Sunday, 14 August 2016

Jadikan Momen Makan Pertama Si Kecil Menyenangkan Bersama Milna


Anak Sehat, Aktif, dan Ceria adalah hal yang paling membahagiakan bagi orang tua terutama seorang Ibu. Ya, kebahagiaan yang tampaknya sederhana namun tak mudah untuk mewujudkannya. Perlu niat yang tulus, kesabaran tanpa batas, doa yang ikhlas dan kemauan Bunda untuk terus belajar mendampingi tumbuh kembang si kecil. Tentu bunda akan bangga saat dewasa kelak ia  menjadi pribadi yang sehat fisik juga mentalnya juga  berprestasi sesuai minat dan bakatnya.

Semua itu bisa terwujud dengan keseriusan kita memberi yang terbaik untuk buah hati. Dimulai dari masa kehamilan saya yakin Bunda dengan sangat hati-hati menjaga kandungan, memakan makanan yang sehat dan baik. Begitu pula saat bayi mungil kita lahir, Bunda memberikan ASI (Air Susu Ibu) sebagai makanan pertama- makanan terbaik untuk si kecil saat lahir hingga usianya 6 bulan. Komposisi yang terkandung, kandungan kolostrum serta kandungan antibodi alami ASI bermanfaat dalam menunjang tumbuh kembang bayi serta membantu mencegah infeksi dan gangguan kesehatan lainnya.

Menginjak usia 6 bulan, Nutrisi ASI tidak mencukupi lagi sehingga perlu diberikan Makanan Pendamping ASI (MPASI). Momen Makan Pertama 1 st Bite Day Si Kecil dengan makanan pendamping ASI (MP-ASI) yang seimbang dan bergizi, berperan penting bagi tumbuh kembangnya. Bukan hanya berpengaruh pada  pertembuhan fisik tetapi juga pertumbuhan otak, perkembangan perilaku, motorik, dan kecerdasan Si Kecil.

Christofer Samuel Lesmana selaku Brand Manager Milna memaparkan bahwa Nutrisi yang cukup selama periode emas atau 1000 Hari Pertama Pertumbuhan Si Kecil, berperan penting dalam mengantisipasi dampak dari masalah gizi kompleks. Karena pada periode emas, otak, otot dan tulang rangka berkembang pesat dan ketika Si Kecil genap berusia 2 tahun, perkembangan otaknya sudah sama dengan 80% otak orang dewasa.

1st BITE DAY  MOMEN MAKAN PERTAMA Si Kecil

Momen Makan Pertama si Kecil sangat bermanfaat untuk kesehatannya. manfaat jangka pendeknya adalah, penanaman memori rasa lewat perkenalan ragam rasa dan tekstur sejak dini dan mengurangi risiko alergi Si Kecil. Dalam jangka panjang, 1ST BITE DAY atau MOMEN MAKAN PERTAMA Si Kecil, bermanfaat meminimalisir kemungkinan Si Kecil menjadi susah makan di kemudian hari dan mudah untuk beradaptasi dengan makanan baru.

Awalnya sebagai seorang Ibu Muda yang masih minim pengalaman dalam hal tumbuh kembang anak, saya ragu dan bingung menghadapi momen makan pertama Ubay anak saya. Namun saya sadar bahwa MPASI itu sangat penting dan tidak ingin bertaruh akan masa depan anak saya, lalu berbekal kesungguhan dan membaca banyak referensi termasuk MPASI WHO, hal itu bisa dilewati. Tentu banyak tantangan dalam menjadikan momen makan pertama si kecil menjadi menyenangkan, tapi semua lelah itu terbayar saat melihat si kecil makan dengan lahap dan tumbuh dengan sehat.

Salah satu tantangan dalam mendampingi momen makan si kecil adalah saat ia menolak untuk makan. Saya pernah hampir menangis karena hal itu. Setelah saya pelajari ternyata si kecil butuh sesuatu yang baru, menarik dan unik sehingga membuatnya tertarik untuk makan. Sejak saat itu saya mulai belajar mengkreasikan makanan dan mengenalkan ubay dengan beragam dan rasa makanan seperti membuatkan nugget, soto, pancake yang dibentuk ciamik agar ia doyan makan.
beragam menu MPASi dibuat menarik agar Ubay semangat makan

Untuk cemilan pun selalu sedia menjelang siang dan sore, bisa dalam bentuk buah segar, biskuit juga pudding Milna. Sejak saat itu, Ubay doyan sekali cemilan biskuit dan pudding Milna.

