Thursday, 13 October 2016

Pentingnya Infrastruktur untuk Kemajuan Negara

Kemajuan sebuah negera biasanya diikuti dengan pembangunan infrastrukturnya yang berkelanjutan. Pembangunan infrastruktur akan sangat membantu untuk mensejahterakan masyarakat yang berada di Negara tersebut. Kita bisa lihat bagaimana keseriusan pemerintah di negera-negara maju di dunia dalam membangun, memperbaiki dan merawat infrastruktur mereka hingga memberi manfaat untuk masyarakatnya juga mengundang wisatawan untuk berkunjung.



Kita bisa berkaca pada negera Jepang yang tak pernah kehabisan ide dalam membangun infrasturktur untuk memudahkan hidup rakyat seperti jalur transportasi kereta super cepat yang membuat dunia berdecak kagum.  Ada pula Uni Emirat Arab yang memiliki kualitas jalan transportasi udara yang sangat baik. Begitu pula dengan hongkos yang memiliki sarana transportasi dan komunikasi yang baik sehingga Negara ini kerap kali dikunjungi banyak orang dari seluruh penjuru dunia entah kah itu untuk berwisata, atau berinvestasi bisnis.

Lalu bagaimanakah dengan infrastruktur Indonesia? Sebagai Negara yang kaya akan tempat wisata, selayaknya Indonesia mempunya infrastruktur yang baik untuk mengundang banyak wisatawan agar mengunjungi Negara kita. Namun sayangnya pemerintah terutama pemerintah daerah seperti setengah hati dalam membangun. Banyak bangunan yang direncanakan sedemikian rupa malah terbengkalai tanpa ada kelanjutan.

Di daerah saya saja Bengkulu, entah sudah berapa banyak bangunan yang menggunakan dana fantastic, namun tak bermanfaat, ujung-ujungnya rapuh dan jadi bangunan tua nan misterius. Ada pula pembangunan yang menurut saya mubazir, bangunan yang sudah ada malah dihancurkan digantikan dengan bangunan yang baru. Seperti tugu merdeka yang dulu jadi monasnya Bengkulu, malah digantikan dengan tower Tsunami yang kini nggak terawat.

Haduh, ngenes banget. Cobalah dana sekian banyak digunakan untuk memperbaiki jalan antar daerah Bengkulu yang berlobang. Atau membangun jembatan perlintasan di daerah-daerah terpencil. Entah ya, apa karena ego pemimpin yang berganti inginnya terlihat keren dengan pembangunan yang wah. Padahal banyak hal yang lebih penting dan dibutuhkan warga. Semogalah, gubernur baru terpiih bisa menggandeng aspirasi rakyat.

saya berharap Bengkulu punya pemimpin keren kayak Kang Emil yang bisa membuat Bandung Keren juga merangkul masyarakat untuk kreatif. Duh, kagum banget deh ama Walikota Bandung itu >.<  yang lagi tenar sekarang perencanaan kang Emil untuk membuat  light rapid transportation  (LRT) dan cable car. Bahkan UNESCO menjadikan kota Bandung sebagai kota percontohan dunia, karena seimbang antara pembangunan infrastruktur dengan budaya dan kemanusiaan. Ada gerakan magrib mengaji, festival dan culinnari night. Itu kenapa ya, kayaknya warga bandung itu bahagia banget hehe..

hmm.. semoga aja kota saya bisa semakin baik lah setidaknya kayak Bandung *eh

No comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar ^_^

BoBe (Blogger Bengkulu)

BoBe (Blogger Bengkulu)

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Join Now

Indonesian Food Blogger

Warung Blogger

IBX583D9D392DC6B

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger

Join Now