Monday, 7 November 2016

Resep Gulai Ayam Santan Manis

Mengolah ayam menjadi makanan favorit keluarga memang menyenangkan. Banyak ide masakan yang bisa kita buat dari ayam seolah tidak ada habisnya. Jika sudah mentok ke ayam goreng dan gulai ada baiknya kita mencari kumpulan resep makanan dari ayam agar bisa menyiapkan hidangan enak uuntuk keluarga tercinta.
Ya, internet sangat memudahkan para Ibu untuk memasak. Walaupun tidak punya ilmu memasak, dengan membuka website resep masakan, Ibu pun bisa menjadi koki handal. Seperti pengalaman saya saat baru menikah dan tidak punya ide apapun untuk dimasak, jangan memasak makanan ala resto, bumbu untuk ungkap ayam saja saya pun tak tahu. Hihi malu-maluin yah.

Tidak tahu bukan berarti tidak bisa ya, dengan hanya mengetik di kotak penelusuran kita akan menemukan aneka hidangan berbahan dasar ayam. Apapun ada, seperti soto ayam, nugget ayam, ayam goreng tepung manis, ayam balado, steak ayam, hingga bakso ayam. Dulu saya suka sekali mencoba aneka resep yang saya temukan di internet, apalagi waktu Ubay baru belajar makan hehe.. senang sekali rasanya kalau masakan yang kita masak dimakan oleh suami dan anak dengan lahap. Setuju nggak?

Salah satu olahan ayam favorite ubay adalah gulai ayam santan manis. Bumbunya sih sama aja dengan gulai santan biasanya, hanya tidak menggunakan cabe. Tapi jika anak Bunda suka makan pedas, boleh ditambahkan sedikit potongan cabe rawit.



Nah, saya coba bagi Resep Gulai Ayam Santan Manis  ya
Untuk membuatnya, kita perlu menyiapkan bahan-bahan berikut
250 gram ayam (boleh dada, paha, sayap) potong sesuai selera,
3 buah tahu ukuran sedang, potong dua
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
Bumbu Langko (4 cm Lengkuas, 3 cm Jahe, 2 cm Kunyit, 1 Tangkai serai, 1 lembar Daun Kunyit, 2 lembar Daun Salam, Daun Jeruk
Santan Kelapa 300 gram
Garam secukupnya

Cara Membuat
1.    Cuci bersih ayam, tahu, dan bumbu lainnya
2.    Haluskan bawang, lengkuas, jahe, kunyit masukkan ke dalam kuali
3.    Geprek serai, lalu masukkan juga ke dalam kuali ebserta daun kunyit, daun salam, daun jeruk dan santan kelapa
4.    Hidupkan api, kacau terus hingga kuah hampir mendidih
5.    Masukkan potongan ayam dan aduk perlahan hingga kuah santan mendidih
6.    Campurkan potongan tahu dan masak hingga matang
7.    Tambahkan garam dan cicipi
8.    Jika rasa sudah pas kecilkan api sehingga kuah santan agak mengental lalu lalu matikan

Gulai ayam santan manis siap dinikmati
Selamat mencoba ^_^

3 comments:

  1. Sipp, kayaknya nanti mau coba, tanpa daun kunyit, ga ada daun kunyit :D

    ReplyDelete
  2. Aaakkk godaan malam-malam laper jadi gampang pengen, untung udah mendekati weekend jadi kalo mau makan enak bisa pulang hihihi makasih resepnya Mba, nnti mau coba di rumah ah sama ibuk :D

    ReplyDelete
  3. terimakasih resepnya, maknyus banget

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar ^_^

BoBe (Blogger Bengkulu)

BoBe (Blogger Bengkulu)

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Warung Blogger

Qerja.Com

Join Now

IBX583D9D392DC6B

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger