Keseruan Kopdar Blogger Bengkulu dengan Diskop UKM dan Media Center

by - 5/02/2017

credit : Prio RB TV

Allhamdulillah, 30 April 2017 yang lalu Komunitas Blogger Bengkulu (BoBe) kembali mengadakan kopi darat yang ke 9. KopDar kali ini terasa sangat berbeda, berkesan dan lebih seru dari biasanya karena difasilitasi oleh Diskop UKM Bengkulu dan Media Center Provinsi Bengkulu. 

Bertempat di Media Center Provinsi Bengkulu tepatnya di lantai 2, Kopdar Bobe dibuka dengan kata sambutan dari Ketua Blogger Bengkulu Mbak Mildaini, beliau yang dikenal sebagai emaknya Bobe ini secara singkat menceritakan tentang kegiatan BoBe yang salah satunya selalu mendukung Bengkulu dalam bentuk tulisan. Kami punya agenda rutin #nulisserempak yang mengangkat tema tentang Bengkulu.

“Kita ada kegiatan online dan offline, dimana pada kegiatan online kita aktif di media sosial seperti face book dan Whats Upps, kita akan berhenti jika dalam suatu komunitas diam saja, tak ada kegiatan yang mendukung Program pemerintah ,” kata Ketua Komunitas Blooger Bengkulu, Mildaini.

Hadir pula pada acara kopdar Pak Rizal Mustary Tim Ahli Media Center Pemda Provinsi Bengkulu. Menurut Pak Rizal, dalam blogger ini bukan hanya menulis saja, namun lebih dari itu, semua informasi kelompok blogger ini, dapat melahirkan informasi yang muncul di dunia maya, dengan menyeleksi  serta mendistribusikan konten informasi yang ada di media masa. Yang mereka temui setiap hari, dari belahan dunia lain.

Pak Rizal. Credit : Komi Kendy

Dirinya menilai pertemuan seperti ini  awal yang baik, diharapkan nantinya komunitas Blogger ini dapat menjadi dutanya Bengkulu  dalam mempromosikan Bengkulu di bidangnya. Apalagi Pemda Provinsi Bengkulu sekarang memiliki program prioritas, yang sangat membutuhkan daya promosi di semua lini, di media digital seperti blogging ini. Pihaknya, akan terus menjembatani  kegiatan ini agar lebih baik lagi, terutama di bidang media digital ini.

Kepala Dinas UKM Provinsi Bengkulu juga Yuliswani mengungkapkan kebahagiaannya karena pertemuan  ini bertujuan agar Pemerintah Bengkulu dapat berseinergi dengan seluruh lapisan masyarakat Bengkulu, untuk bersama-sama memajukan  perekonomian Bengkulu ini, dengan hal-hal yang positif melalui media sosial.



Pemberian Parcel secara Simbolis dari Ibu Yuliswani pada Blogger Bengkulu. credit : Komi Kendy

“Kita harapkan, Bengkulu ini dikenal karena keanekaragaman budaya serta masyarakatnya yang baik-baik. Dengan teman-teman blogger ini, dapat mengenalkan Bengkulu ini ke seluruh dunia dengan hal –hal positif, sehingga orang akan tertarik berkunjung ke Bengkulu ini,” begitu kata ibu Yuliswani.

Kopdar BoBe bertambah seru karena kami bisa bertemu langsung dengan Pemilik UKM di provinsi bengkulu yang sengaja datang jauh-jauh untuk bertemu Blogger Bengkulu.

Snack Kopdar. credit : Komi

Tak lupa pula kami ikut menikmati berbagai sajian oleh-oleh khas Bengkulu yang enak dan unik seperti kerupuk gurita dari kaur, kue bay tat, pisang salai, emping enggano, kerupuk punai hingga kopi luak liar yang harganya jutaan. Jadi memang kami hanya menyicipnya sidikit saja hihi...
Rasanya luar biasa CAMKOHA

Kopi Luwak Liar
 
Beberapa teman UKM menceritakan produk mereka dan harapan agar UKM di Bengkulu lebih maju dengan bantuan Blogger Bengkulu setidaknya membuat produk ini go digital. Mereka mengakui di usia yang tak lagi muda, memang agak kesulitan memasarkan secara online.

credit : Dikop & UKM Bengkulu

Saya menyadari pentingnya pemasaran online agar bisa diterima dan dikosumsi oleh masyarakat luas. Seperti produknya Pak Suparmanto Sari Aren Rejang Lebong yang memproduksi Gula Aren Semut dan bisa digunakan untuk berbagai jenis makanan dan minuman.


