginginkan anak yang pinter dua Bahasa. Jadi pembelajaran juga nih buat saya.

Blog Mbak Yonna

Mbak Yonna punya dua blog yaitu http://thekairupan.com dan http://yonnaandmakeup.com. Kalo aku suka banget sama blog http://yonnaandmakeup.com. Wih someday, jadi pengen dimakeupin ama Mbak Yonna. Hihihi..

Hasil Make Up Mbak Yonna
Secara hasil Make Up Mbak Yonna kece banget. Tapi walaupun nggak ketemu orangnya langsung tetap bisa belajar dari Video Tutorial Make Upnya. Aku ntar mau belajar ah, biar bisa lebih cantik di depan suami hihi. Eh yang mau kepoin tutorialnya buka aja di https://www.youtube.com/user/yokairupan


Behind the scene: Alhamdulillah akhirnya bisa chat juga sama pemenang Arisan Link, setelah sebelumnya berniat untuk ngehubungi pemenang langsung tapi selalu ada saja halangan. Kedepannya ingin tanya-tanya banyak ke pemenang karena tulisan yang dibuat bisa lebih kaya ceritanya hehehe..

9 comments:

  1. mbak Yoka keren banget, profesional make up artist ya, jadi pengen kaya mbak Yoka yang nerapin bilingual, supaya anak bisa dua2nya

    ReplyDelete
  2. keinget mba yoona yg ditinggal si anak naik pesawat hihihi

    sukaaa sma tutor makeupnya

    ReplyDelete
  3. inspiring bgt yang soal menerapkan 2 bahasa ke anak ..

    ReplyDelete
  4. Wah salut cara mba Yonna mengajarkan anak untuk lancar berbahasa Inggris :)

    ReplyDelete
  5. udah ketemu langsung orangnya, makeupnya natural nggak tebal tapi cantik

    ReplyDelete
  6. alhamdulillah.. makasih banget atas tulisannya ya mbak.. bikin makin semangat ngejalanin rutinitas.
    Tx juga untuk blogger2 baik hati yang berkomentar di atas.. virtual hugs and kisses for all of you.. :*

    ReplyDelete
  7. iya mbak yonna jempol bgt dehh...
    makasih juga mbak Yonna yang dah mau berbagi

    ReplyDelete
  8. Salut, keren banget mbak yonna. Boleh ditiru nih

    ReplyDelete
  9. Salut, keren banget mbak yonna. Boleh ditiru nih. Salam kenal mbak yonna

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar ^_^

BoBe (Blogger Bengkulu)

BoBe (Blogger Bengkulu)

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Join Now

Indonesian Food Blogger

Warung Blogger

IBX583D9D392DC6B

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger

Join Now