Alasan Memilih Milna


Salah satu alasan memilih Milna sebagai salah satu Makanan Pendamping ASI adalah karena kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya juga bebas dari bahan pengawet.  Milna sebagai Ahli Makanan Bayi menyediakan rangkaian produk nutrisi yang diformulasikan untuk bayi usia 6 bulan ke atas, ikut mendukung program pemerintah dalam rangka perbaikan gizi nasional dengan menghadirkan kampanye MILNA 1ST BITE DAY - MOMEN MAKAN PERTAMA Si Kecil. Beragam produk milna tersedia sesuai dengan kebutuhan bayi yang dikategorikan menjadi tiga kategori Nutrition Stage & Product Range

Bubur Bayi


Bubur bayi Milna bisa diperkenalkan untuk bayi berusia 6 bulan ke atas. Beragam varian rasa akan membantu bayi mengenal banyak rasa. Selain itu Milna juga mempunyai produk Bubur bayi penambah berat badan, bubur untuk bayi yang alergi hingga Milna Bubur bayi Organik.
Milna Bubur Bayi Organik

Milna Bubur Bayi Organik dihadirkan oleh Milna dibawah naungan Kalbe Nutritionals sebagai MP-ASI organic pertama di Indonesia.yang terbuat dari bahan alami organik pilihan, sebagai alternatif MP-ASI untuk Si Kecil. “Bahan pangan organik diproses secara alami dan sistem pertaniannya tidak menggunakan bahan-bahan kimia dan pengawet. Kelebihan lainnya adalah kandungan zat gizinya dan kadar gulanya lebih tinggi dibandingkan bahan pangan biasa, sehingga tidak membutuhkan penambahan gula pada proses pengolahannya,” seperti yang dijelaskan oleh Dr. Attila Dewanti, SpA(K), Pakar Kesehatan Bayi dan Anak, mengenai pandangannya akan pemberian bahan pangan organik untuk Si Kecil. “Milna Bubur Bayi Organik mengandung 95% bahan organik berkualitas dan sudah tersertifikasi resmi. Tersedia dalam dua varian rasa yaitu Beras Merah dan Kacang hijau, yang sangat cocok untuk suapan pertama Si Kecil sebagai awal pengenalan tekstur dan rasa,” jelas Christofer Samuel Lesmana selaku Brand Manager Milna.

Walaupun saya sering membuat MPASI Homemade saat Ubay berusia dibawah 1 tahun, saya juga terkadang memberikan MPASI Bubur Bayi Milna terutama jika dalam perjalanan karena penyajian nya yang praktis tinggal diseduh dengan air panas. Jadi tidak khawatir anak akan kekurangan makanan saat di perjalanan jauh.


Biskuit Bayi


Biskuit bayi dapat diberikan pada si kecil saat berusia 6 bulan ke atas. Selain untuk memperkenalkan ragam tekstur makanan, biskuit bayi bisa menstimulasi tangan si kecil untuk menggenggam juga untuk pertumbuhan giginya. Biskuit ini lumer di mulut jadi aman untuk bayi dan tidak membuat bayi tersedak. Bisa dimakan langsung atau dicampur dengan air hangat. Biskuit bayi ini pun terdiri dari beragam varian rasa seperti beras merah, jeruk, kacang hijau juga pisang.

Biskuit Toodler


Nah ini biskuit kesukaan ubay terutama yang rasa keju. Teksturnya yang renyah dan enak membuat Ubay anak saya tak berhenti memakan biskuit toodler milna. Apalagi bentuk kemasannya yang lucu, ia bahkan tak mau melepas kotak biksuitnya. Soal rasa tak diragukan lagi bahkan saya pun sering ikut berlomba memakan biskuitnya ubay, enak sihh hehee

Pudding Milna


Puddiing Milna ini duh uenaaakk banget. Tak perlu dicampur gula lagi, rasanya udah bikin ketagihan. Waktu saya buatin ubay, belum lagi puddingnya dingin dia sudah tak sabar ingin memakannya. Saya pun juga suka sekali. Membuatnya pun tak sulit loh. Cukup campurkan bubuk pudding dengan air mendidih dan di aduk rata lalu masukkan ke cetakan sesuai selera. Kalau saya suka mencampurkan ketiga jenis pudding vanilla, coklat, dan strawberry biar lebih cantik. Benar saja, ubay saja minta tambuh kalau sudah dibuatkan pudding ini.


Bermain dan Belajar Bersama Milna

Selain menyajikan MPASI yang sehat, ternyata MILNA mengerti keinginan si kecil yang senang bermain juga belajar hal-hal baru. Nah, kalau bunda sering membeli produk milna biskuit toodler dan pudding, jangan dibuang ya kotaknya. Di belakang kotak Milna ada beragam permaian yang bisa bunda mainkan bersama si kecil sesuai kreasi bunda. Dijamin pasti si kecil jadi senang dan bahagia sekaligus ia bisa belajar hal-hal baru.

Mengenal Huruf dan Angka dengan Biskuit Toodler Milna


Biskuit Toodler Milna ini unik loh karena di biskuit nya ada bentuk huruf dan angka jadi bunda bisa mengajak si kecil untuk mengenal angka dan huruf sebelum ia memakannya. Kalau saya sih caranya sebelum memberikan biskuit menanyakan ke ubay ini huruf apa?


Well, dia jawab sembarangan karena memang belum mengerti, lalu saya beri tahu itu huruf apa dan memberikan reward sebuah biskuit padanya.


Dimana Puddingku?


