Cara Mudah Agar Pakaian Awet dan Tahan Lama

by - 11/24/2016

Siapa sih yang tidak butuh pakaian? Pasti deh nggak ada. Pakaian sudah menjadi kebutuhan pokok manusia, selain untuk menutup aurat, pakaian juga membuat seseorang tampak rapi, gagah dan cantik. Semakin lama pakaian juga dijadikan bentuk ekspresi diri, beragam trend busana hadir untuk memuaskan keinginan penggemarnya. Banyak desainer pakaian di seluruh dunia, banyak pula kaum wanita yang gemar mengoleksi pakaian namun kadang tidak tahu merawatnya dengan benar hingga pakaian mahal menjadi rusak dan tidak bisa digunakan lagi.



Sebenarnya tidak sulit, kita hanya perlu cermat dan teliti dalam merawat pakaian agar awet dan tahan lama. Ya, pakaian yang tahan lama akan mengurangi biaya belanja akan pakaian baru. Nah berikut beberapa langkah mudah untuk merawat pakaian agar tahan lama.

Jangan Terlalu Sering Mencuci

Pakaian jia terlalu sering dicuci akan merusak serat dan warnanya. Jika pakaian hanya digunakan sebentar saja, sebaiknya tidak perlu langsung dicuci terutama yang berbahan tebal seperti jaket atau jeans. Untuk membunuh kuman gantung saja dibawah sinar matahari.

Pisahkan Pakaian Sesuai Warna Saat Mencuci

Sebelum mencuci, pisahkan pakaian yang bernoda, pakaian yang mudah luntur,  yang berwarna putih dan berwarna terang juga gelap. Untuk pakaian bernoda, bersihkan dulu noda pada pakaian sebelum digabungkan dengan pakaian lain. Dahulukan mencuci pakaian berwarna putih agar tidak terkena luntur pakaian yang lain.

Mengeringkan Pakaian Secara Alami

Nah jangan terlalu sering mengeringkan pakaian menggunakan mesin pengering karena akan merusak bahannya. Saya pernah pengalaman, pakaian dalam dikeringkan di pengering karetnya jadi rusak dan tidak bisa digunakan lagi. Baiknya keringkan di bawah sinar matahari.

Jemur dalam Keadaan Terbalik

Agar warna baju tidak memudar dan pakaian lebih awet, maka baiknya jemurlah pakaian dalam kondisi terbalik. Karena sinar matahari yang terlalu terik bisa mengurangi kualitas warna pakaian.


Gunakan Pelembut dan Pewangi Pakaian yang Tahan Lama

Jika ingin menggunakan pelembut pakaian pilihlah pelembut yang aman dan tidak merusak serat kain. Pilih juga pewangi pakaian yang tahan lama agar banu yang kita gunakan tidak mudah apek. Sekarang telah banyak pewangi pakaian yang dijual dengan harga terjangkau dangan aroma wewangian yang menyejukkan. Kita bisa memilih wewangian sesuai dengan kesukaan.

Simpan di Tempat Tertutup

Simpanlah pakaian yang sudah rapi dan wangi di dalam lemari terutup agar tidak terkena kotoran ataupun debu. Kita bisa menggunakan pewangi pakaian lemari. Atur susunan pakaian dengan digantung atau dilipat dengan rapi.

Sesuaikan Penggunaan Pakaian

Seusaikan penggunaan pakaian dengan aktifitas kita. Misalkan baju tidur untuk tidur, jangan gunakan pakaian ke luar atau yang mahal untuk tidur atau di rumah.
Semoga bermanfaat

You May Also Like

2 komentar

  1. Iya, Mbak. Dikeringkan pakai mesin bikin rusak koloran. :(

    ReplyDelete
  2. mencampur warna akaian tidak dianjurkan. apalagi pakaian kotor ringan dan pakaian kotor berat.

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar ^_^