Thursday, 25 August 2016

Resep Ayam Tepung Asam Manis

Semenjak menikah saya seringkali dilanda kebingungan dalam mengolah makanan untuk keluarga. Setiap pagi, selalu berfikir nanti masak apa ya? Mungkin karena rutinitas memasak dilakukan setiap hari bawaannya bosan jika harus memasak yang sama dengan menu hari sebelumnya. Ternyata banyak juga loh para Ibu yang berkumpul di warung dan kebingungan mau masak apa? Kalo kalian gimana?

Jika sudah dilanda kegalauan mengenai menu masakan. Berselancar di internet jadi andalan saya. Ya, banyak website yang menuliskan menu masakan yang enak dan menarik untuk kita coba sesuai dengan selera. Misalnya saja kita ingin membuat masakan dari olahan ayam, nah searching  aja resep masakan dari ayam terpopuler yang banyak berseliwiran di internet. Akan muncul banyak resep istimewa seperti Resep Ayam Goreng Madu, Resep Opor Ayam, Kroket Ayam Mie, Resep Ayam Bakar Bumbu Rujak dan banyak resep lainnya yang dengan melihat fotonya saja sudah menggugah selera apalagi dinikmati bersama keluarga.

Belum lama ini saya mencoba membuat masakan dari ayam yaitu Ayam Tepung Saus Asam Manis. Ubay anak saya suka sekali ayam goreng yang berlapis tepung renyah. Untuk membuatnya lebih semangat menyantap makanan, saya membuat saus asam manis dan membuatnya tidaklah sulit.


Nah untuk teman-teman yang ingin mencoba berikut Resep Ayam Tepung Saus Asam Manis.

Bahan  Bumbu Ayam:
250 gram dada ayam (dagingnya saja) dan potong kecil-kecil sesuai selera
2 siung bawang putih (haluskan)
1 sdt garam
Merica secukupnya

Bahan Celupan
1 butir telur (kocok lepas)
50 gram tepung terigu
40 gram tepung tapioka , 10 gram maizena
Kaldu ayam bubuk secukupnya
Sejumput baking soda

Bahan Saus
Minyak goreng/ mentega secukupnya
½ suing bawang bombai iris tipis
2 siung bawang putih cincang halus
Saos sambal dan saos tomat (khusus untuk ubay saya hanya gunakan saos tomat)
1 buah tomat tanpa biji dipotong dadu
Kacang polong secukupnya (optional, kalo saya nggak pake karena lagi nggak ada hehee)
Daun bawang dipotong
Tepung tapioka 1 sendok (dilarutkan dengan air)
Garam. Gula dan Merica secukupnya

Cara Membuat:
1. Lumuri ayam dengan bumbu ayam dan diamkan
2. Campurkan semua bahan celupan jadi satu (kecuali telur)
3. Celupkan potongan ayam ke telur lalu ke celupan kering
4. Goreng ayam dengan minyak panas hingga ayam berwarna kuning keemasan, sisihkan
5. Tumis bawang putih dan bawang bombai hingga harum. Lalu masukkan saos, gula garam dan merica, tambahkan sedikit air.
6. Masukkan kacang polong dan tomat
7. Tambahkan air tepung tapioka hingga mengental sesuai yang diinginkan
8. Setelah kental dan mendidih serta rasanya sudah pas, matikan api
9. Masukkan ayam goreng tepung ke dalam saus aduk dan pindahkan ke piring saji

Resep Ayam Tepung asam manis ini bisa teman-teman coba untuk keluarga, karena rasanya enak dan tingkat kepedasannya bisa disesuaikan jadi cocok juga untuk anak kita yang tidak doyan pedas.
Selamat mencoba



6 comments:

  1. Kayaknya enak ni. Jadi pengin nyobain :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak cobain aja gx sulit buatnyaa

      Delete
  2. Duh, kayaknya sih menggiurkan nih...
    Kalo dek Ubay suka berarti kayaknya Fathir juga bakalan suka deh!
    *sukanya ikut-ikutan hehehe*

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihii iya mbak kalo untk anak gx usah pake saos sambalnya

      Delete

Silahkan Berkomentar ^_^

BoBe (Blogger Bengkulu)

BoBe (Blogger Bengkulu)

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Join Now

Indonesian Food Blogger

Warung Blogger

IBX583D9D392DC6B

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger

Join Now