Sunday, 29 January 2017

Mengenal Jenis-Jenis Tang Beserta Fungsinya

Tang merupakan alat yang sangat dibutuhkan di dunia pertukangan untuk memegang benda kerja. Seiring perkembangannya, tang juga mengalami perubahan baik dari sisi bahan yang digunakan maupun aksesorisnya, seperti dilapisi bahan anti karat, permukaan karet non-slip, dan sebagainya. Anda dapat menemukan macam-macam jenis dan bentuk tang di toko jual tang terdekat di kota Anda.

Agar Anda tidak bingung dengan beragam tang yang tersedia, berikut ini jenis-jenis tang beserta fungsinya yang wajib Anda ketahui.

1.      Tang kombinasi (multi purpose plier)

Tang kombinasi memiliki ujung rahang bergerigi rapat, fungsinya untuk menjepit kawat atau kabel. Bagian tengah yang tampak renggang memiliki fungsi untuk mengunci mur. Sedangkan rahangnya yang tajam untuk memotong kabel atau kawat. Kelemahan tang kombinasi adalah jika celah antar rahang berkarat, maka tang bisa macet.

2.      Tang pengelupas kabel (crimping plier tool kit)

Untuk pekerjaan instalasi kabel listrik, tang jenis ini sangat membantu. Bagian rahangnya untuk menjepit kabel, sedangkan bagian bawah rahang yang tajam berfungsi untuk memotong kabel. Selanjutnya bagian gagang yang bergerigi berguna untuk mengelupas kabel.

3.      Tang pemotong (cutting plier)

Tang jenis ini memiliki rahang yang tajam dengan fungsi untuk memotong kawat, fiber tipis atau kabel plastik. Terbuat dari bahan besi chrome vanadium, gagang tang ini dilapisi plastik. Kelemahannya adalah tidak dapat digunakan untuk memotong bidang yang tebal atau besar.

4.      Tang cucut (long noise plier)

Dinamakan tang cucut, karena bentuknya mirip ikan cucut dengan moncong yang panjang, pipih dan seperti gergaji. Fungsinya adalah untuk menjepit kawat atau kabel. Bagian dalamnya yang tajam dapat Anda fungsikan pula untuk memotong kabel.

5.      Tang kakatua (tower pincer)

Tang kakatua termasuk jenis tang yang mudah Anda kenali di toko jual tang karena bentuknya yang mirip paruh burung kakatua. Tang ini terbuat dari baja dengan gagang yang dilapisi karet agar tidak licin saat digunakan. Fungsinya adalah untuk memotong kawat dan kabel. Kelemahannya, tang ini mudah tumpul jika digunakan untuk memotong bahan yang tebal dan keras.

6.      Tang multifungsi (multi purpose plier kit)

Sekilas jenis tang ini memang mirip dengan tang kombinasi, karena adanya rahang untuk memotong sekaligus menjepit. Bedanya, tang ini dilengkapi fungsi lainnya yaitu terdapat pisau, obeng, gergaji, pembuka tutup botol termasuk pembuka makanan kaleng. Jadi bisa dikatakan, satu tang ini memiliki banyak sekali kegunaan. Kelemahannya, bagian kelengkapan pada tang mudah patah dan kendur.

7.      Tang sudut

Dinamakan tang sudut karena ujung tang membentuk sudut dengan kemiringan 45 derajat. Fungsi tang ini adalah untuk menjepit kabel dan kawat di tempat-tempat yang sulit terjangkau. Kelemahannya, hanya cocok digunakan pada bagian yang memiliki sudut 45 derajat saja.

8.      Tang buaya (locking plier tool kit)

Seperti namanya, sekilas tang ini mirip buaya dengan moncong yang lebar, besar dan bergerigi. Fungsi rahang bergerigi adalah untuk mengunci dan melepas baut. Tang ini memudahkan, karena dapat diatur sesuai dengan ukuran baut. Kelemahannya terletak pada sekrup pengatur dan penguncinya yang terasa agak keras.

Nah, itulah jenis-jenis tang beserta fungsinya yang wajib Anda ketahui, agar Anda tidak salah memilih tang ketika ingin membelinya di toko jual tang. Semoga bermanfaat!

5 comments:

  1. Waduh, teryata banyak juga ya jenis tangnya mba Ria :)

    ReplyDelete
  2. Aku gak tau nama tang yang biasa buat aksesoris. :o Bilangnya ya tang buat aksesoris. :'D Mungkin Cutting Plier ya?

    ReplyDelete
  3. Ternyata nama tang ada macam-macam.

    ReplyDelete
  4. Satu2nya tang di rumah ya yang biasanya buat pertukangan gitu

    ReplyDelete
  5. tang yang biasa dipakai yang paling atas. lainnya ga ngerti hehe

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar ^_^

BoBe (Blogger Bengkulu)

BoBe (Blogger Bengkulu)

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Warung Blogger

Qerja.Com

Join Now

IBX583D9D392DC6B

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger