Tuesday, 9 May 2017

Ketahui Jenis dan Harga Speaker Mobil Sebelum Membeli

Kendaraan pribadi seolah sudah menjadi kebutuhan setiap orang di jaman modern seperti sekarang ini. Mengingat jalanan yang selalu macet, transportasi umum yang belum memadai serta tuntutan untuk selalu cepat dalam bertindak membuat sebagian orang memutuskan untuk memiliki kendaraan pribadi karena dinilai lebih efektif untuk mengejar waktu. Salah satu kendaraan yang banyak dipilih adalah mobil. Bagi pengguna, kendaraan seringkali menjadi ajang kreasi dengan melakukan modifikasi di beberapa bagian dan juga menambah aksesoris seperti speaker mobil. Harga speaker mobil serta aksesoris lain beragam mulai dari yang murah hingga yang mahal pun tersedia.

Mobil menjadi pilihan karena bisa melindungi pengendara dari panas maupun hujan, serta bisa dikendarai lebih banyak orang sehingga dirasa lebih efisien. Selain itu mengendarai mobil juga bisa menaikkan gengsi pengendara. Itulah mengapa kini aksesoris mobil laris manis di pasaran. Salah satu yang sedang digandrungi adalah speaker mobil. Untuk memilih speaker mobil yang tepat, ternyata diperlukan pengetahuan dasar agar Anda tidak salah dalam memilih nantinya. Untuk itu berikut ini ulasan tentang speaker mobil.

Pada dasarnya terdapat dua kategori yang bisa digunakan untuk membangun sistem audio dalam mobil yaitu jenis Coaxial dan Full Range Speaker. Masing-masing speaker ini memiliki lebih dari satu komponen driver sehingga mampu menghasilkan berbagai macam frekuensi audio:
 

1.    Speaker mobil Coaxial

Awalnya speaker ini mulai diperkenalkan sekitar tahun 70an. Dalam satu driver speaker coaxial ini, bisa berisi beberapa jenis speaker. Jenis drivenya hampir sama yang bisa ditemukan dalam komponen utama. Speaker coaxial dirancang untuk kemudahan dalam proses instalasi serta penghematan biaya. Karena terdiri dari beberapa driver dalam satu kesatuan, maka speaker ini bisa menghadirkan bermacam suara. Umumnya konfigurasi yang digunakan yaitu woofer dan tweeter dan dipasang ke dalam satu woofer. Namun ada juga speaker jenis Coaxial yang memakai woofer, mid range dan tweeter sehingga lebih dikenal dengan speaker oval.

Kini sistem audio pada mobil OEM menggunakan speaker yang lengkap. Untuk Anda yang ingin mendapatkan speaker ini, maka bisa langsung mengunjungi toko aksesoris mobil di kota Anda. Untuk ukuran ideal speaker adalah sekitar 6 inch. Berbagai desain serta merk telah tersedia sehingga bisa menyesuaikan dengan desain mobil dan juga kualitas yang Anda inginkan. Harga speaker mobil terbaik Coaxial dibanderol mulai dari ratusan ribu rupiah.

2.    Speaker mobil Split

Speaker Split memiliki kualitas suara yang lebih baik daripada speaker Coaxial karena komponen yang digunakan lebih banyak dan sistem penginstalan juga lebih kompleks. Kebanyakan audio sistem pada mobil saat ini memakai speaker jenis ini. Speaker mobil Split diklaim mampu memberikan suara vokal dan staging yang lebih mudah dihadirkan lantaran pasif crossover yang bisa di-custom. Untuk nada tinggi pada tweeter, posisinya bisa diletakkan menghadap ke pendengar sehingga suara yang tercipta dapat lebih fokus. Berbeda dengan speaker Coaxial yang dalam satu drive bisa terdiri dari bermacam komponen, speaker Split ini tiap komponennya seperti tweeter dan midrange dibuat secara terpisah. Tak heran jika speaker Split ini berharga lebih mahal hingga kisaran jutaan rupiah.

Itulah sedikit ulasan terkait jenis dan juga harga speaker mobil. Pastikan Anda cek harga pasaran terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli speaker yang Anda inginkan dan dapatkan speaker berkualitas di toko yang terpercaya.

6 comments:

  1. Audio system kayak speaker ini aksesoris mobil yang patut diperhitungkan kalau mau variasi

    ReplyDelete
  2. wah mau juga dunk pasang di mobil saya, sayang mobilnya masih blum diantar antar juga hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga nanti kita segera dimudahkan punya mobil prio :D

      Delete
  3. mantep ini referensinya.. speaker di mobil mulai gember suaranya.. ajukan proposal dulu ke suami.. :D :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo pak suami kabulkan proposal mbak komi hehee

      Delete

Silahkan Berkomentar ^_^

BoBe (Blogger Bengkulu)

BoBe (Blogger Bengkulu)

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Warung Blogger

Qerja.Com

Join Now

IBX583D9D392DC6B

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger