Thursday, 20 April 2017

Pentingnya Stimulasi Otak Anak 1-3 Tahun

Hari-hari seorang ibu bisa kita ibaratkan seperti pelangi. Indah setelah menanti hujan reda. Melihat perkembangan si kecil yang mencengangkan tak jarang kita menjadi haru biru dan dipenuhi rasa syukur. Kadang pula kita diliputi perasaan sedih karena si kecil tidak menunjukkan perubahan yang kita harapkan. Walaupun kita semua tahu setiap anak itu unik, ada yang cepat dan ada yang lambat perkembangannya, kadang ya omongan orang-orang disekitar sering meninggalkan rasa tak sabaran dihati kita.

Pernah nggak sih ngerasain bunda? Waktu anak seumuran si kecil sudah bisa berjalan, anak kita masih tertatih-tatih untuk menopang tubuhnya. Atau saat anak orang lain bicara sudah ceplas ceplos, lucu dan menggemaskan, si kecil kita masih terus berusaha mengucapkan kata dengan benar. Lalu haruskah kita kecewa?

saya berharap sih tidak. Yuk menata hati kita untuk menerima si kecil apa adanya. Nasihat yang baik dari orang lain kita ambil dan kita usahakan untuk diterapkan agar perkembangan anak kita normal. Namun omongan yang membuat  kita tak bersyukur hayok dibuang jauh-jauh.

Bersyukur bukan berarti menyerah ya. Sebagai seorang Ibu pun saya selalu berusaha agar bisa menstimulasi anak untuk perkembangannya. Ubay anak saya termasuk lambat dalam hal berbicara dibandingkan teman usianya. Ia cerewet sih, tapi kalau bicara suka ingin cepat dan sembarangan. Jika kita minta untuk perlahan dan mengulang ia suka marah ke saya karena dianggap tidak mengerti apa yang ia inginkan. Kudu ekstra sabar menghadapinya. Banyak masukan dari teman-teman untuk mengajarkan ia kosa kata setiap harinya berulang-ulang secara perlahan, atau memintanya melihat wajah dan cara saya berbicara. Semuanya saya tampung selama itu baik. Saya yakin perlahan Ubay akan bisa berbicara lancar seperti teman-temannya.

Pentingnya Stimulasi Otak Anak 1-3 Tahun



 
Normalnya, tiga tahun pertama si kecil terjadi pertumbuhan dan perkembangan pesat termasuk pada sel otaknya. Pada usia tiga tahun otak si Kecil akan berkembang secara pesat dan memproduksi milyaran sel otak dan koneksi antar sel-sel otak, melalui sinapsis otak. Sel otak membutuhkan koneksi seperti jalan tol yang diterima melalui stimulus dan semakin kuat jika sering dilatih. Semakin banyak koneksi maka akan semakin cepat proses pembelajarannya.

Untuk mendukung perkembangan sel otaknya kita perlu melakukan stimulasi. Kegiatan sederahana seperti mengajaknya berbicara, bernyanyi bersama, membacakan cerita bergambar, hingga bermain peran akan sangat membantu menstimulasi perkembangan otak mereka. Hubungan ibu dan anak pun akan semakin erat jika kita sering menemaninya bermain dan belajar.

Selain itu kita juga perlu sabar menjawab rentetan pertanyaan mengapa yang diajukan si kecil. Karena dari jawaban-jawaban kitalah mereka akan belajar mengenai sesuatu. Pertanyaan “mengapa” membuktikan bahwa mereka sedang mencari tahu dan mencoba belajar sesuatu. Rasa ingin tahu nya yang besar akan sangat baik kita arahkan untuk memberikan pembelajaran positif yang akan ia ingat hingga besar kelak. Kita bahkan akan tercengang  melihat si Kecil dapat menyerap dan belajar hal-hal baru dengan sangat cepat.

Stimulasi yang sering kita lakukan akan semakin baik jika ditunjang denan pemilihan nutrisi yang tepat untuk anak sesuai dengan usianya, dan tidur juga istirahat yang cukup. Untuk melengkapi nutrisinya Bunda bisa memberikan Nestle NAN kid pHPro 3 yang mengandung protein whey terhidrolisis parsial berkualitas tinggi sehingga mudah dicerna dan membantu pembentukan otot si Kecil. Selain itu juga mengandung Kalsium, yang berperan dalam pembentukan dan mempertahankan kepadatan tulang dan gigi. Kandungan asam lemak esensial LA dan ALA, 12 vitamin dan 9 mineral serta probiotik Bifidobacterium lactis melengkapi manfaat NAN kid pHPro 3 untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan si Kecil.

Semoga si kecil sehat selalu ya!

3 comments:

  1. Anak ku dulu jg pake nan waktu masih kecil... Dan alhamdulillah skrg gede nya jd anak cerdas

    ReplyDelete
  2. Anak itu unik, perkembangannya nggak boleh dibandingkan dengan anak lain.

    ReplyDelete
  3. Mba blognya bagus banget kalau dikasih gambar, saya adi penasaran sama Nan ini seprti apa

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar ^_^

BoBe (Blogger Bengkulu)

BoBe (Blogger Bengkulu)

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Warung Blogger

Qerja.Com

Join Now

IBX583D9D392DC6B

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger