Thursday, 18 August 2016

Ini Nih Tips Hemat bin Irit Ala Istri


Siapa bilang jadi Istri dan Ibu itu gampang. Ya, memang sih jika dilihat secara kasat mata kerjaan Istri dan seorang Ibu ya gitu-gitu aja. Nggak jauh-jauh dari ngurusin suami dan anak, ngoprek dapur, hingga hitung-hitungan dengan gaji suami di awal bulan.

Banyak yang bilang jadi istri itu harus multi talenta. Jadi koki oke, babysister tentu, jago bersih-bersih penting, juga jadi manager keuangan keluarga. Khusus yang terakhir, kalau istri tak pandai-pandai mengelola keuangan keluarga, maka bahayalah situasi rumah terutama di akhir bulan hihii…

Ya saya pernah kikuk di masa awal jadi istri. Jika biasanya tinggal di rumah orang tua, uang gajian hanya terpikir untuk kasih orang tua dan keperluan sehari-hari yang nggak jauh-jauh dari biaya transportasi, jalan dan makan hehe. Nah, waktu jadi istri uang nafkah dari suami harus diatur sedemikian rupa untuk kontrakan, listrik biaya makan, dan lain-lain hingga berakhir dengan kata “cukup”. Sebagian teman-teman mungkin pernah mengalaminya yah!

Sebenarnya ini hanya masalah pengalaman dan kemauan. Dengan berjalannya waktu istri pun dengan sendirinya akan belajar bagaimana berhemat dan sebisa mungkin mengirit pengeluaran.

Kali ini saya akan membagikan sedikit tips hemat dan irit ala istri berdasarkan pengalaman selama ini


1. Catat Kebutuhan Utama Lalu Pisahkan Agar Tak terpakai.

Saat gajian, suami terbiasa memberikan semua uangnya ke saya untuk di kelola. Jadi suami cuma bawa seberapa untuk pegangan isi bensin atau kalau ban pecah hihii.  Uang penghasilan suami dan saya disatukan dan dibagi di beberapa amplop, misalnya : uang kontrakan, uang listrik, beli kebutuhan pokok, dan uang makan bulanan. Bayar-bayaran harus disegerakan agar uangnya tidak terpakai untuk yang lain. Kalau ada lebih baru deh bisa beli hal-hal lain.

2. Belanja Kebutuhan Pokok dalam Jumlah Banyak dan Update Promo


Beli kebutuhan pokok seperti gula, minyak, sabun, pasta gigi dll itu enaknya beli sekali banyak ya
Bun  di pasar atau di supermarket. Harganya jauh lebih murah bila beli satu-satu di warung. Kalau saya suka belanja akhir pekan di supermarket favorite untuk keperluan satu bulan jadi nggak perlu bolak balik belanja,  beli dalam jumlah banyak biasanya ada diskonnya, potongannya lumayan banget jadi bisa menghemat pengeluaran. Saya juga suka pilih promo beli ini dapat ini hihii. Eit tapi harus bijak ya biar nggak kebablasan tergiur promonya.

3. Memasak Sendiri

Kalau sudah berkeluarga dan punya anak memasak makanan sendiri jadi piihan hemat selanjutnya. Selain lebih sehat karena terjaga kebersihannya, biaya yang dikeluarkan pun tidak sebanyak jika membeli lauk di warung. saya pernah beli tuh di warung seharga biaya makan sehari, Cuma untuk satu kali makan.

4. Memanfaatkan Lahan Kosong

Punya lahan kosong di sekitar rumah? Bunda bisa manfaatkan untuk menanam berbagai kebutuhan dapur  Seperti rempah-rempah. Kalau saya menanam kunyit, jahe, daun bawang, kencur, cabe rawit, daun katu dan lain-lain. Lumayan banget ternyata, kalau ingin masak dan bumbu masak sudah habis tinggal ke pekarangan saja.

5. Belanja Online

Belanja Online bisa menghemat pengeluaran loh. Kok bisa? Iya, dengan belanja online kita tak perlu mengeluarkan banyak waktu dan tenaga. Belum lagi harga yang ditawarkan di online kadang jauh lebih murah jika dibandingkan di toko-toko. Saya pun termasuk pecinta belanja online. Selama ada barang yang bisa saya beli online kenapa nggak. Harga pun dengan mudah bisa kita bandingkan. Tinggal pilih mana online shop yang memberikan harga terbaik. Kalau bunda suka online atau mempunyai online shop yang rutin membeli pulsa ataupun paket data Beli Pulsa Online di Tokopedia ternyata lebih hemat dan irit. Harganya lebih murah dari counter juga banyak bonusnya. Pas banget kan untuk prinsip hemat ala istri. Nggak percaya? Cek aja

Hemat dan irit memang penting. Tapi taka da salahnya ya di akhir pekan kita berekreasi atau berwisata bersama keluarga. Biar para wanita sebagai ibu dan istri nggak gampang stress hehe. Cari hiburan pun tak perlu yang mewah dan mahal ya. Jalan-jalan ke pantai dan membawa bekal dari rumah juga asyik kok.

Nah, kalau teman-teman apa ada tips lainnya? Yuk bagi tipsnya!



2 comments:

  1. nah poin nomor tiga tuh yang masih sulit, qiqiqi. Kadang masih hobi jajan. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hiihii kalo bisa diatur dan cukup sih nggak masalah mbak :D
      asal jangan keseringan aja

      Delete

Silahkan Berkomentar ^_^

BoBe (Blogger Bengkulu)

BoBe (Blogger Bengkulu)

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Join Now

Indonesian Food Blogger

Warung Blogger

IBX583D9D392DC6B

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger

Join Now