Thursday, 13 October 2016

4 Pertimbangan Sebelum Membeli Perumahan

Rumah merupakan kebutuhan yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kita. Selain sebagai tempat berlindung dari hujan dan panas, rumah pun untuk tempat berkumpul keluarga dan menemani tumbuh kembang anak hingga ia dewasa. Mengingat fungsi rumah yang begitu penting, memiliki rumah sendiri adalah keputusan yang tepat. Namun perlu diingat dan dipertimbangkan banyak hal sebelum memutuskan untuk membeli rumah. Kita harus memikirkan masak-masak apakah akan membeli tanah dan membangun rumah, membeli rumah orang lain, atau ikut program perumahan murah.


Khusus untuk membeli perumahan, ada beberapa kriteria yang bisa kita lihat dalam memilih perumahan yang tepat diantaranya:

1.    Pengembang

Sepakat terjang pengembang harus kita pelajari agar tidak terjadi penipuan di kemudian hari. Jangan tertipu dengan harga murah yang ditawarkan oleh developer, tanyakan reputasi pengembang dengan teman, atau mencari tahu lewat internet dll. Developer yang baik biasanya menghasilkan perumahan yang bagus pula, yang sangat penting karena rumah akan lama kita tempati.

2.    Lokasi dan Transportasi ke Perumahan

Kriteria selanjutnya yang harus kita pertimbangkan adalah lokasi perumahan. Apakah lokasinya aman? Apakah dekat dengan tempat bekerja dan pusat perbelanjaan? kita juga harus mempertimbangkan transportasi menuju tempat kerja. Apakah alat transportasi mudah ditemukan untuk memudahkan aktiftas sehari-hari. Jika tidak baiknya dipikirkan lagi untuk membeli perumahan tersebut. Perhatikan juga keamanan perumahan, baiknya memilih lingkungan yang aman demi kenyamanan keluarga.

3.    Fasilitas Perumahan yang memadai

Saat memilih perumahan untuk dibeli, fasilitas pendukung sangat penting untuk kita tanyakan kepada developer. Fasilitas pendukung yang harusnya ada disekitar/ di dekat perumahan antara lain sekolah, pasar, tempat ibadah, taman, klink/rumah sakit. Dengan lengkapnya fasilitas di dekat perumahan akan lebih memudahkan kita dalam beraktifitas. Bahkan sekarang sudah banyak perumahan yang menawarkan fasilitas lebih luas lagi seperti kolam renang, perkantoran hingga universitas.

4.    Ada Dukungan KPR dari bank

Untuk membeli perumahan butuh dana yang tak sedikit. Itu kenapa banyak orang masih bergantung pada Bank dalam membantu pembelian rumah. Jika anda berencana untuk menggunakan KPR dari Bank, perhatikan dan tanyakan secara detail apakah developer menyediakan dukungan KPR dari Bank dan bagaiamana ketentuan juga syarat pengajuannya. Biasanya Bank memberikan KPR hanya pada pengembang yang telah biasa diajak kerjasama. Namun jika Anda punya dana simpanan, akan lebih baik melunasi perumahan di awal, toh juga lebih murah hitungannya.

Semoga bermanfaat

3 comments:

  1. Pengembang ini penting banget nih, ada temen yang kena tipu gegara ini.

    ReplyDelete
  2. Saya baru baca novel tentang pengusaha perumahan. Ternyata emang banyak faktor ya mbak yg harus diperhatikan kalau mau beli rumah di perumahan..

    ReplyDelete
  3. kalo pengalaman aku gak banjir dan air tanahnya bagus mbaa penting bgt buat jd pertimbangan juga

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar ^_^

BoBe (Blogger Bengkulu)

BoBe (Blogger Bengkulu)

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Join Now

Indonesian Food Blogger

Warung Blogger

IBX583D9D392DC6B

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger

Join Now