Bagian belakang pudding instan ada permainan menemukan jalan keluar agar bisa mendapatkan pudding. Saya suka mengajak ubay berhayal seolah-olah ia kehilangan puddingnya, lalu menirukan suara mobil dan mengajaknya menyusuri jalan berliku. Setelah menemukan gambar pudding, saya pun memberikan pudding Milna special untuknya.

Mengenal Hewan

Oya dibelakang kotak biskuit toodler Milna ada gambar beberapa jenis hewan di hutan dan hewan ternak yang bisa kita kreasikan untuk bermain. Yuk simak video keseruan ubay bermain dan belajar

video

1. Menggunting pola hewan dan menempelkannya di sisa kotak milna yang tak terpakai agar hewannya bisa berdiri, saya pun menambahkan aksesoris seperti pohon, makanan hewan, agar lebih menarik dan mengajak ubay mengenal nama hewan tersebut


2. Ubay pun suka berkreasi dengan menaikkan hewan-hewannya ke atas kardus seolah-olah hewan-hewan tersebut sedang naik mobil dan ubay mengendarainya.
3. Saya pun ikut terkagum-kagum saat ubay bermain dengan opa sambil meniupkan hewan-hewan tersebut di atas lantai agar bisa bergerak hehee…


MILNA 1ST BITE DAY Campagin


Milna sebagai Ahli Makanan Bayi ikut mendukung program pemerintah dalam rangka perbaikan gizi nasional dengan menghadirkan kampanye MILNA 1ST BITE DAY - MOMEN MAKAN PERTAMA Si Kecil. Kampanye ini mulai dijalankan di Surabaya, tanggal 30 April 2016 lalu, kemudian di Jakarta, 14 Mei 2016 dan akan dilanjutkan di Medan, tanggal 21 Agustus 2016, dengan target mengedukasi lebih dari 3000 Bunda.

Kampanye ini mengangkat peran penting ASI dan MP-ASI dalam memenuhi Angka Kecukupan Gizi Si Kecil, lewat seminar interaktif dengan Pakar Kesehatan Bayi dan Anak serta rangkaian aktivitas lainnya yang berkaitan dengan suapan dan gigitan pertama Si Kecil. Helly Oktaviana, Business Unit Head Nutrition for Infant and Baby – Kalbe Nutritionals Berharap edukasi kampanye MILNA 1ST BITE DAY dalam pemberian MP-ASI yang tepat, guna memenuhi zat gizi spesifik yang dibutuhkan Si Kecil untuk berkembang secara optimal baik dari segi fisik ataupun kognitif, bisa berperan dalam mengatasi masalah gizi kompleks yang ada dan mewujudkan Indonesia sehat menuju kehidupan yang lebih baik.


Saya pun berharap dengan Milna 1st Bite Day Campaign ini bisa mengedukasi banyak bunda agar mengerti pentingnya momen makan pertama si kecil yang berimbas pada pemberian nutrisi yang sehat dan seimbang di masa keemasannya. Selain itu adalah cita-cita kita bersama agar masalah kekurangan gizi pada anak Indonesia tidak menjadi semakin parah.

Yuk Bunda berikan yang terbaik untuk buah hati kita!

untuk info lebih lanjut mengenai 1st Bite Day Campagin Bunda bisa buka Sosial Media Milna ya!
Website : www.bayimilna.com
Facebook: MilnaID
Twitter: @BundaMilna
Instagram: @milnaid


12 comments:

  1. Milna memang cocok banget, adek saya juga dulu makannya Milna.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo anakku sukanya biskuit n puddingnya mas

      Delete
  2. iyas belum pernah makan bubur milna, tapi iyas suka sekali biskuitnya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba ria biskuitnya ubay juga suka banget apalagi bisa sambil belajar bermain

      Delete
  3. Faraz gak suka puding tp klo biskuit Milna dia doyan. Biasa juga main hewan2an itu.

    Sukses yaahh Ubay dan Umi ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ubay puddingnya suka mbak diah,
      belum aja dingin puddingnya dah mintaaa ihihii

      Delete
  4. Ntar lagi anakku mau mpasi : )
    Lagi nyari inspirasi mau bikin mpasi apa, hehe. Thanks mbak, bermanfaat banget buat saya.

    ReplyDelete
  5. Bagaimana dengan anak yang tidak suka makan sayur ya ?

    apakah produk seperti Milna ini bisa dijadikan alternatif untuk anak yang sulit makan sayur ya.

    salam kenal dan terima kasih Mbak

    ReplyDelete
  6. Jadi ingat masa-masa MPASI, siap-siap kotorrrr baju anaknya :)

    ReplyDelete
  7. Inget waktu si sulung belajar makan sendiri. Lucu banget. Berlepotan dan bajunya jadi penuh noda makanan. :)

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar ^_^

BoBe (Blogger Bengkulu)

BoBe (Blogger Bengkulu)

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Join Now

Indonesian Food Blogger

Warung Blogger

IBX583D9D392DC6B

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger

Join Now