Monday, 22 August 2016

4 Tips Memulai Bisnis Online

Memulai bisnis online diperlukan niat dan usaha yang serius agar produk yang kita jual bisa mencapai target yang diinginkan. Tentu saja di masa awal kita akan menemukan banyak kesulitan apalagi online shop telah semakin menjamur. Hampir semua barang dan jasa telah dipasarkan secara online, jadi kita perlu untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan kualitas produk agar bisnis online kita banyak diminati. Selain itu inovasi dan kreasi produk yang berbeda dari produk lainnya menjadi nilai lebih dimata konsumen.



Ada beberap tips berbisnis online yang bisa kita terapkan

1. Memilih Produk Bisnis yang Tepat

Sebelum membuka toko online, pertimbangkan produk apa yang ingin kita jual. Lakukan survey apakah sudah ada produk sejenis, berapa harganya, lalu buatlah sesuatu yang berbeda (walaupun produk sama) dengan menambahkan inovasi dan kreasi agar produk kita dinilai unik dan menarik minat pembeli. Buatlah nama produk dan toko kita yang mudah diingat.


2. Membuat foto,  Video dan caption yang Menarik

Untuk menarik minat agar orang ingin membeli adalah gambar, video dan caption yang menarik. Jangan sembarangan uploud foto produk, kalau belajar dari pengalaman saya jualan brownies. Adik saya (sebagai admin dan pemasaran) berlama-lama untuk mendapatkan angle foto yang apik agar hasil foto di instagram nanti bisa menggoda pembaca. Benar saja, banyak dari pelanggan kami datang untuk membeli karena melihat foto yang cantik.
Selain itu, sering-seringlah merepost testimony pembeli sebagai bahan acuan pembeli baru bahwa produk yang kita jual sudah terbukti kualitasnya.


3. Manfaatkan Media Sosial untuk Promosi

Yang namanya bisnis online pastilah memanfaatkan media social sebagai ajang promosi. Buatlah akun di facebook, twitter, instagram, dan bisa juga blog dengan nama online shop kalian agar pembeli lebih percaya berikan juga informasi lengkap mengenai produk yang dijual, harga, serta alamat dan kontak yang bisa dihubungi. Rutinlah mempromosikan produk dengan mempertimbangkan tips di poin 1, tapi yang perlu diingat jangan jadi spammer. Jujur saja saya risih jika ada online shop yang seenaknya masukin ke grup tanpa izin (difacebook), terus ngetag setiap hari hingga berapa kali >.<  intinya promosilah dengan etika. Jangan sampai akun kita diblokir dan dilaporkan ya.

4. Lakukan Pemasaran yang Tepat

Di awal mungkin kita bingung melakukan pemasaran produk. Setelah akun toko online kalian dibuat, cobalah untuk memfollow akun target pembeli (ex: Jual kue di Bengkulu, maka kalian baiknya memfollow akun orang-orang di Bengkulu) dan promosikan kepada mereka produk yang dijual. Jika tak masalah mengeluarkan sedikit kocek untuk pemasaran, bayarlah selebgram atau bloger utuk promosi. Juga   mintalah teman yang followernya banyak untuk melakukan promosi, berikan produk secara gratis sebagai ucapan terimakasih.
Kalian juga bisa menggunakan Dompetku Plus sebagai media partner karena penjual online yang terdaftar, nantinya produknya akan turut dipromosikan ke seluruh pengguna Indosat Ooredoo dan berbagai media yang ada di Indonesia.

Nah, tips berbisnis online di atas semoga bisa memudahkan dan membantu teman-teman yang bingung memulai bisnis onlinenya ya. Mudah-mudahan cepat atau lambat kesuksesan akan kita raih. Aamiin…
Semangat berbisnis

No comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar ^_^

BoBe (Blogger Bengkulu)

BoBe (Blogger Bengkulu)

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Join Now

Indonesian Food Blogger

Warung Blogger

IBX583D9D392DC6B

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger

Join Now