Thursday, 24 November 2016

Agar Masa Kehamilan Muda Tetap Sehat

Masa kehamilan memang menyenangkan, saat-saat dimana calon Ibu menjadi berbunga-bunga karena akan memiliki seorang bayi mungil yang sudah diidamkan sejak lama. Namun saat hamil muda banyak perubahan yang kadang cukup sulit untuk dilewati dan membingungkan. Perubahan bentuk tubuh umum terjadi karena hormon yang berkembang agar bayi bisa tumbuh normal dan sehat dalam kandungan.



Saya saat hamil pun mengalami masa-masa cukup sulit, hingga kandungan berumur lima bulan saya di dera mabuk berat. Setiap hari muntah berkali-kali, semua makanan yang masuk harus keluar lagi bahkan air putih sekalipun. Walau perut membesar, tubuh malah mengurus dan lemas karena kurang makan. Selain itu payudara juga terasa nyeri, sering buang air besar dan sensitive terhadap sesuatu yang berbau menyengat.

Keluhan saat hamil muda saya berkonsultasi ke bidan dan dokter kandungan untuk mengatasinya. Takut sih kalau berlangsung terus menerus bisa membahayakan janin yang saya kandung. Oleh dokter saya diberikan obat kunyah yang dikonsumsi sebelum makan agar tidak mual saat makanan masuk. Selain itu jika tidak bisa mengkonsumi makanan seperti biasanya dianjurkan untuk minum susu Ibu Hamil seperti Jenis Susu Lactamil Inisis yang cocok  untuk awal kehamilan agar gizi dan kondisi tubuh tetap terjaga.

Nah selain itu ada beberapa hal yang bisa kita lakukan agar Masa Kehamilan Muda Tetap Sehat

1. Untuk menghindari muntah dan mual, cobalah mengkonsumsi makanan dalam porsi kecil dan sering. Perbanyak minum air putih hangat untuk menghindari mual, atau bisa juga air jahe. Saya juga biasanya rutin mengkonsumsi zat besi (penambah darah) dari dokter untuk mengurangi rasa lemas juga mencegah pendarahan saat masa kehamilan dan persalinan nanti.

2. Menghindari merokok, alkohol dan kafein
Merokok dan minum minuman beralkohol bisa menyebabkan keguguran dan kelainan pada janin. Konsumsi kafein pun sebaiknya dikurangi demi kesehatan Ibu dan calon bayi.

3. Periksa ke dokter secara rutin
Walaupun kita merasa kandungan sehat-sehat saja, pemeriksaan ke bidan atau dokter kandungan tetap perlu dilakukan untuk mengetahui kondisi calon bayi. Juga kita bisa berkonsultasi mengenai kesehatan dan merencanakan proses persalinan.

4. Hindari Melakukan pekerjaan Berat. Karena hamil muda sangat rentan dan kondisi janin masih lemah, hindari melakukan pekerjaan berat. Mintalah bantuan suami jika merasa tubuh mulai lelah, perbanyak istirahat agar tubuh tetap fit.

5. Upayakan untuk selalu bahagia, kurangi pikiran negative yang bisa mendatangkan stress karena Ibu hamil rentan stress dan akan berpengaruh dengan kesehatan calon bayi Anda.
Semoga teman-teman yang sedang hamil selalu sehat dan bahagia ya ^_^

5 comments:

  1. Adikku hamil muda malah makannya gila2an. Tiap bumil beda2, ya?

    ReplyDelete
  2. Pernah mengalami waktu hamil muda. Rasanya aduhai. Saking bingungnya merangkai kata2 nih.

    ReplyDelete
  3. Ibu hamil memang nggak boleh stres. Biar janin di dalam sehat dan nggak stres juga. Hehehehe

    ReplyDelete
  4. Tips yang bermanfaat. Makasih ... :D

    ReplyDelete
  5. Wktu hamil, paling anti sama susu hamil. Padahal kan banyak manfaatnya, ya?

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar ^_^

BoBe (Blogger Bengkulu)

BoBe (Blogger Bengkulu)

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Warung Blogger

Qerja.Com

Join Now

IBX583D9D392DC6B

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger