Kenali Gejala Diabetes dan Cara Mencegahnya


Diabetes merupakan penyakit yang cukup berbahaya dan perlu diwaspadai. Penyakit yang diakibatkan oleh kadar gula darah yang tinggi ini sering disebut sebagai kencing manis. Sebenarnya diabetes bukanlah penyakit dadakan yang datang tiba-tiba, diabetes adalah penyakit jangka panjang yang kebanyakan diakibatkan oleh pola makan dan pola hidup tidak sehat. Resiko penyakit ini semakin tinggi apabila penderita merupakan keturunan penderita diabetes sebelumnya.

Saya beberapa kali mendapati keluarga yang divonis diabetes dan harus menjalani perawatan dan pengobatan yang cukup rumit agar bisa sembuh. Paman saya contohnya, ia awalnya mempunyai berat badan di atas normal. Hingga ia harus diet sehat untuk mengobati diabetesnya. Saya ingat sekali bagaimana ia harus membatasi konsumsi nasi dan gula. Memang sih untuk ukuran laki-laki yang biasa makan nasi bertambuh-tambuh sekarang harus makan nasi ukuran satu gelas saja sekali makan itu sangat menyiksa. Namun berkat ketekunannya menjaga pola makan diiringi dengan olahraga teratur, gula darahnya berangsur normal walau hingga kini dia tetap harus menjaga makanan yang dikonsumsinya.

Tidak ingin mengalami diabetes, saya pun rutin mengecek gula darah dengan adik ibu yang bekerja di dinas kesehatan. Alhamdulillah kadar gula saat ini masih normal. Namun tetap harus waspada dan menjaga pola makan agar tidak terkena penyakit diabetes.

Gejala diabetes itu apa sih? 

sumber gambar : pakardiabetes
Biar nggak bingung gejala diabetes itu apa sih, berikut ada sedikit informasi mengenai beberapa gejala diabetes yang harus kita waspadai. Jikalau beberapa gejala ini mungkin saja terjadi pada kita ada baiknya memeriksakan kadar gula darah ke klinik atau dokter untuk mendapatkan penanganan selanjutnya.

1.    Sering buang air kecil

Penderita diabetes biasanya buang air kecil terlalu sering. Hal ini diakibatkan oleh kadar glukosa yang tinggi dalam darah membuat tubuh menarik air dari sel ke darah. Kelebihan cairan ini dikeluarkan dalam bentuk urin yang membuat frekuensi air kecil pun meningkat.

2.    Sering merasa lapar dan haus

Awal gejala diabetes sering ditandai dengan rasa lapar dan haus yang berlebihan. Rasa lapar disebabkan karena tubuh merubah makanan menjadi kadar gula dalam darah dalam waktu yang sangat cepat. Sementara tubuh tidak memiliki insulin atau sel pada tubuh tidak mampu menerima insulin yang dihasilkan pankreas sehingga perut akan terasa lapar. Sedangkan rasa haus disebabkan reaksi tubuh  agar tidak dehidrasi karena sering buang air kecil.

3.    Turunnya berat badan secara drastis

Penurunan berat badan disebabkan karena tubuh tidak mendapatkan energi dari makanan yang sudah masuk ke dalam tubuh. Akibatnya lemak akan dibecah untuk dimanfaatkan sebagai sumber energi sehingga berat badan turun secara tiba-tiba.

4.    Tubuh sangat lelah

Ketika tubuh gagal mengolah glukosa menjadi energi, maka pasien akan terasa lesu dan menjadi mudah lelah.

Karena penyakit ini merupakan penyakit kronis yang tidak bisa disembuhkan dan bisa menyerang siapa saja bahkan anak muda terutama yang suka mengkonsumsi makanan manis atau memiliki berat badan berlebih kita perlu mencegahnya dengan mengkonsumi makanan sehat, mengurangi asupan gula dan makanan berlemak, bergerak lebih aktif dan menjaga berat badan.

8 comments

  1. Bener mba, salah satu tanda diabetes adlah lama sembuhnya sebuah luka. Orang tua temen saya ada sampai kakinya harus di amputasi gara2nya terkena paku sampai lukanya menjalar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. duh kasian banget ya kalo sudah seperti itu...
      semoga kita terhindar dari diabetes ya

      Delete
  2. serem sama penyakit satu ini, makanya aku jaga bgt asupan gula untuk kluarga untuk mencegah penyakit diabetes ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, aku juga serem
      ni dah punya anak jadi makin hati2 biar keluarga sehat

      Delete
  3. Betul Mba, meskipun masih muda kita tetep harus berjaga. Selain gula, anak muda juga rentan terkena kolesterol, akibat pola makan dan pilihan makanan yang tidak sehat ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya seringnya penyakit itu memang berawal dari konsumsi makanan yang nggak sehat
      mumpung masih muda harus jaga makanan dan pola hidup sehat

      Delete
  4. diabetes ii kalau dibiarin bisa bahaya yah makanya harus jaga kesehatan sedari dini

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar ^_^