Tuesday, 4 October 2016

Cara Mengobati Radang Tenggorokan

Mengobati radang tenggorokan memang tidak bisa sembarangan. Jika tidak berhati-hati dalam memilih obat, sakit di tenggorokan bukannya sembuh tetapi malah semakin meradang. Seperti yang pernah di alami kerabat saya, karena berpikir hanya batuk dan radang biasa, ia mengkonsumsi obat di warung tanpe berkonsultasi dengan dokter. Namun ternyata malah mengakibatkan suaranya tidak bisa keluar dan tenggorokannya sakit.

sumber gambar : carahidupsehat.com

Pengalaman lainnya pernah saya alami saat akan sidang skripsi, awalnya sih cuma batuk biasa, namun lama kelamaan batuk semakin menjadi disertai pedih di tenggorokan hingga saya kesulitan bicara. Karena sudah tak kuat dan esoknya harus sidang skripsi saya akhirnya ke dokter spesialis. Dokter menyebutkan kalau tenggorokan saya mengalami radang yang cukup parah, dan ada luka yang membuat pedih ketika menelan dan berbicara. Akhirnya dokter memberikan obat termasuk antiboitik, alhamdulillah radangnya berkurang walau butuh waktu cukup lama untuk mengembalikan suara saya agar normal kembali.

Sebenarnya jika cepat diobati sakit pada tenggorokan tak akan menjadi parah. Seringkali kita lalai dan menganggap biasa hingga radang tenggorokan malah makin menjadi. Ada beberapa obat alami yang bisa kita coba untuk mengobati radang tenggorokan diantaranya

1. Perasan Jeruk Lemon, campurkan dengan air matang hangat. Lemon kaya akan antioksidan dan mengandung astringen yang dapat meredakan dan mengobati sakit tenggorokan. Selain itu kandungan yang terdapat pada jeruk lemon bisa membasmi kuman dan membuat tenggorokan menjadi lega. Nah, ini sering saya coba jika tenggorokan mulai kering atau batuk. Lemon bisa juga diganti dengan jeruk kalamansi.

2. Sesendok Madu dan segelas air hangat. sebenarnya ini bisa dikombinasikan dengan lemon, sesuai selera saja. Madu mengandung antibakteri, antivirus dan antijamur yang bisa meredakan radang pada tenggorokan. Madu juga lembut dan bisa membuat lega tenggorokan.

3. Berkumur dengan larutan garam yang hangat pun dipercaya membantu meredakan radang tenggorokan dan menghilangkan rasa nyeri juga menyembuhkan infeksi pada tenggorokan.

4. Perbanyak minum air putih untuk memastikan tubuh tidak kekurangan cairan dan membantu tubuh melawan infeksi kuman. Minumlah air putih yang cukup, bisa diselingi dengan minum air teh, makanan berkuah, atau buah yang mengandung air.

Radang tenggorokan memang sangatlah mengganggu aktifitas apalagi yang bekerja mengandalkan suara seperti penyanyi, pembawa berita, artis dll. Jika radang semakin parah, baiknya segera berkonsultasi dengan dokter penanganan lebih lanjut.

Semoga bermanfaaat ^_^

No comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar ^_^

BoBe (Blogger Bengkulu)

BoBe (Blogger Bengkulu)

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Join Now

Indonesian Food Blogger

Warung Blogger

IBX583D9D392DC6B

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger

Join Now