Tuesday, 18 July 2017

Martabak Bakso Sapi So Good


Ramadhan dan Idul Fitri tak terasa cepat sekali berlalu. jadi bikin rindu ya, segala hal tentang ramadhan dan idul fitri bagi saya terasa istimewa dan meninggalkan kenangan yang indah. Selain aura ramadhan yang menyejukkan, idul fitri yang ceria, banyak hal lainnya di bulan itu yang tidak bisa kita temui di hari-hari biasa.

Salah satunya silaturahmi keluarga besar dengan aneka sajian masakan yang menggugah selera. Berbagai kue lebaran, makanan khas seperti rendang, opor ayam, lontong, hingga pempek menjadi pelengkap kebahagiaan di hari Idul Fitri. Kalau saya di keluarga keturunan minang rendang dan lontong sudah jadi menu wajib. Tapi ya saya kadang suka bosan juga dengan menu yang setiap tahunnya hehe. Apalagi kalau silaturahmi ke rumah keluarga ketemunya menu yang sama juga hehehe. Makanya saat Idul Fitri saya lebih memilih membuat menu yang berbeda dari yang di buat orang kebanyakan. Saya lebih suka membuat pempek, tekwan atau martabak.

Untuk membuat Kreasi Masakan Idul yang berbeda saya menggunakan  So Good Siap Masak  yang mempunyai banyak varian produk yang enak dan bergizi serta praktis untuk dimasak. Salah satu favorite saya adalah So Good Bakso Kuah Instant. Ada berbagai rasa loh, ada rasa ikan, sapi, udang dan ayam. Kesemuanya menggugah selera dan mudah dikreasikan. Dipostingan sebelumnya saya pernah membuat Mie Bakso So Good loh. Nah sekarang saya mau berbagi resep Martabak Bakso So Good!

Martabak Bakso So Good ini sebenarnya hampir mirip dengan Martabak mesir atuapun pastel yang punya isian daging, tapi dagingnya saya ganti dengan bakso So Good yang diiris tipis. Rasanya tetap uenak seperti martabak mesir karena daging bakso So Good dibuat dari daging giling berkualitas dengan tekstur kenyal dan empuk. Martabak ini makin nikmat dimakan saat panas dengan kuah pedas manis yang terbuat dari campuran gula merah, cabe rawit yang dihaluskan dan bumbu pelengkap lainnya. Dijamin bakal ketagihan deh!

Nah dari pada penasaran yuk simak Resep Martabak Bakso So Good


Bahan Martabak

4 Buah Bakso So Good Sapi dan bumbu instannya
2 buah kentang ukuran sedang, kupas dan cuci bersih
2 batang daun bawang, cuci bersih, ranjang
150 gram tepung gandum
4 butir telur, kocok lepas
Air secukupnya
Merica
Garam halus
Penyedap rasa (optional)

Bahan Kuah
¼ gula  aren
1 sendok cabe rawit halus
3 siung bawang putih dihaluskan
½ bungkus asam jawa
Garam secukupnya

Cara membuat

Kuah : rebus gula aren, cabe rawit halus, bawang putih halus, asam jawa, garam dengan 3 gelas air  hingga mendidih, tes rasa jika kurang pedas boleh ditambahkan cabe sesuai selera.

Isian Martabak:

1.    Potong kentang berbentuk dadu kecil, sisihkan
2.    Potong bakso kecil-kecil, sisihkan
3.    Siapkan sedikit minyak di wajan, lalu masukkan kentang, dan tunggu hingga kentang setengah masak
4.    Tambahkan bakso, daun bawang, sedikit garam, merica, dan sedikit bumbu instant bakso kuah so good,
5.    Tambahkan sedikit air
6.    Angkat isian martabak ketika air sudah kering dan kentang telah matang
7.    Tambahkan 2 butir telur yang sudah dikocok lepas, aduk hingga merata

Kulit Martabak :

1.    Siapkan mangkok, letakkan gandum dan beri air, sedikit demi sedikit hingga menjadi adonan kulit yang tidak terlalu encer, tambahkan garam dan penyedap rasa (optional). Tambahkan 2 butir telur yang sudah di kocok lepas, aduk.
2.    Panaskan telepon lalu tuangkan bahan kulit secara perlahan dan masak hingga matang, dinginkan.

Setelah kulit siap, letakkan isian martabak secukupnya ke dalam adonan kulit.


Lipat hingga isian terutup, melipatnya sih sesuai selera, kalau saya ngelipat kayak bentuk pastel/risol gitu hehehe..  setelah terlipat panaskan minyak dan goreng martabaknya hingga matang. Potong-potong sesuai keinganan dan sajikan dengan kuah yang tadi dibuat. Enak banget rasanya apalagi dimakan saat panas, daging bakso so good yang empuk dan nikmat pas sekali dengan kuah pedas manis.

Oya teman-teman yang punya kreasi masakan ramadhan dan idul fitri bisa ikutan Kreasi Masak ala So Good. infonya ada bawah ini yah ^_^

https://bloggerperempuan.co.id/sogood/




10 comments:

  1. Penampakan Martabak Bakso Sapi Di Goodnya mirip martabak Har ya mba.Jadi penasaran seperti apa rasanya? memang kalau pas lebaran makan tekwan jadi seger karena bosen makan bersantan.

    ReplyDelete
  2. Bukan main kreasi ibu muda ini, cicip boleh hhe

    ReplyDelete
  3. Kok dapet aja sih ide kaya gini
    Unik ya.
    Jadi pengen nyoba buat

    ReplyDelete
  4. Belun pernah bikin kreasi masakan menggunakan tepung gandum..bisa untuk kuliy martabak ternyata ya

    ReplyDelete
  5. Nice Artikelnya.. ijin share dan jangan lupa kunjungan baliknya... http://essenaquatic.xyz/umpan-oplosan-essen-ikan-mas-harian/

    ReplyDelete
  6. selain bakso, tambah dgn sosis semakin enaaak hehehe

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  8. suka sama martabak yg kries kries kayak gini

    ReplyDelete
  9. bikin ngiler mbak klo ngepost soal makanan kayak gini. Hhhehe

    ReplyDelete
  10. wah jadi mau request dibuatin yg gini juga hehehe

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar ^_^

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

BoBe (Blogger Bengkulu)

BoBe (Blogger Bengkulu)

Join Now

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger
IBX583D9D392DC6B

Warung Blogger