Saturday, 20 August 2016

Menjadikan Dapur Bersih dan Rapi, Ini Kiatnya!

dapur bersih minimalis modern

Memiliki dapur bersih minimalis modern kini menjadi idaman banyak wanita. Hal ini sangat beralasan karena dapur adalah salah satu tempat favorite wanita terutama yang sudah menjadi istri ataupun Ibu. Setiap harinya banyak waktu dihabiskan di dapur untuk memasak makanan keluarga tercinta. Apalagi bagi yang hobi masak atau memiliki usaha kuliner kehadiran dapur yang bersih dan tertata rapi tentu akan membuat kegiatan memasak menjadi lebih asyik.

Bagi saya pribadi  tak perlu dapur yang besar untuk membuatnya tampak cantik, cukup dapur bersih minimalis dan tertata rapi. Namun untuk merealisasikannya nggak mudah ya. Kadang saat letih melanda kita sebagai ratu dapur seringkali malas untuk membersihkan dan menata dapur. Akhirnya kadang noda sisa masakan hingga berkerak, letak piring dan gelas tak tertata rapi . bahkan pusing sendiri mencari dimana letak parutan keju atau penyaring kelapa. *hihi pengalaman nih.

Nah ada yang pernah mengalaminya juga? Kalau iya yuk simak kiat untuk membersihkan dan menata dapur

1. Mencuci peralatan memasak dan peralatan makanan setelah digunakan

Segeralah mencuci peralatan memasak  dan alat makan setelah memasak/makan  karena jika dibiarkan akan membuat bakteri bersarang. Selain itu kotoran yang menempel akan sulit dibersihkan jika dibiarkan lama. Contohnya saja jika membiarkan kuali sisa memasak gulai santan, kerak sisa gulai akan sangat sulit dibersihkan jika tidak langsung dicuci. Kalau saya, jika ada noda membandel, siram dulu piring/ kuali dengan air agar tidak ada sisa nasi atau kotoran, lalu siram lagi dengan air barulah di gosong dengan cairan pencuci piring.

2. Membersihkan Area Dapur

Bukan hanya peralatan masak yang harus dibersikan, area dapur pun jangan sampai lupa ya. tuas Tuas kompor dan badan kompor yang sering terkena cipratan masakan atau minyak bisa dibersihkan dengan lap kering atau sabun pembersih khusus kompor. Bersihkan juga bak pencuci piring, keran air, kulkas, rak piring, meja makan. Buanglah sampah sisa memasak apalagi yang berbau tajam seperti sisa ikan atau udang, dan terakhir menyapu dan mengepel lantai dengan cairan pembersih lantai.

3. Tata peralatan dapur dan Biasakan Meletakkannya di Tempat Semula

Meletakkan peralatan dapur sesuai dengan kebutuhan akan sangat membantu dalam hal memasak. Misalnya rak piring dekat dengan tempat mencuci piring, bumbu masak, kuali, sendok goreng di dekat kompor. Blender, mixer berada di tempat yang ada sambungan listriknya.
Selain itu setelah menggunakan barang-barang tersebut, biasakan untuk meletakkannya kembali di tempat semula agar tak kebingungan untuk mencarinya seperti yang pernah saya alami. Hal ini akan membuat dapur tertata rapi.

Dapur yang bersih dan rapi akan membuat aktifitas memasak menjadi lebih menyenangkan bukan? Apa teman-teman punya kiat lainnya?


6 comments:

  1. Replies
    1. kalo punya anak kecil memang rempong ya mbak hihi

      Delete
  2. betul, karena ajarang masak dapur tempat yang rapih sekali dibanding tempat yang lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak karena dapur rentan ama kotoran dan sampah
      tapi kita harus berusaha biar bersih karena kan dapur tempat masak yang berpengaruh sama kebersihan makanan keluarga

      Delete
  3. idemmm, abis pakai langsung dibersihin, lagipula kalau ditunda2, ngebersihinnya malah tambah susah,

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak tambahannya lagi kalo makanan basah dibiarkan lama tanpa dibersihkan bisa ulatan >.<

      Delete

Silahkan Berkomentar ^_^

BoBe (Blogger Bengkulu)

BoBe (Blogger Bengkulu)

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Join Now

Indonesian Food Blogger

Warung Blogger

IBX583D9D392DC6B

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger

Join Now