Penyakit Jantung, Penyebab, dan Cara Mencegahnya

by - 11/04/2016




Penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang paling mematikan. Tak terhitung sudah berapa banyak orang meninggal dunia dikarenakan penyakit satu ini. Bahkan di negara Inggris, Amerika Serikat, Kanada dan Australia, penyakit jantung merupakan penyebab kematian utama (berdasarkan data WHO (World Health Organization) dan CDC.

Untuk Indonesia, penyakit jantung menjadi penyebab kematian nomor satu. Lalu kenapa seseorang bisa terserang penyakit ini dan terkadang serangannya terjadi tiba-tiba? Kakak Ibu Mertua saya pernah cerita jika ia pada awalnya hanya mengalami sakit darah tinggi, namun tak lama kemudian entah kenapa di bagian dadanya terasa nyeri, dan di diagnosa dokter mengalami sakit jantung sehingga harus di pasang Ring pada jantung yang biayanya cukup mahal. Jika ditanya apa penyebabnya rata-rata penderita penyakit jantung disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat seperti sering merokok, obesitas, stress, tekanan darah tinggi juga karena penyakit diabetes. Namun selain itu, ada juga kasus penyakit jantung karena faktor keturunan.

Penyakit jantung harus diwaspadai sejak dini karena serangannya tidak mengenal usia. Bukan hanya orang tua yang bisa terkena penyakit jantung, tetapi juga usia muda. Seperti banyak kasus yang sering kita lihat ditelevisi, secara tiba-tiba seorang artis saat sedang beraktifitas jatuh pingsan dan meninggal karena serangan jantung.

Ya, serangan jantung memang kadang tidak kita sadari. Namun efeknya bisa berbahaya, untuk itu kenali tanda umum seperti nyeri di dada, sakit di belakang bahu, sesak nafas, mudah lelah, dan kehilangan nafsu makan. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Sebelum penyakit jantung menyerang kita, perbaikilah pola hidup agar lebih sehat.

Secara perlahan kurangilah kebiasaan merokok, agar tidak menyesal kemudian. Ganti rokok dengan memakan buah atau makanan sehat lainnya. Kita juga perlu menjaga berat badan dengan tidak berlebihan mengkonsumi makanan berkoresterol tinggi agar tidak obesitas yang juga merupakan penyebab penyakit jantung.

Jantung yang sehat bisa dicapai dengan rutin berolahraga. Olahraga sangat baik untuk membuat tubuh bugar dan sehat, serta kinerja darah dalam tubuh akan lancar yang berefek pada kesehatan jantung. Lakukan olahraga ringan dan teratur seperti bersepeda, berenang, jalan santai atau berlari di pagi hari. Beristirahat juga yang cukup agar selalu segar dan tidak mudah lelah. Namun jika penyakit jantung tetap datang menyerang, jangan berputus asa. Segeralah berkonsultasi pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang terbaik.

You May Also Like

0 komentar

Silahkan Berkomentar ^_^