Sunday, 24 July 2016

5 Tips Agar TidakTertipu Belanja Online

Belanja online sekarang bagi saya memang kesannya “ngeri-ngeri sedap”. Menjamurnya online shop di jagad dunia maya, tak bisa dipungkiri membuat kita lebih tertarik untuk berbelanja secara online dibandingkan harus ke pasar yang memakan banyak waktu. Di satu sisi kemudahan yang ditawarkan sangat menggiurkan, seperti harga yang lebih murah, sistem yang cepat, dan tidak repot. Namun di sisi lainnya, kadang Pembeli seringkali tertipu saat berbelanja online. Entahkah itu barang yang cacat, tak sesuai ekspetasi, hingga harus kehilangan uang jutaan rupiah karena ditipu online shopper abal-abal.

Saya pun pernah mengalami kasus penipuan saat berbelanja online. Pernah membeli barang tapi barang yang dikirim tidak sesuai dengan yang dipesan, ada juga yang kurang, dan malah ada penjualnya yang tiba-tiba menghilang dari peredaran. Sebenarnya hal seperti ini bisa kita hindari jika lebih berhati-hati saat memutuskan berbelanja online.

Berikut beberapa Tips yang bisa diterapkan agar kita tidak tertipu saat berbelanja online:

sumber gambar : www.plus.dompetku.com

1. Pilih Toko Online Terpercaya

Jangan ambil resiko membeli barang di toko online yang tidak kita ketahui sepak terjangnya. Pelajari terlebih dahulu toko tersebut dengan membaca deskripsi toko, testimoni, hingga searching di google dan bertanya pada teman. Online shop yang bagus biasanya mendapatkan banyak testimoni yang bisa dibuktikan dari foto pelanggan. Bahkan bila perlu kepoin ownernya.
Kalau saya juga kadang memilih membeli barang di toko online yang punya rekening bersama, jadi sebelum barang sampai, uang kita tidak akan sampai ke penjual. Juga bisa komplain gitu.

2. Jangan Tergoda Harga Murah

Banyak sekali online shop yang terkesan membanting harga. Memang kita akan sangat tergiur melihat harga yang jauh lebih murah dibandingkan harga pasaran. Pastikan kalau online shop itu bukanlah penipu yang sekarang sangat marak.

3. Gunakan sistem COD (Cash On Delivery)

Sistem COD juga bisa digunakan untuk menghindari penipuan dalam belanja online. Jadi pembayaran dilakukan saat barang sudah sampai di tangan kita. Saya beberapa kali coba COD juga enak kok, walaupun COD terbatas barang-barang tertentu dan online shopnya juga tertentu.

4. Simpan Bukti Pembayaran

Setelah melakukan pembayaran saat belanja online jangan lupa untuk menyimpan bukti pembayaran, jadi jika suatu waktu barang tak juga dikirim, kita bisa komplain dengan menunjukkan bukti sms dengan pemilik online shop dan juga bukti transfer.

5. Gunakan Aplikasi Pembayaran Online

Daripada repot enaknya kita gunakan Aplikasi Pembayaran Online seperti Dompetku. Jadi saat bergabung kita tinggal pilih ke toko mana kita akan berbelanja, karena disana terdapat berbagai Merchant terbaik dan terpercaya. Selain itu kita juga bisa lebih menghemat waktu dalam berbelanja karena sistemnya pembayaran yang fleksibel dengan beberapa pilihan cara pembayaran.

Nah, semoga informasi tadi bisa membantu kalian agar tidak tertipu saat berbelanja online yah ^_^

6 comments:

  1. Tipsnya sangat bermanfaat mbak buat mereka yang masih bingung dengan berbelanja onlineshop.
    kalau saya sendiri sih lebih suka berbelanja online yg resmi seperti bukalapak dan lazada, jadi aman dari penipuan :D *hanya sekedar share pengalaman*

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas kalo yg dah dikenal memang lebih aman belanjannya

      Delete
  2. Dan coba belanja di situs belanja marketplace yang menawarkan fitur atm bersama. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas setuju aku juga seringnya ke onlineshp ygpake rekening bersama
      jd kalo barang gx nyampe uang kita tetap aman kok

      Delete
  3. Terima kasih tipsnya mba, bermanfaat sekali. Saya jadi mau coba pakai aplikasi dompetku :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 mbak ratih senang kalo suka tulisannya
      yuk dcoba pke dompetku

      Delete

Silahkan Berkomentar ^_^

BoBe (Blogger Bengkulu)

BoBe (Blogger Bengkulu)

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Join Now

Indonesian Food Blogger

Warung Blogger

IBX583D9D392DC6B

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger

Join Now