Friday, 1 July 2016

Menu Makanan untuk Diet Rendah Kalori


Saat ini banyak sekali resep diet yang berkembang di masyarakat. Salah satu yang paling dicari adalah resep diet rendah kalori. Metode diet ini diminati karena dapat mengurangi berat badan hingga 0,5 kg per minggunya. Selain itu penerapan diet rendah kalori tidak membuat badan menjadi lemas dan lesu karena pada prinsipnya selain mengurangi jumlah kalori makanan yang dikonsumi, Anda  juga tidak boleh mengabaikan asupan nutrisi dan gizi seimbang.

sumber gambar : http://www.tropicanaslim.com
Diet Rendah kalori tergolong dalam diet yang sehat karena walaupun terjadi pengurangan kalori namun tidak menghilangkan satu atau lebih jenis makanan/ asupan gizi. Diet ini dirancang untuk menciptakan defisit kalori sekitar 500 kal / hari. 1200-1500 Kal/hari untuk wanita dan 1500-1800 Kal/hari untuk pria atau rata-rata ¾ dari konsumsi normal.

Untuk menjalankannya tentu saja Anda harus mencari tahu apa saja jenis makanan yang mempunyai kalori rendah, sehingga Anda bisa membuat resep diet rendah kalori untuk menyeimbangkan jumlah kalori yang masuk dan jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh.

Berikut beberapa makanan yang termasuk dalam makanan dengan kalori rendah

Sayur-Sayuran dan Buah-Buahan

Buah dan sayur merupakan jenis makanan yang sangat aman dikonsumsi. Selain baik untuk tubuh, kaya serat dan vitamin, buah dan sayur juga mengandungi kurang dari 100 kalori per takaran saji.

Kacang-kacangan dan Biji-Bijian

Jenis kacang-kacangan seperti kacang almond mengandung sekitar 80 kalori yang cukup baik digunakan untuk resep diet rendah kalori. Selain itu, jenis makanan ini bisa Anda jadikan selingan makan di antara jam makan.

Ikan

Jenis ikan seperti ikan salmon mengandung kalori rendah yang baik untuk tubuh. Perlu diingat Anda juga harus memperhatikan cara penyajiannya, tumis dengan sedikit minyak atau bisa juga dengan dikukus.

Menu Makanan Diet Rendah Kalori

Nah, dengan berbagai jenis makanan rendah kalori Anda dapat merancang menu resep diet rendah kalori.


Bubur OatMeal

Oatmeal terbuat dari biji gandum utuh yang mengandung banyak nutrisi dan rendah kalori. Anda bisa membuat semangkuk bubur oatmeal untuk sarapan dan bisa dipadukan dengan potongan buah segar. Secangkir bubur oatmeal hanya mengandung 150 kalori. Perlu diingat agar tidak menambahkan gula secara berlebihan dalam sarapan Anda.

Nasi Merah Goreng Sayuran

Beras Merah dikenal dengan makanan dengan kalori rendah dan kaya nutrisi. Untuk membuat nasi merah goreng sayuran. Anda cukup menumis bawang putih, jahe halus, daun bawang, dan beragam sayuran seperti wortel, brokoli, paprika dengan minyak kanola. Lalu tambahkan nasi merah, kaldu, saus sambal, kecap dan cuka beras. Nasi goreng ini bisa juga dinikmati dengan telur (jika suka).

Strawberry Pudding

sumber gambar : http://www.tropicanaslim.com
Siapa bilang, selama diet Anda tidak bisa makan enak. Strawberry pudding bisa disajikan sebagai dessert selama program Diet rendah kalori. Cara membuatnya mudah Masak Agar-agar Powder plain, susu Tropcana Slim Non Fat Fitosterol original, dan selai strawberry Tropicana Slim dalam 900 ml air hingga matang, aduk rata. Setelah itu, tuang adonan agar ke dalam wadah/cetakan yang telah berisi buah strawberry yang telah dipotong sesuai selera, diamkan dalam kulkas hingga beku.

Itu tadi Resep Diet Rendah Kalori yang bisa Anda coba. Semoga berhasil dan bisa membuat tubuh lebih sehat dan bersemangat.

7 comments:

  1. Kebanyakan kalori memang tidak sehat untuk tubuh kita. Efek yang paling jelas adalah kelebihan berat badan. sementara semua orang saat ini ingin langsing dan sehat. Jadi pertolongannya adalah makanan makanan yang rendah kalori. Kalau lihat dari list yang di atas sebenarnya tidak sukar yang menemukan makanan yang rendah kalori tersebut,y a Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak sebenarnya gx susah cari makanannya asal mau nyarinya hehee

      Delete
  2. Ternyata banyak juga ya makanan dengan kalori yang rendah. Rasanya jadi ingin coba diet kalori nih. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas coba aja
      enaknya diet ini kita tetep makan 3x sehari kok
      cuma makanannya aja yg dicari dgn kalori rendah

      Delete
  3. Duuuh, aku terlalu banyak mengonsumsi kalori nih ._. harus bener-bener dikurangi :D sekarang jadi sering mengonsumsi oatmeal sih aku :D

    Aaah, strawberry puddingnya :'

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga lagi coba mengurangi kalori nih,, semagatt

      Delete
  4. strawberry pudding pasti enak. Ngomong-ngomong minyak kanola itu apa ya mba?

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar ^_^

BoBe (Blogger Bengkulu)

BoBe (Blogger Bengkulu)

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Join Now

Indonesian Food Blogger

Warung Blogger

IBX583D9D392DC6B

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger

Join Now