Monday, 18 July 2016

Resep Siomay Ikan Enak dan Empuk


Makan siomay nggak ada bosan-bosannya. Setiap hari juga disuguhkan siomay saya ya oke-oke aja. Anak saya Ubay pun setiap lihat mamang siomay lewat selalu ngomong, Mi.. So.. so..
kalau beli setiap hari sebenarnya nggak terlalu rugi paling 2 ribuan untuk ubay. tapi ya namanya emak-emak sering khawatir kalau keseringan jajan diluar. Kalau ada waktu lowong saya sering bikin sendiri siomay atau bakso untuk ubay. Resepnya sederhana kok, kalaupun kemahalan mau pakai ikan tenggiri, ikan laut jenis yang biasa juga bisa, tetep enak dan maknyoss. Ini saya bagi resep Siomay ikan enak dan empuk.

Resep Siomay Ikan

BAHAN
400 gr Ikan giling
2 btg Daun bawang
15 gram labu siam serut halus
Tahu Goreng dikeruk isinya
100 g Sagu
50 ml Air es
4 siung bawang putih dan 3 siung Bawang Putih haluskan
1/2 sdm Garam
1 sdt penyedap (optional)

Saus Kacang
150 g Kacang tanah goreng
3 siung Bawang Putih 5 siung Bawang Merah haluskan
4 bh Cabai merah
1 sdm gula aren, 1 sdm gula pasir
1/2 sdm Garam
500 ml Air
3 sendok air asam jawa

Pelengkap saat makan: Jeruk, kecap manis, cabe halus/saos sambal

CARA MASAK

Saus: Haluskan kacang tanah, bawang, cabai merah, garam, gula, dan air.
Masak adonan saus kacang hingga mengental, angkat, dan sisihkan.

Siomay:
Iris-iris daun bawang.
Campur ikan tenggiri giling, labu siam, daun bawang, sagu, garam, penyedap, bawang putih halus, dan air es, aduk rata.

Isi tahu dengan adonan, jika masih ada sisa adonan bulatkan menggunakan sendok
Kukus ± 20 menit hingga matang. Angkat dan sajikan dengan saus kacang .

Selamat mencoba

3 comments:

  1. aku juga suka makan siomay mba, kayaknya perlu belajar bikin sendiri biar maknyoss.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pop sesekali bolehlah buat sendiri hehee

      Delete
  2. aku suka banget siomay mbk, apalagi masih anget2 dan pedes.. heeemmmmm bikin lagi n lagi mbk.

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar ^_^

BoBe (Blogger Bengkulu)

BoBe (Blogger Bengkulu)

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Join Now

Indonesian Food Blogger

Warung Blogger

IBX583D9D392DC6B

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger

Join Now