Saturday, 17 September 2016

Hal Penting yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Liburan

Jika mendengar kata liburan banyak orang membayangkan hal-hal menyenangkan. Liburan menjadi ajang kumpul keluarga terutama bagi keluarga yang jarang bertemu atau tak punya banyak waktu berkercengkrama karena sibuk bekerja. Saya pun begitu, walaupun setiap hari bertemu dengan anak dan suami tetap saja selalu mengidamkan liburan bersama mereka tanpa harus memikirkan pekerjaan.
Belum lama ini saya, suami dan anak selama lima hari berkunjung ke Bintuhan, Kaur untuk berlibur dan mengunjungi Ibu Mertua. Saya dan suami telah merancang liburan ini sejak lama. Ya, walaupun Bengkuu-Kaur masih satu provinsi tetapi banyak persiapan yang harus kami lakukan sejak jauh-jauh hari agar liburan menjadi menyenangkan dan tanpa kekurangan. Saya pastilah bĂȘte jika ada barang penting yang tertinggal seperti kamera atau perlengkapan kesehatan.

saya dan keluarga saat liburan


Nah, kali ini saya akan berbagi tentang hal penting persiapan liburan.

1. Budget

Hal penting yang pertama bagi saya dan suami adalah budget alias dana. Sejak lama kami telah menghitung beberapa biaya transportasi (sewa mobil atau travel), biaya makan, biaya jalan-jalan ke tempat wisata, oleh-oleh hingga biaya tak terduga. Semuanya harus dipertimbangkan, dihitung dan dipersiapkan. Kami juga menyiapkan uang setelah berlibur, jangan sampai uang dihabiskan untuk liburan dan saat pulang malah kebingungan karena kehabisan uang.

2. Tiket/ akomodasi

Nah, jika kita berencana menggunakan transportasi umum, baiknya memesan jauh-jauh hari setelah menentukan waktu liburan. Pengalaman sih kalau mesan tiket mendadak (terutama tiket pesawat) harganya mahal hehehe.. lalu kalau mau sewa mobil juga enaknya di booking jauh hari, biasanya mobil rental sering kosong kalau musim liburan. Yang punya mobil pribadi sih akan jauh lebih mudah, tinggal cek kendaraan agar dalam kondisi prima saat melakukan perjalanan. Baiknya teman-teman juga menggunaan GPS untuk memudahkan perjalanan. Ada banyak toko yang menjual GPS dengan harga GPS yang beragam. Cari aja harga GPS mobil jika membutuhkannya untuk mobil. Pastikan membeli di tempat yang dipercaya ya

3. Perlengkapan medis

Poin nomor 3 ini jangan disepelekan. Perlengkapan medis sangat penting agar perjalanan menjadi nyaman apaagi jika kita memiliki anak kecil yang rentan sakit saat perjalanan. Siapkanlah obat mabuk perjalanan, minyak angin, bethadine, plaster, dan perlengkapan lainnnya.


4. Rencana Perjalanan

Jangan sampai kebingungan ya saat tiba ditempat tujuan. Sebelum liburan buatlah rencana perjalanan kita akan pergi kemana, menggunakan apa, dengan siapa dan berapa biayanya. Bahkan bila perlu hubungi teman atau keluarga untuk mencari tahu tempat wisata yang bagus dikunjungi. Atau minta mereka menjadi tour guide, karena biasanya orang asli lebih mengenal tempat wisata terbaik.

5. Barang-Barang Penting

Duh nggak lucu ya kalau kita sampai ketinggalan kamera atau handphone, karena bagi pecinta fotografi, kamera atau handphone jadi inti perjalanan. Tanpanya liburan jadi hambar ya. Siapkan juga barang-barang penting seperti perlengkapan mandi, baju, charger, baju ganti, dan dokumen (visa) jika ingin berlibur ke luar negeri.


Nah, jika semua hal di atas sudah dipersiapkan jangan lupa untuk menjaga kesehatan  dengan mengkonsumsi makanan sehat dan juga vitamin agar perjalanan lancar. Jangan lupa berdoa ya!

3 comments:

  1. Menyiapkan semua perlengkapan sebelum liburan mengurangi hal-hal tidak enak Selama perjalanan ya mbak. Dan yang paling penting banget adalah menjaga kesehatan baik dengan olahraga maupun mengkonsumsi makanan sehat :)

    ReplyDelete
  2. Cemilan buat di jalan jangan lupa hihihi

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar ^_^

BoBe (Blogger Bengkulu)

BoBe (Blogger Bengkulu)

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Join Now

Indonesian Food Blogger

Warung Blogger

IBX583D9D392DC6B

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger

Join Now