Friday, 30 September 2016

Apa saja sih Perlengkapan Bayi Baru Lahir?

Menanti buah hati lahir ke dunia itu rasanya deg-degan dan bahagia. Pasti penasaran dan tak sabar ingin melihat wajah lucu anak kita. Seperti saya saat hamil Ubay, melihat wajahnya dari print out hasil USG saja mata jadi berbinar-binar bahagia, maklumlah sebelum nya pernah riwayat keguguran. Jadi berharap sekali anak yang dikandung bisa lahir dengan selamat. Saat itu saya bertekad untuk mempersiapkan dan menjalani kehamilan dengan sebaik-baiknya, bahkan saya resign dari kerjaan dan menutup usaha fotocopyan kami agar saya bisa focus dengan kehamilan.

Selain persiapan fisik dan mental, ada banyak persiapan lainnya seperti dana, tempat bersalin, perlengkapan ibu dan bayi, serta konsultasi secara rutin dengan bidan atau dokter yang sudah dipercaya.

sumber gambar : Tabloid Nakita


Baca juga : Beberapa Persiapan Penting Jelang Melahirkan

Khusus kali ini saya akan berbagi pengalaman saya mengenai daftar perlengkapan bayi baru lahir. Nah, awalnya saya sih bingung apa saja yang harus saya siapkan menjelang persalinan nantinya. Alhamdulillah berkat membaca dan diberi info oleh bidan dan Ibu saya perlengkapan penting tidak ada yang terlewatkan. Nah, apa saja sih perlengkapan bayi baru lahir, yuk simak ulasannya!

1. Perlengkapan Dasar : popok kain, gurita, baju bayi ukuran kecil (lengan panjang dan pendek), celana bayi ukuran kecil (panjang dan pendek), kaos dalam, kain bedong, kaus tangan dan kaki, tempat tidur bayi (bisa dilengkapi dengan perlak/alas ompol), gendongan bayi newborn (instan atau bisa juga hanya menggunakan kain jarik)

2. Perlengkapan tidur : Box Bayi (tempat tidur bayi), bantal anti peyang, kelambu (agar terhindar dari gigitan nyamuk), selimut bayi yang tebal dan yang tipis digunakan sesuai kebutuhan dan cuaca.

3. Perelengkapan mandi pun perlu disiapkan diantaranya bak khusus bayi, set  perlengkapan mandi (sabun, shampoo), handuk yang lembut dan aman untuk kulit bayi, washlap, tisu basah dan tisu kering, serta detergen dan pelembut pakaian khusus bayi atau yang aman untuk kulit bayi.

4. Perlengkapan sehari-hari meliputi, minyak telon, bedak, kain kasa, cutton bud, kapas, obat penurun panas, thermometer juga bedak/cream anti ruam dan gatal (kebetulan anak saya alergi panas, jadi bedak gatal harus selalu sedia)

5. Perlengkapan lainnya selain yang di atas ada juga stroller, tas khusus perlengkapan bayi jika ingin bepergian, botol penyimpan asi dan alat penyedot asi, dan beberapa mainan untuk menstimulasi perkembangan si kecil.

Nah bunda, baiknya pilihlah perlengkapan dengan kualitas baik dan aman bagi si kecil ya. Selain itu jika belum mengetahui jenis kelamin si kecil, belilah perlengkapan dasar yang bisa digunakan anak lelaki ataupun perempuan. Setelah lahir, beberapa perlengkapan tambahan khusus bisa dibeli menyusul ^_^

Semoga bermanfaat ya!

5 comments:

  1. Pengalaman kalau untuk lahiran biasanya banyakin kain bedong hehe..suka habis apalagi kalau musim hujan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, anak bayi baru lahir kan sering pipis ya hihii

      Delete
  2. Perlengkapan bayi saya sudah bagi-bagikan, jika hamil lagi perlu beli lagi 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak apa2 mbak dibagiin moga makin berkah rejekinya

      Delete
  3. Wah, siap-siap Ah, ntar kalau punya bayi lagi heheh...tipsnya keren

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar ^_^

BoBe (Blogger Bengkulu)

BoBe (Blogger Bengkulu)

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Join Now

Indonesian Food Blogger

Warung Blogger

IBX583D9D392DC6B

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger

Join Now