Resep Telur Bumbu Kecap

by - 3/27/2017

Assalammualaikum wr.wrb
Hai semua masak apa hari ini?
Saya dan Ubay lagi sakit, batuk pilek dah beberapa hari nggak kunjung sembuh. Nafsu makan Ubay pun menurun drastis, jadi bingung mau masakin apa. Pengennya yang simple karena saya pengen banyak istirahat biar pulih. Berabe banget lagi LDRan sama suami sakit begini hiks...



Telur Bumbu Kecap jadi pilihan menu masakan hari ini. Buat nya simple dan nggak lama kok. Rasanya juga enak, jadi pilihan kalau bosan mengolah telur jadi sambal goreng atau telur ceplok hehe... Biasanya anak-anak suka karena rasanya mirip-mirip sama semur. Teman-teman bisa menambahkan kentang, tahu  atau tempe. Pokoke sesuai selera. Berhubung tempe goreng yang saya goreng semalam nggak habis, jadi sekalian saja dicemplungin dalam telur bumbu kecap.

Nah yang ingin mencoba di rumah. Ini resep Telur Bumbu Kecap

Bahan-Bahan
5 Butir Telur Ayam
1 lembar daun salam
1 ruang jari lengkuas
4 sdm kecap manis
1 sdt kecap asin
1 sdt gula palem
garam secukupunya
minyak goreng secukupnya
bawang goreng secukupnya

Bumbu Halus
2 siung bawang putih
4 siung bawang merah
1 butir kemiri
1 ruas jahe
1/2 sdt merica
1/2 sdt ketumbar
1/4 sdt jintan

Cara Membuat
1. Rebus telur hingga matang, kupas kuitnya lalu sisihkan. Telur bisa digoreng sebentar atau tidak digoreng
2. Panaskan minyak diwajan lalu tumis bumbu halus
3. Masukkan lengkuas yang yang sudah dimemarkan dan daun salam. Tumis hingga wangi
4. Masukkan telur dan aduk
5. Tambahkan kecap manis, kecap asin, gula palem, garam dan 1 gelas air. Aduk rata dan masak hingga kuah mengental. Tes rasa, jika kurang bisa tambahkan garam sesuai selera
6. Setelah dirasa kuah cukup kental, matikan kompor dan taburkan dengan bawang goreng



Selamat mencoba ^_^



You May Also Like

8 komentar

  1. Wah mantap nih resep untuk dicoba . .

    ReplyDelete
  2. Ini dua anak saya juga pasti suka mb, bahan-bahannya ada semua besok tinggal eksekusi ahk resepnya

    ReplyDelete
  3. Resep yang praktis, Anak kos pasti bisa.

    ReplyDelete
  4. buat anak-anak pas banget nih makan siang pakai ini ya Ria. kangeeeeeen lama ga bw

    ReplyDelete
  5. Oalaahhh bumbunya sama kayak ayam kecap ini.. Tp kalo aku biasanya dibikin agak pedes mba :D. Jd pengen sesekali diganti telur gini :D

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar ^_^