Mudik Selamat, Aman dan Nyaman dengan Transportasi Udara



Assalammualaikum wr.wb

Hai #SobatAviasi apa kabarnya puasa tahun ini? Semoga teman-teman yang menajalankan ibadah puasa diberi kemudahan ya. Btw, ga terasa kita sudah menjalani pertengahan bulan ramadhan ya. Cepat sekali rasanya berlalu. Memasuki pertengahan Ramadhan biasanya kita bertambah sibuk dengan banyaknya persiapan Lebaran. Ibu-ibu biasanya heboh dengan pilihan kue kering dan baju lebaran untuk keluarga, bapak-bapak juga mulai bersih-bersih rumah, mengganti cat rumah agar bisa terlihat lebih cantik rumahnya. Begitu pula dengan para perantau, mulai memesan tiket dan mencari oleh-oleh untuk dibawa mudik.

Mudik memang jadi budaya yang melekat di masyarakat Indonesia. Ada yang kurang rasanya jika saat lebaran tidak mudik atau pulang kampung. Berkumpul bersama keluarga tercinta jadi momen berharga yang tidak bisa kita lewatkan. Ya, karena pada saat lebaranlah biasanya seluruh keluarga akan berkumpul dan bersilaturahmi.

Banyak alternatif pilihan transportasi untuk mudik seperti transportasi udara, transportasi darat dan transportasi laut.  Kita bisa memilih sesuai dengan kebutuhan. Saya pribadi, untuk mudik antar kota di provinsi memilih jalur darat karena memang hanya itu yang ada hehee.. tapi kalau sudah jauh misalnya antar provinsi transportasi udara memang jadi pilihan utama yang tepat.

Salah satu alasannya mudik dengan jalur udara lebih cepat aman dan nyaman dibandingkan moda transportasi lainnya. Saya pernah nih mudik ke Sumatera Barat menggunakan jalur darat dengan kendaraan pribadi yang di bawa oleh kakak ipar. Perjalanan mudik yang saya harapkan menyenangkan malah sebaliknya. Ada-ada saja kendala seperti macet, mogok, ban pecah, hingga kondisi dalam mobil yang tidak nyaman. Sebagian keluarga mabuk darat begitupun saya dan Ubay yang masih balita. Setibanya di kampung halaman, kami malah sakit dan tidak bisa pergi bersilaturahmi. Pengalaman mudik yang menyedihkan :(  padahal saya berharap bisa keliling Solok selama mudik.

Kini saya lebih berhati-hati dalam merencanakan mudik. Apalagi dengan kondisi punya balita. Saran saya sih pikirkan kesehatan dan keselamatan selama perjalanan agar saat tiba di kampung halaman dengan kondisi prima.

#SobatAviasi menggunakan transportasi udara untuk mudik memiliki banyak kelebihan diantaranya :

sumber gambar : pixbay.com

1.    Cepat

Semua pasti setuju kalau mudik menggunakan transportasi udara lebih cepat dari yang lainnya. Suami saya yang sekolah di Yogyakarta pernah menggunakan bus dan itu membutuhkan waktu 3 hari dari Bengkulu loh. Berbeda jika menggunakan Pesawat Terbang yang hanya membutuhkan waktu beberapa jam saja. Waktu yang harusnya digunakan selama perjalanan bisa kita manfaatkan untuk hal lainnya.

2.    Aman dan Nyaman

Transportasi udara cenderung lebih aman dan nyaman loh. Bus seringkali terkendala kemacetan apalagi di musim mudik menjelang lebaran. Waktu perjalanan pun menjadi lebih lama. Pengalaman saya biasanya seringkali terjadi kemacetan saat akan menyebrang dari pelabuhan Merak-Bakehunie. Belum lagi kita harus ekstra hati-hati saat berada di kapal feri karena seringkali terjadi kecopetan. Bagi saya yang memilki balita akan sangat repot harus saat mereka ingin buang air kecil ataupun besar karena perjalanan yang lama.

3.    Sehat dan Selamat

Walaupun masalah sakit dan ajal ditangan Allah dan dengan kendaraan apasaja bisa terjadi kecelakaan. Tapi dengan menggunakan transportasi udara kita bisa meminimalisir kecelakaan yang sering terjadi di musim mudik. Saya sering sedih saat melihat liputan banyak orang membawa anak bayi atau balita berkendara motor dengan barang yang begitu banyak.

Nah untuk #SobatAviasi yang ingin melakukan mudik dengan transportasi udara berikut beberapa tips yang bisa diterapkan agar Mudik dengan Selamat, aman, dan nyaman

1.    Pesan Tiket Beberapa Bulan Sebelum Keberangkatan

sumber gambar : Facebook DJPU

Harga tiket memasuki musim liburan memang lebih mahal dari biasanya. Nah untuk mengantisipasinya, pesanlah tiket jauh-jauh hari atau beberapa bulan sebelum keberangkatan setidaknya tiga bulan, apabila ingin mendapatkan harga yang relatif rendah atau murah. Jika kita memesan beberapa hari sebelum keberangkatan kemungkinan tiket sudah habis ataupun tersedia dengan harga yang sangat tinggi. Sering-seringlah cek promo tiket pesawat *hehehe agar bisa mendapatkan harga yang terbaik

2.    Bawalah Barang Seperlunya

Saat mudik usahakan untuk membawa barang secukupnya. Jangan berlebihan karena akan membuat kita repot. Berilah tanda pada barang bawaan kita atau bisa dengan menuliskannya dengan spidol agar saat pengambilan bagasi tidak tertukar.

