Wednesday, 10 May 2017

Pelatihan Peningkatan Capacity Building KUMKM


Minggu, 9 Mei 2017 bertempat di Hotel Raffles City Bengkulu Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bengkulu mengadakan Pembukaan Pelatihan dalam Rangka Peningkatan Capacity Building Bagi UKM. Pelatihan yang dilaksanakan selama dua hari ini terbagi menjadi tiga jenis yaitu Bimtek Fasilitasi Pengembangan Jaringan Produk Usaha Koperasi Berbasis IT, Diklat Manajemen Kelembagaan dan Usaha Bagi UKM serta Diklat Teknis Perikanan bagi KUMKM Se Provinsi Bengkulu.

Kadis KopUMKM - Yusliani

Pembukaan yang dimulai pukul 9 pagi itu dihadiri oleh peserta yang merupakan pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM), pengurus dan anggota koperasi juga para nelayan yang datang dari 10 Kabupaten Kota Bengkulu. Dalam sambutannya Kadis KopUMKM Provinsi Bengkulu Yuliswani menyebutkan tujuan  dari pelatihan ini adalah untuk memberikan motivasi usaha kepada UMKM dan memberikan pengetahuan mengenai pengelolaan keuangan bagi KUMKM. Hal ini sejalan dengan program prioritas Provinsi Bengkulu yaitu untuk mengentaskan kemiskinan. Kadis KopUMKM berharap agar produk khas Bengkulu punya daya saing hingga bisa dikenal secara luas baik nasional maupun internasional.

Kata sambutan kedua disampaikan oleh Deputi Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Kementerian Koperasi Usaha Kecil Menengah (KemenKopUKM) RI Prakoso BS. Beliau mengatakan, bahwa pihaknya saat ini terus melakukan penguatan sektor UMKM, dengan melakukan pendampingan dan pelatihan melalui dinas teknis di daerah serta pemberian bantuan permodalan.
Pak Prakoso juga memotivasi para peserta dengan menceritakan pengalamannya selama merintis usaha. Ia sudah mulai berbisnis sejak tahun 80an dan selama 3 tahun pertama selalu mengalami kerugian. Namun Pak Prakoso tidak pantang menyerah, usaha yang ia rintis dari bawah dan ditangani sendiri bersama istrinya sebagai Manager Keuangan yang handal alhamdulillah kini usahanya tetap bertahan. Menurutnya yang terpenting dalam menjalani usaha adalah jangan cepat puas, pelayanan terhadap pelanggan, berkelanjutan dan bisa memanfaatkan teknologi untuk usaha dizaman sekarang.
Ia berharap kehadiran koperasi akan menguatkan UKM dengan azas manfaat. Selain itu juga bisa membantu anggotanya untuk mengelola usaha, belajar tentang keuangan dan pemasaran serta memperoleh bantuan modal.


Setelah kata sambutan acara pun dibuka secara resmi oleh Wakil Gubernur (Wagub) Bengkulu Rohidin Mersyah. ia pun menyampaikan arahan kepada para peserta, menurutnya banyak faktor yang mempengaruhi seorang wiraswasta apakah akan maju atau justru gulung tikar dalam usahanya. Selain ditopang dengan kemauan dan keberanian yang kuat dan modal yang cukup, untuk bersaing diera sekarang para pelaku KUMKM juga harus meningkatkan skill berwirasusaha dan mengaplikasikan usaha dengan sistem IT dan internet atau secara online. Dan yang paling terpenting seorang wirausaha juga harus memiliki keterampilan lebih dalam manejemen keuangan.

Pak Rohidin pun menyemangati para peserta yang merupakan pelaku usaha untuk giat bekerja. Bagi seorang lelaki jika ia mencari nafkah untuk keluarganya maka setiap tetes keringat yang ia keluarkan akan menjaganya dari siksa api neraka. Sedangkan jika seorang Ibu bekerja untuk membantu kebutuhan keluarganya maka akan dihitung sebagai sedekah.


Acara pembukaan ini penuh motivasi yang bisa membakar semangat para peserta agar kedepannya bisa menerima dengan baik materi yang disampaikan. Setelah acara pembukaan ditutup, selanjutnya para peserta akan mendapatkan motivasi dan materi dari OJK Pusat yaitu Pak Yodhia Antariksa, beliau yang juga merupakan pebisnis ini juga pernah mendapatkan penghargaan sebagai Blogger Bisnis Terbaik Se Indonesia.


Simak lanjutan cerita saya mengenai Online Marketing Strategy untuk UKM oleh Yodhia Antariksa di postingan selanjutnya ya


1 comment:

  1. hahaha,,,kocak abis nih pemateri yg bernama yoda,,, :D

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar ^_^

BoBe (Blogger Bengkulu)

BoBe (Blogger Bengkulu)

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Warung Blogger

Qerja.Com

Join Now

IBX583D9D392DC6B

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger