Wednesday, 7 September 2016

Bincang Bisnis dengan Mbak Nessa

Sore kemarin saya kedatangan seorang teman blogger sekaligus satu kelompok coaching bisnis yang berkunjung ke rumah. Berbeda dengan saya yang selalu bolos coaching karena lapak di rumah yang tidak bisa ditinggalkan, Mbak Nessa adalah salah satu peserta yang sangat bersemangat menimba ilmu dari para mastah bisnis. Karena itu saat ia kesini, saya memanfaatkan kesempatan untuk sharing mengenai apa saja yang sudah dipelajari.

Mba nessa ini punya toko online Rain Olshop, yang dijual banyak sih mulai dari kripik pisang Zanana, tahu njolor, jilbab, tas, hingga jadi reseller Brownies Pizza saya. Awalan cerita kami mba nesss berharap dia punya produk sendiri yang khas dan bisa menarik minat masyarakat khususnya kota Bengkulu karena selama ini dia hanya mendapat untung dari penjualan produk orang lain. Saya setuju kalau ia harus memikirkan ide untuk produknya sendiri, keuntungan dan branding bisa didapat kalau kita memilih untuk memasarkan produk kita. Soalnya saya pernah diposisi beliau jadi reseller berbagai barang, bawaannya capek hue hue..

Selain itu kita juga sharing beberapa hal tentang tips penjualan agar menarik minat pembeli. Salah satunya dengan foto produk yang menarik. Katanya sih waktu coaching, Mas Fitrah dari Buka Lapak memberi materi cara foto produk yang bisa cantik walaupun cuma pake smartphone. Kuncinya adalah posisi, pencahayaan, dan background. Foto pun jangan hanya dari satu angle, berpindah posisi untuk bisa memberikan beberapa foto produk dari berbagai sisi agar pembeli bisa melihat produk secara detail.

Oh ya untuk membuat produk diminati yang diperlukan juga tampilan dan packaging produk. Mba Nessa dengan saran Mas Fitrah akhirnya beli plastik packaging transparan yang tebel dan punya ziplock untuk jual jengkol di bukalapak. Saya sempat suprise loh, dari palembang aja ada yang mau beli Jengkol ke dia via bukalapak. Terus dia juga tempelin sticker toko di depan kemasan produk. Kece deh. Semoga makin laris ya mbak.

Terakhir kita sharing tentang promosi. Ya ini susah-susah gampang. Susah bukan berarti nggak bisa. Promosi di media sosial yang makin menjamur akan memudahkan pelanggan mengetahui produk kita. Terus kita juga tak masalah mengeluarkan sedikit dana untuk promosi online seperti facebook ads atau google ads.

sumber gambar : dea3.com

Jika repot mengurus iklan ada cara mudah membuat iklan di facebook dengan mempercayakan kepada Partner Iklan atau agency sejenisnya.
Btw, makasih ya Mbak nessa dah berkunjung dan sharing ilmunya. Semoga laris manis lapaknya ^_^
Semangat.



No comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar ^_^

BoBe (Blogger Bengkulu)

BoBe (Blogger Bengkulu)

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Join Now

Indonesian Food Blogger

Warung Blogger

IBX583D9D392DC6B

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger

Join Now