Pertimbangkan Hal ini Sebelum Membeli Pakaian Bayi

Ada banyak hal yang harus dipersiapkan menjelang kelahiran. Walaupun kita merasa sangat bahagia menunggu hadirnya sang buah hati, jangan sampai lupa untuk menyiapkan keperluan persalinan dan kebutuhan ibu dan bayi.  Selain kesiapan kesehatan fisik dan mental Ibu, perlengkapan seperti pakaian bayi baiknya dipersiapkan jauh-jauh hari agar nyaman saat melahirkan.

Bicara tentang pakaian bayi, saya punya pengalaman saat memilih pakaian bayi nih. Duh rasanya saat membeli pakaian bayi seperti sudah tidak sabar lagi berjumpa anak kita yang lucu dan menggemaskan. Saya jadi ikut membayangkan jika anak saya nanti menggunakan pakaian-pakaian lucu.

sumber gambar : babycare

Memilih pakaian bayi memang jadi salah satu hal yang menyenangkan banget ya, tapi jangan hanya melihat lucunya saja ya, kita harus mempertimbangkan kenyamanan dan kesehatan bayi saat menggunakannya. Nah, untuk bunda yang masih kebingungan memilih pakaian bayi, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan! Yuk simak

1.    Jangan membeli terlalu banyak
Nah bunda, walaupun sudah tahu si buah hati akan berjenis kelamin apa berdasarkan USG, jangan terlalu mengikuti nafsu berbelanja dengan membeli terlalu banyak pakaian. Beli secukupnya, tidak sedikit dan tidak banyak agar tidak mubazir. Pertimbangkan juga nanti si anak akan mendapatkan banyak hadiah di hari kelahirannya ^_^

2.    Ukuran baju
Tanpa disadari bayi kita tumbuh sangat cepat loh bun, jadi baiknya beli pakaian yang ukurannya lebih besar (apalagi jika bayi anda bertubuh besar) agar tidak terlalu sering menghabiskan uang untuk membeli pakaian bayi.

3.    Bahan Pakaian Bayi yang Nyaman
Kulit bayi sangat sensitif.  Telitilah mengamati bahan dan serat kain demi kenyamanan bayi kita. Tak mengapa mengeluarkan kocek lebih, tapi bayi kita bisa tetap sehat. Pengalaman saya saat Ubay bayi memang sangat sensitif kulitnya, pernah menggunakan pakaian yang tidak nyaman malah menimbulkan ruam merah di bagian leher dan lengannya. Jadi saya lebih memilih bahan katun yang halus dan lembut juga dapat menyerap keringat.

4.    Hindari terlalu banyak aksesoris pada pakaian bayi baru lahir yang bisa membahayakan seperti terlalu banyak kancing, resleting,  atau kait.

5.    Cuci dulu pakaian bayi yang baru Bunda beli sebelum digunakan. Nah ini saran dari bidan saya, untuk menghindari iritasi pada kulit bayi, cuci dengan bersih dan keringkan pakaian bayi sebelum digunakan untuk menghilangkan debu dan kuman yang kemungkinan menempel.
Semoga bermanfaat ya Bunda.

10 comments

  1. pemilihan bahan penting juga ya, che. sama ukuran biasanya cepat besar, jadi nggak dipakai lama :D

    ReplyDelete
  2. Biasanya udah dapat dari kado. :D

    ReplyDelete
  3. Paling penting memperhatikan bahan. Kan kulit bayi masih sensitif.

    ReplyDelete
  4. Aku cari yang bahan kaos. Kalau berkancing kan resiko.

    ReplyDelete
  5. Benar. Beli yang ajak kebesaran gak papa. Kan bayi tumbuhnya cepet

    ReplyDelete
  6. Duh, padahal suka mupeng kalau liat aksesoris bayi cewek. :'D

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  8. Makasih udah sharing hal yang bermanfaat mbaknya

    Salam,
    Roza.

    ReplyDelete
  9. saya pun jarang beli baju bayi dalam jumlah banyak. Karena cepat gede anaknya

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar ^_^