Thursday, 13 October 2016

Resep Sup Ayam Telur Puyuh

“Masak apa ya hari ini?” pertanyaan ini sering kali terlontar bahkan setiap hari saya utarakan kepada suami karena bingung ingin masak apa. Ya, saya bosan dan jenuh dengan menu yang itu-itu saja. Tak jauh dari ikan-ayam yang diolah dengan cara digoreng atau di gulai. Karena sebegitu bingungnya setiap pagi saya suka duduk berlama-lama di warung sayur. Cerita dengan pemilik warung, variasi menu masakan yang belum pernah saya coba.

Kata si Ibu sebenarnya memang yang kita masak itu-itu saja, tinggal lagi bagaimana kita mengolah, mengkreasikan dan memadukannya dengan bahan yang lain. Misalnya saja olahan ayam, ayam goreng dan gulai sudah biasa, nah cobalah buat ayam bakar, atau ayam goreng tepung asam manis, sup ayam atau juga bisa dicoba dengan membuat nugget ayam. Begitu juga dengan ikan, variasikan masakan dengan membuat pindang, asam padeh, pepes, bakso ikan dll.



Nah kali ini saya mau berbagi resep menu masakan hari ini yang enak yaitu sup ayam telur puyuh. Ini untuk kesekian kalinya mencoba membuat sup ayam telur puyuh. Selama ini sering mencoba tapi selalu saja merasa ada yang kurang ketika mencicipinya, entah bumbu apa yang lupa saya tambahkan hehe…

Namun hari ini rasanya klop banget, kebetulan saya dan ubay sedang kurang fit, jadi butuh yang segar dan bisa memulihkan Tenaga. Campuran ayam dan telur puyuh yang kaya protein dipadukan beragam sayuran yang segar sangat pas untuk saya dan ubay di cuaca yang tak menentu.

Nah berikut resep  Sup Ayam Telur Puyuh

Bahan
1. 250 gram ayam dipotong kecil-kecil
2. 10 butir telur puyuh yang sudah direbus dan dikupas kulitnya
3. 2 buah kentang, kupas dan potong dadu
4. 2 buah wortel, kupas dan potong bulat-bulat
5. 1 bungkus bumbu sop (biasanya harga seribu diwarung yang ada bawang putihnya juga, ini udah lengkap ama merica juga) giling halus
6. 4 siung bawang merah, iris halus, goreng
7. 1 batang daun bawang dan daun seledri, potong kecil-kecil
8. Garam, gula, dan penyedap secukupnya

Cara membuat
1. Rebus ayam hingga empuk, lalu buang airnya, ganti airnya lagi dan rebus hingga mendidih (kalau ayamnya ayam kampong, kaldunya nggak usah dibuang)
2. Masukkan poton kentang dan wortel lalu rebus lagi hingga sayuran empuk
3. Tumis bumbu halus, lalu masukkan ke rebusan ayam dan wortel
4. Masukkan telur puyuh, garam, gula dan penyedap (optional)
5. Setelah sudah pas rasanya, masukkan irisan daun bawang, daun selederi dan bawang goreng
6. Matikan api
Selamat mencoba ^_^

1 comment:

Silahkan Berkomentar ^_^

BoBe (Blogger Bengkulu)

BoBe (Blogger Bengkulu)

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Join Now

Indonesian Food Blogger

Warung Blogger

IBX583D9D392DC6B

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger

Join Now