3.    Lakukan Check in Online dan datanglah 3 jam sebelum keberangkatan

Sekarang check ini bisa dilakukan secara online untuk membantu kita menentukan bangku penumpang. Untuk #SobatAviasi yang berada di kota besar baiknya datang ke bandara 3 jam sebelum keberangkatan untuk menghindari macet dan gangguan menuju bandara. Saat musim mudik juga biasanya counter check in sangat padat. Dengan datang lebih cepat kita bisa check in lebih cepat pula.

4.    Bagi ibu hamil periksalah ke dokter dan minta surat keterangan

perjalanan saat hamil lebih nyaman menggunakan transportasi udara

Saat kehamilan 3 bulan dan 6 bulan saya pernah melakukan perjalanan dengan transportasi udara. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan saya mengecek kondisi janin ke dokter dan meminta surat keterangan hamil dan boleh melakukan perjalanan udara. Surat itu nantinya akan diberikan kepada petugas bandara saat check ini. Pihak maskapai perlu mengetahui ibu hamil dan bayi/balita agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Nah itu tadi tipsnya, semoga bisa bermanfaat ya. Untuk mendapatkan informasi seputar mudik saya bergabung menjadi #SobatAviasi, teman-teman pun bisa bergabung di  social media DJPU di https://www.instagram.com/djpu151/ dan https://www.facebook.com/djpu151/.

#SobatAviasi  yang punya tips juga tentang keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penerbangan bisa donk share di kolom komentar atau ikutan vlog competition DJPU di website http://selamanya.id/ . Dengan mengikuti lomba ini teman-teman berkesempatan untuk traveling ke Raja Ampat loh dan masih banyak hadiah lainnya. Saya sudah ikutan, #sobataviasi Yuk ikutan juga.....


Semoga mudik lebaran tahun ini menyenangkan ya



29 comments

  1. Artikelnya berguna banget mba, tipsnya apalagi. Makasih mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mbak ria ^_^
      semoga bermanfaat

      Delete
  2. Tipsnya bermanfaat banget, pas nih buat yang mau mudik hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak naqiy, mbak ga mudik nih?

      Delete
  3. Walaupun nggak mudik, tapi saya sangat setuju klo transportasi udara ini lebih menghemat waktu dan tenaga. Apalagi untuk balita atau usia lanjut, jadi nggak kecapekan di jalan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak kalo bisa naik pesawat mendingan naik pesawat aja
      aku udah jera naik mobil bermalam2 >.< mana bawa bayi hikss

      Delete
  4. aihhh....bumil, masih aktif nulis aja, tulisan mantab bumil :)
    salam aviasi

    ReplyDelete
  5. kal di beri umur panjang, insya Allah tahun depan mudik sekeluarga ke jawa.. Makasih tipsnya lho ya,, hihihihiiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. aaamiin semoga dimudahkan rejeki nya ya kuma

      Delete
  6. Alhamdulillah ya bisa sehat selamat mudik menggunakan transportasi udara ya mba. Pilihan yang tepat nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, selamat aman dan nyaman ^_^

      Delete
  7. Alhamdulillah saya sudah beli tiket mudik sebulan menjelang puasa mba. Infonya sangat bermanfaat, bannyak sekali yang perlu kita perhatikan saat bepergian dengan pesawat udara agar selamat aman, nyaman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah mbak harganya belum terlalu mahal ya kalau cepat belinya..
      iya, walaupun naik pesawat harus tetap memperhatikan peraturan yang ada

      Delete
  8. Sebagai hunter tiket pesawat, harga tiket murah itu kadang gak bisa diprediksi waktunya. Tapi kalau mau lebaran, paling aman mudik jauh hari atau pas hari H lebaran. Murah tuh tiketnya, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya mas tapi kalo hari H lebaran ngumpulnya jadi telat dunk hihihii

      Delete
  9. Semoga yang mudik pada sehat selamat semua sampai kampung halaman ya

    ReplyDelete
  10. Mudik besok ini pertama kalinya saya pakai pesawat terbang saat sedang mengandung. Wah, mesti bikin surat keterangan dari dokter nih ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo aku waktu hamil 3 bulan ga pake surat mbak
      tapi pas hamil 7 bulan dikasih surat izin dokter karena biasanya dah terlihat oleh petugas bandara

      Delete
  11. untuk yang mudik jauh sih mmamng enak naik pesawat ya, bebas amcet , lah aku krn gak bisa pakai pesawat ya terpaksa pakaai mobil

    ReplyDelete
  12. Iya lho proses check in secara manual kadang yang bisa bikin lama. Enakan pake online biar lebih cepet memilih tempat duduk juga. hahahha.

    ReplyDelete
  13. Naik pesawat memang jauh lebih cepat apalagi saat jelang lebaran. Salam mba Ria

    ReplyDelete
  14. Iya naik pesawat enaknya cepat dan ga bikin capek :)

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar ^_^