Wednesday, 10 May 2017

3 Langkah Online Marketing Strategi Untuk UKM ala Yodhia Antariksa



Baca tulisan sebelumnya Pelatihan Peningkatan Capacity Building Bagi KUMKM
 
Setelah acara pembukaan peserta Pelatihan Peningkatan Capacity Building Bagi KUMKM mendapatkan kesempatan berbagi ilmu dengan Yodhia Antariksa. Beliau merupakan Konsultan Manajemen tamatan Texas. Pernah terpilih menjadi Blogger Bisnis Terbaik Se-Indonesia dan sering tambil di televesi seperti Net TV dan Metro TV. Awalnya saya kira Pak Yodhia ini tipe orang serius jika dilihat dari gayanya selama acara pembukaan berlangsung. Namun ternyata dia suka melucu yang membuat peserta tertawa terbahak-bahak selama materi berlangsung. Saya beruntung bisa hadir dalam acara langka ini. ^_^


BTW Ada beberapa langkah strategis yang disampaikan oleh Yodhia terkait dengan Pemasaran Produk berbasis Online Marketing. Semuanya terangkum dalam 3 langkah menghasilkan Omzet dan Profit bagi UKM


1.    Membangun Profile Online dengan Konten yang Solid

Mendaftar di Media Sosial
Setelah mempunyai produk sendiri yang perlu dilakukan oleh pelaku UKM adalah mendaftar di sosial media untuk menjual produk usaha. Hal ini penting dilakukan mengingat media sosial bisa menjangkau banyak orang dan merupakan sarana promosi yang sangat murah dan mudah.  Kita bisa mendaftar melalui Blog, Facebook ataupun instagram. Untuk pemula Pak Yodhia menyarankan untuk mencoba Facebook terelebih dahulu.

Mengisi akun dengan Artikel dan Tips yang Menarik juga Relevan
Hindari langsung mempromosikan produk lalu meninggalkannya. Isi akun kita dengan tips dan artikel sesuai produk yang kita jual. Misalkan Tips Kesehatan untuk penjual obat herbal, tips fashion untuk penjual baju, tips perawatan gadget untuk penjual Handphone. Lakukan update secara rutin minimal 2 kali sehari. Sharing tips dan artikel yang menarik seputar produk yang kita jual bisa menciptakan reputasi bisnis.

TERKENAL jadi MUDAH jualan. Ya, dikenal banyak orang dengan tips dan informasi yang bermanfaat itu akan memudahkan kita untuk menjual produk sehingga produk yang kita promosikan lebih mudah diterima dan dipercaya pembaca

2.    Promosikan Akun Anda dan Bangun Prospek


source : sarungpreneur
Untuk mempromosikan akun kita dan membangun prospek sebenarnya sangat mudah. Menurut Pak yodhia sih semudah pencet teman. Apalagi di facebook, tinggal pencet teman yang kita mau. Semakin banyak teman maka semakin banyak pula calon pembeli kita. semakin bayak follower maka prospek bisnis akan semakin bagus. Kita perlu belajar dari salah satu perempuan cantik yang sukses mempromosikan produknya Batik Trusmi yaitu Sally Giovanni. Kesuksesannya dimulai dengan mempromosikan produk melalui media sosial.

Nah ada beberapa tips untuk memperbanyak teman atau follower
-    Cari grup yang isinya relevan dengan produk jualan kita
-    Friend/ follow orang-orang yang menjadi anggota grup tersebut
-    Isi akun kita dengan sharing info yang bermanfaat
Jika kita rutin menambah teman dan follower setiap harinya, dikemudian hari prospek bisnis kita akan semakin bagus dan dikenal banyak orang.

3.    Jual atau Promosikan Produk yang Relevan (demi mendapat profit)

Setelah membangun konten dan follower barulah kita bisa menjual produk yang relevan untuk mendapatkan profit. Jangan suka berpindah-pindah jenis usaha, tekuni saja yang menjadi hobi kita.

Pak Yodhia mengakhiri materinya dengan memotivasi peserta untuk rajin beribadah. Setiap selesai sholat subuh bangunlah ekspektasi positif terhadap diri sendiri, keluarga dan usaha. Tumbuhkan rasa syukur, semakin sering bersyukur hidup kita akan semakin makmur. Menurut penelitian orang yang sering bersyukur otaknya akan mengembang dan mudah menerima ilmu baru, sedangkan orang yang suka mengeluh otaknya akan nyungsep. Hehee...

Jadi, semoga teman-teman yang baru memulai usaha dan mengembangkan usaha terus semangat dan bersyukur. insyaAllah suatu saat kesuksesan itu akan menghampiri.

Terimakasih Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bengkulu yang telah menghadirkan pemateri super Kece Pak Yodhia Antariksa.

Semoga Bermanfaat

9 comments:

  1. Mempromosikan akun medsos menurutku wajib banget di jaman serba medsos seperti skarang, mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya orang2 juga sekarang banyak belanja online yang mba lid
      jadi rugi kalo usaha ga manfaatin teknologi

      Delete
  2. Motivasinya itu loh yang ngena banget . .

    ReplyDelete
  3. Menarik sekali. Beruntung bisa ikut acara ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak ara, sayangnya cuma sebentar acaranya

      Delete

Silahkan Berkomentar ^_^

BoBe (Blogger Bengkulu)

BoBe (Blogger Bengkulu)

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Warung Blogger

Qerja.Com

Join Now

IBX583D9D392DC6B

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger