Wednesday, 12 July 2017

Trik Komputer Agar Bersih dan Tidak Terjangkit Virus

Komputer adalah merupakan salah satu gadget paling digemari dan dibutuhkan oleh masyarakat modern ini. Ada beberapa kegunaan dari komputer mulai dari bermain game, mennyimpan file dari lagu, video, film, dokumen, dan lainnya, selain itu juga untuk belanja, bekerja secara online, dan masih banyak hal lainnya yang bisa menggunakan bantuan dari perangkat tersebut. Sama seperti gadget lainnya komputer tersebut juga mempunyai beberapa masalah yang sering dihadapinya. Salah satunya adalah dari virus yang mengancam kerja komputer bahkan apabila tidak segera ditangani bisa untuk merusak file, program, dan komputer sendiri. Oleh karena itulah komputer harus dijauhkan dari virus dengan beberapa trik komputer yang bisa dilakukan seperti:

gambar : pixbay.com


1.    Menggunakan anti virus
Langkah pertama untuk perlindungan komputer agar tidak terkena virus adalah dengan menggunakan antivirus. Dimana antivirus ini seperti antibiotik yang dapat mengamankan komputer yang dipunyai. Ada beberapa antivirus yang bisa dipilih dan digunakan oleh masyarakat baik antivirus buatan lokal hingga yang dari luar negeri. Selain itu juga ada pilihan antivirus yang berbayar dan gratis untuk masyarakat. Antivirus tersebut harus di update setiap waktu karena virus juga berkembang sehingga membutuhkan antivirus yang bekerja dengan maksimal.

2.    Hindari mengunduh sembarangan
Dan tips selanjutnya untuk dapat menghindari antivirus yang masuk dalam komputer adalah dengan tidak mengunduh file secara sembarangan. Hal tersebut akan membuat virus mudah masuk dengan program tidak jelas yang diunduh. Sehingga apabila akan mengunduh sebuah file pastikan terlebih dahulu bahwa file tersebut aman. Misalnya dengan mengunduh file di website yang terpercaya. Selain itu juga bisa menggunakan antivirus untuk melakukan tugasnya dengan scan file yang diunduh agar terhindar dari virus yang bisa merusak komputer.

3.    Hindari menerima flashdisk sembarangan
Dan hal terakhir yang bisa dilakukan agar komputer tidak mudah terjangkit virus adalah dengan tidak menerima flashdisk sembarangan. Bagi Anda yang sering bertukar data sebaiknya akan lebih baik untuk menggunakan kirim email untuk dokumen yang tidak terlalu besar kapasitasnya. Hal tersebut tentu saja akan lebih baik karena menghindari pencolokan flashdisk ke komputer. Dimana sudah menjadi rahasia umum apabila flashdisk merupakan tempat ternak virus karena seringnya di colok ke berbagai perangkat yang tidak aman.

Beberapa poin diatas merupakan trik komputer yang bisa untuk dilakukan oleh masyarakat. Anda bisa untuk menggunakan dan memperhatikan hal di atas agar komputer yang dipunyai tidak terserang dan terjangkit virus. Bahkan sekarang ini juga banyak virus ganas yang dapat merusak data penting bahkan sampai merusak komputer. Oleh karena itu langkah pencegahan sangat penting dilakukan agar komputer tetap aman tanpa virus.

No comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar ^_^

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

BoBe (Blogger Bengkulu)

BoBe (Blogger Bengkulu)

Join Now

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger
IBX583D9D392DC6B

Warung Blogger