Tips Mencuci dengan Mesin Cuci

by - 11/06/2016

gambar : rinso.co.id

 Mencuci sudah jadi bagian hidup ibu-ibu kayak saya. Setiap hari cucian yang bertumpuk, segunung, penuh noda, bau pesing hingga tumpahan kuah adalah teman yang tak mau meninggalkan saya. Hihii, ya iyalah ya bun, kalo nggak dicuci bisa-bisa serumah ntar nggak punya baju ganti. Tapi jangan dibawa susah, dinikmati aja karena ini jadi bagian ibadah kita sebagai istri dan Ibu, seperti kata Ustadz, jika ikhlas melakukan pekerjaan rumah tangga karena Allah, sama loh pahalanya seperti berjihad. Nah, jadi jangan nyuci sambil ngedumel yah hehee..

Sekarang sih mencuci tidak lagi seperti dulu ya, yang harus bawa pakaian seabrek ke sungai, terus disikat, terus dibalas berkali-kali dijemur berhari-hari. Sekarang kan sudah ada mesin cuci yang memudahkan para istri dan Ibu agar hemat waktu dan tenaga. Apalagi yang punya anak banyak dan bekerja di luar rumah, pasti kerepotan jika tidak di bantu dengan mesin cuci.

Kalau saya beli mesin cuci saat mulai hamil. Karena pernah punya pengalaman keguguran suami nggak mau ambil resiko. Takutnya kandungan saya lemah, dan jika terlalu banyak aktifitas berat akan berbahaya bagi si calon bayi. Tapi ya itu, saya sering jengkel karena hasil cucian mesin cuci tidak maksimal dibandingkan mencuci dengan tangan, apalagi dengan noda di kerah baju, pergelangan tangan atau ketiak tidak bisa terlalu bersih. Sehingga saya akhirnya harus mengulang dalam mencuci.

Ada yang pernah mengalami seperti saya, ada beberapa tips mencuci di mesin cuci
1.    Pilihlah detergen yang baik untuk mesin cuci, seperti rinso matik
2.    Cucian putih harus dipisahkan dengan pakaian bewarna agar tidak luntur. Jika kurang hati-hati seluruh pakaian bisa terkena warna yang luntur.
3.    Bacalah petunjuk pakaian kita, apakah boleh dimasukkan ke dalam mesin cuci atau hanya dikucek dengan tangan saja. Biasanya pakaian dalam dan bra tidak perlu masuk mesin cuci karena karetnya jadi longgar hehee..
4.    Kosongkan kantung pakaian sebelum dicuci seperti uang logam yang merusak mesin
5.    Perhatikan takaran penggunaan detergen agar pencucian lebih optimal
6.    Jangan memaksakan masuk pakaian ke dalam mesin cuci terlalu banyak karena pakaian akan jadi kurang bersih sehingga kita harus mengulang untuk mencuci.
7.    Bersihkan beberapa noda sebelum dimasukkan ke mesin cuci
8.    Segera keluarkan pakaian setelah dicuci lalu dijemur, jika tidak cuciak yang wangi bisa menjadi apek
9.    Setelah mencuci bersihkan bagian mesin cuci dengan lap agar awet dan tahan lama

Ada tips lainnya? Silahkan isi dikolom komentar ya!

You May Also Like

0 komentar

Silahkan Berkomentar ^_^