Ada juga Mas Yogi dari UKM Bengkulu Bedagang yang mempunyai banyak produk khas Bengkulu seperti Sari Jahe Merah yang ternyata sudah sampai ke Kute Bali, Minyak Kelapa Murni (virgin coconut oil), minuman pria (mas teja), Pak Hendri dengan Kripik pisang enggano dan Sambal Cengeh hingga Jeruk Kalamansi milik Ibu Gusti yang memang sangat terkenal dari Bengkulu dan pernah mendapatkan penghargaan UKM Pangan Award 2016.

credit : komi Kendy


Masih banyak lagi sebenarnya oleh-oleh khas Bengkulu. Semoga Blogger Bengkulu bisa besinergi dengan UKM dan Pemerintah untuk memajukan Provinsi Bengkulu. aamiin..

credit : Diskop & UKM Bengkulu

Mengakhiri pertemuan, Blogger Bengkulu mengadakan workshop mengenai utak atik blog dan utak atik domain yang diisi oleh mbak Ria Kurniasih (Mbak Gia), saya tidak bisa mengikuti workshop sampai selesai karena ada insiden salah satu peserta pingsan. Alhamdulillah bisa sehat saat acara berakhir.

Semoga teman-teman Blogger Bengkulu lebih bersemangat ngeblog dan mempromosikan provinsi tercinta agar lebih dikenal di mata maysrakat Indonesia dan Dunia. ^_^

credit : Diskop & UKM Bengkulu


You May Also Like

18 komentar

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak apura seruu,
      kopi luwaknya lumayanlah bisa icip2 sedikit hihii
      maklum harganya jutaan cuy

      Delete
  2. wohaaa...seru banget hanya bisa melihat keseruan kalian lewat tulisan, hihikkk...semoga bisa kopdar berikutnya. siapa yang pingsan ria?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak yurma sayang banget lo ga ikut.
      itu yessy adiknya mas ben

      Delete
  3. Alhamdulillah ikutan seneng mbak bacanya. Blogging nggak cuma buat diri sendiri tapi ikut membangun masyarakat juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul, harapannya kedepan blogger bengkulu bisa meluaskan nama bengkulu hingga dikenal banyak orang

      Delete
  4. baca cerita ini tuh bukin aku makin senang bisa gabung di bobe, aku harus ikuan next kopdar

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah, iya donk harus ikut lagi
      rencanany bulan depan di deperindag

      Delete
  5. wah keseruan ayng bikin nambah ilmu ya, mantap

    ReplyDelete
  6. Seru dan asyiik dah kopdar bobe neh,, Mantap jiwa mbak :D

    ReplyDelete
  7. Gokil, ini seru banget Andai aku ada di salah satu peserta kopdar, pasti akan seru banget. Aku sendiri juga pengen bisa kumpul gitu. Semoga dilain kesempatan bisa berkumpul dengan teman-teman blogger :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. btw andi ada dimana?
      memang seru dan bisa nambah ilmu klau kita gabung dalam komunitas
      gabung aja dgn komunitas blogger dikotamu

      Delete
  8. wah sayang banget kopi luaknya gak bisa direwind yah, secara kalo mao beli harganya kan lumayan hehe

    ReplyDelete
  9. komunitas blogger Bengkulu banyak juga ya mbak, seru bisa kumpul bareng temen-temen

    ReplyDelete
  10. Aaaaa seru banget Kak, iri baca update-an temen-temen Bobe rasanya huhu, semoga yang bulan ini bisa ikutan.

    ReplyDelete
  11. Jarang bisa pulang, sesekali pulang bisa kopdar sama temen-temen Bobe. Seneeeng! :)

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar ^_^