Friday, 13 January 2017

Ingin Liburan ke Lombok dengan Anggaran Pas-pasan? Simak 7 Tips Ini!


Momok terbesar bagi pelancong yang ingin menjelajahi Pulau Lombok adalah dana. Ya, tanpa dana yang cukup, wisatawan bisa jadi akan menemui sejumlah kendala dalam perjalanan wisatanya. Mulai dari masalah transportasi, masalah hotel di Lombok, hingga hal remeh-temeh lainnya.

Meskipun uang menjadi hal krusial yang harus diperhitungkan saat berencana melakukan perjalanan ke Lombok, bukan berarti Anda tidak bisa menjelajahinya dengan biaya murah. Dengan sedikit kecerdikan, Anda bisa memangkas sejumlah biaya dan tetap dapat menikmati keindahan alam di pulau ini.

Berikut ada beberapa tips yang bisa Anda praktikkan agar petualangan di Pulau Lombok tidak terlalu memakan biaya.

1.    Memilih Alat Transportasi yang Murah

Source: Montgomery County Planning Commission – flickr.com

Biaya perjalanan wisata Anda ke Lombok sudah dihitung sejak membeli tiket pesawat, kapal laut, atau bus. Jadi, pastikan harga tiket sebagai pembuka perjalanan wisata ini cukup terjangkau. Anda bisa bisa mencari tiket promo atau diskon yang diberikan oleh penyelenggara jasa transportasi.

Biasanya fluktuasi harga tiket transpotasi, seperti pesawat, mengikuti musim wisata. Saat banyak turis asing atau liburan panjang tiba, harga tiket bisa sangat meroket. Untuk itu, carilah waktu yang tepat untuk perjalanan Anda, seperti misalnya di masa low season. 

Anda juga bisa memanfaatkan diskon yang diberikan oleh agen-agen perjalanan, baik yang online maupun offline, untuk menekan biaya transportasi tersebut.

2.    Memilih Akomodasi yang Tepat dan Murah

source : Shantavira - flickr.com

 

Sebelum berangkat menjelajahi pulau eksotis tersebut, pastikan Anda sudah mendapatkan tempat akomodasi.  Pilihlah penginapan atau hotel di Lombok yang sesuai dengan kantong dan memiliki akses ke destinasi wisata unggulan.

Lombok termasuk kawasan wisata yang menyediakan banyak sarana akomodasi dengan harga murah dan fasilitas yang lumayan. Anda bahkan bisa menemukan penginapan dengan harga Rp100.000,00-an per malam.

Nah, untuk informasi hotel di Lombok, Anda bisa mengeceknya di sini

3.    Makan Seperti Penduduk Lokal

Source: Michael Stern - flickr.com

Namanya juga traveling dengan anggaran pas-pasan, jadi jangan berharap untuk makan di sebuah restoran mahal, Oke? Untuk menghemat anggaran, usahakan untuk selalu memanfaatkan fasilitas sarapan yang disediakan pihak hotel.

Sedangkan untuk makan siang dan malam, jangan sungkan untuk makan di warung makan tradisional milik masyarakat setempat. Makanlah selayaknya penduduk lokal makan. Selain harganya lebih bersahabat, warung-warung tersebut biasanya menawarkan cita rasa yang lebih autentik.

4.    Banyak-Banyak Jalan Kaki atau Menyewa Sepeda

Source: David McDermott - flickr.com
Destinasi wisata di Lombok—kecuali di Gili—hampir berdekatan satu sama lain. Anda bisa menjalajahi banyak tempat dengan berjalan kaki. Untuk jarak sekitar 2-3 kilometer, Anda bisa menempuhnya selama 10-30 menit.

Jika jaraknya lebih dari itu, sebaiknya gunakanlah angkutan umum atau ojek. Namun, jangan lupa untuk menanyakan tarifnya terlebih dahulu, agar nantinya tidak dikenakan harga yang tinggi.
Kalau Anda tidak suka jalan kaki, tidak ada salahnya untuk menyewa sepeda atau motor. Tidak sulit mencari tempat penyewaan kendaraan di sini. Hotel-hotel di Lombok biasanya menyediakan jasa tersebut.

5.    Jangan Sungkan untuk Berkomunikasi dengan Wisatawan Lain

Source: Chip Griffin - flickr.com
Mungkin terlihat cukup sepele, tapi dengan banyak berkomunikasi, Anda akan mendapatkan lebih banyak kemudahan saat menjelajahi Lombok.

Misalnya, ketika ada pelancong lokal dari Jakarta, bergabunglah dengan mereka. Tanyakan hal-hal sederhana seperti, di mana rumah makan atau tempat penjual oleh-oleh yang murah. Hal-hal seperti ini akan memudahkan eksplorasi Anda, karena tidak semua informasi ada di internet.

Selain info tempat murah, dengan bergabung dengan banyak pelancong, Anda juga dapat memangkas sejumlah biaya. Seperti misalnya mengajak mereka berbagi biaya sewa mobil dan mengunjungi sebuah objek wisata, atau   menyewa kapal bersama untuk melakukan island hopping di gili-gili menakjubkan yang ada di sekitar Lombok.

6.    Jaga Kondisi Tubuh agar Selalu Sehat

source : Vic - flickr.com



Saking asyik melakukan penjelajahan di Lombok, beberapa orang jadi tidak memperhatikan kesehatannya dan jatuh sakit. Dalam kondisi demikian, rencana wisata Anda tentu saja menjadi terganggu, dan Anda harus mengeluarkan biaya ekstra untuk proses perawatannya.

Jika hanya flu mungkin tidak masalah. Namun, jika sakitnya cukup parah, anggaran yang harus dikeluarkan tentunya lebih besar. Jadi, selalu jaga kesehatan, karena sehat mahal harganya.

7.    Jangan Membawa Terlalu Banyak Uang Tunai


Source: Anne Thorniley - flickr.com

Lombok adalah surga yang tidak bisa ditolak oleh siapa saja. Jadi, selalu berhati-hatilah dengan uang. Lengah sedikit, Anda bisa tidak sadar membeli ini dan itu, sehingga anggaran pun jadi membengkak.

Di kawasan Lombok, agak sulit menemukan mesin ATM, jadi bawalah uang secukupnya agar Anda tidak kesulitan nantinya. Dan agar dana Anda tetap terkontrol, ambillah uang saat benar-benar dibutuhkan atau saat keadaan darurat datang. Jangan biarkan Lombok menguras semua uang Anda.

Nah, itulah beberapa tips agar perjalanan Anda ke Lombok tidak terlalu memakan biaya. Semoga bisa dijadikan bahan pertimbangan bagi Anda yang memiliki bujet pas-pasan. Selamat berpelesir ya!

5 comments:

  1. Lombok, destinasi liburan yang pengen dikunjungi ini... 😀

    ReplyDelete
  2. Lombok, destinasi liburan yang pengen dikunjungi ini... 😀

    ReplyDelete
  3. Kayaknya harus pesan tiket jauh2 hari ya supaya anggaran nggak bengkak :)

    ReplyDelete
  4. dan harus pesan tiket jauh hari , karenanya harus fix berangkatnya agar gak sayang sdh pesan tiket, tapi ada yang bisa dituker dengan hari lain ya dengan menambha biaya???

    ReplyDelete
  5. Pengen banget bisa traveling ke sana. Sekoga ada jalannya. Makasih mba tipsnya.

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar ^_^

BoBe (Blogger Bengkulu)

BoBe (Blogger Bengkulu)

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Warung Blogger

Qerja.Com

Join Now

IBX583D9D392DC6B

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger