5 Tempat Wisata Kota Tua Di Dunia

Photo: viva.co.id

Kota tua menyimpan kenangan sejarah yang sangat menarik untuk digali, setiap kisah sejarah yang melatar belakangi keberadaan kota tersebut, seolah tidak ada habisnya untuk dijelajahi. Dengan berwisata ke kota-kota tua,  selain berekreasi anda juga sekaligus menambah pengetahuan mengenai asal muasal sejarah dari negara yang anda kunjungi. Beberapa kota tua di dunia, banyak yang masih terjaga dengan baik, pemerintah setempat mempertahankan arsitektur bangunan yang memiliki ciri khas bangunan berupa tembok-tembok tebal dan kokoh. Menjelajahi kota tua, seakan membawa kita kembali ke masa lalu, berikut 5 kota tua paling terkenal di dunia.


● Kota Tua - Jakarta

Indonesia memiliki banyak bangunan tua peninggalan kolonial Belanda. Dan salah satu bangunan tua peninggalan Belanda berada di kawasan Kota Tua, Jakarta, dan merupakan saksi bisu dari sejarah panjang penjajahan Belanda saat berkuasa dulu. Ini adalah salah satu destinasi yang wajib dikunjungi saat anda berwisata ke ibukota Indonesia, di tempat ini terdapat bukti otentik peninggalan kolonial Belanda. Anda bisa menjumpai bangunan-bangunan tua, dan pelabuhan Sunda Kelapa. Selain belajar sejarah, tempat ini juga sangat Instagram material.


● Kota Lama Semarang - Jawa Tengah

image : seputarsemarang.com

Kota Tua lainnya yang menjadi bukti kekuasaan Belanda di Indonesia, adalah kota lama Semarang. Selama 350 tahun sebab Belanda menguasai Indonesia, kota Semarang merupakan pusat pemerintahan kolonial. Maka tidaklah mengherankan jika kota tua Semarang mendapat julukan Little Netherland atau Belanda Mini, julukan itu rasanya pantas diberikan, karena ketika anda memasuki kawasan kota tua ini, seolah Anda sedang dibawa kembali ke masa kolonial Belanda. Mulai dari bangunan hingga kanal-kanal di dalam kota lama ini mengingatkan kita akan kota Amsterdam di negara Belanda. Salah satu bangunan paling terkenal di sana adalah Gereja Blenduk, geraja yang bernama asli Nederlandsch Indische Kerk, masih sangat kokoh meskipun umurnya sudah lebih dari 250 tahun.


● Intramuros - Manilla

image : Artran/ / Shutterstock.com

Jika di Jakarta terdapat kota Tua “rasa” Belanda, lain halnya dengan Manila. Ibukota negara Filipina ini memiliki Intramuros atau kota tua rasa Spanyol. Kawasan kota Tua ini terletak di dalam tembok benteng kota, awalnya tembok-tembok raksasa yang mengelilingi Intramuros digunakan sebagai benteng untuk melindungi warga yang ada di dalamnya. Jika dilihat sepintas bangunan Intramuros masih terlihat sangat kokoh, dan mungkin tidak ada yang percaya jika tembok ini sempat hancur saat Perang Dunia II. Renovasi besar-besaran dilakukan pada tahun1951 dan saat itu pula, situs ini ditetapkan sebagai Monumen Nasional. Di kawasan kota tua ini Anda dapat menemukan berbagai bangunan kuno peninggalan Spanyol, antara lain Fort Santiago, City Plaza, Casa Manila yang merupakan rumah tertua, hingga San Agustin Church yang masuk ke dalam situs warisan dunia UNESCO.


● Salvador - Brasil

image : wikipedia

Salah satu kota di negeri Samba ini bernama Salvador da Bahia. Selain pernah menjadi tuan rumah piala dunia 2014 lalu, kota ini juga merupakan kota tua bersejarah di Brasil. Sebelum ibukota Brasil pindah ke Brasilia, pada tahun 1549 hingga 1763 Salvadorlah yang menjadi ibukota Brasil. UNESCO pun menobatkan kota Salvador de Bahia sebagai situs warisan sejarah dunia karena kekayaan sejarah, bangunan monumental, dan keindahan arsitektur bangunannya. Kawasan di dalam kota Salvador yang masuk dalam daftar World Heritage adalah Pelourinho, di kawasan ini, banyak sekali dijumpai bangunan bergaya klasik dan kolonial, diantaranya Gereja Sao Fransisco, Katedral Basilika Tereiro de Jesus, Gereja Bonfim, Gereja do Passo dan masih banyak lagi.


● Athena - Yunani

image : pintrest

Negara Eropa memang terkenal dengan segala hal yang berbau modern, namun siapa sangka jika di salah satu kotanya, yaitu Athena, anda bisa menemukan bangunan-bangunan tua yang menggambarkan keagungan Eropa pada zaman dahulu. Athena, sebuah kota tua yang berada di negara Yunani ini, dikenal dengan julukan negerinya para Dewa. Maka tidaklah mengherankan jika Athena disebut sebagai ibukota sejarah di Eropa. Kota Athena memiliki banyak situs arkeologi yang berhubungan dengan dewa Yunani yang hidup pada peradaban Yunani kuno. Dari sekian banyak bangunan bersejarah yang ada di kota ini, yang paling terkenal adalah kuil Parthenon,sebuah kuil Yunani yang dibangun untuk Dewi Athena, seorang Dewi yang dipercaya sebagai pelindung Athena pada abad ke-5 sebelum masehi.


Bagaimana, apakah Anda mulai tergoda untuk merasakan suasana masa lalu di kota-kota tua yang berada di berbagai belahan dunia? Anda bisa cari tiket promo pesawat  yang menyediakan rute penerbangan menuju kota-kota besar di seluruh dunia. Temukan situs jual tiket pesawat online melalui situs booking online terpecaya reservasi.com.


24 comments

  1. Baru kesampaian ke Kota Tua Jakarta doang..next yang di Semarang kali ya hehe


    Goodbackpack ID | Jual Tas Terhaqieqie

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iya, saya jg baru yg jakarta, wkatu ke semarang ga sempet main ke kota lamanya

      Delete
  2. Semoga suatu saat bisa mengunjungi kota2 tua diatas. Berharap bangt...hihi

    ReplyDelete
  3. Di Semarang namanya kota lama mbak. Hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iya sudah diperbaiki, makasih mba lulu koreksinya

      Delete
  4. Pengen jalan2 ke kota tua, mudah2an ada yg mensponsori, hehe

    ReplyDelete
  5. Baiknya ada fotonya mbak, jadi bisa mendukung konten tulisannya dengan penambahan konten visual.

    ReplyDelete
    Replies
    1. siapp.. makasih masukannya mbak yelli

      Delete
  6. Ia dong tergodaaaaaa...aku mau ke semua Kota itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayoo rencanakan travelling bareng suami zef

      Delete
  7. uah pernah ke jakarta dan semarang, mudah2an ada rejekinya mengunjungi kota lain :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aaamiin.. semoga tercapai ya mbak impiannya

      Delete
  8. Kota tua di semarang bagus tuh, che. Jadi wisata sejarah yang banyak dikunjungi bule.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, che waktu ke semarang belum sempat mampir ke kota lama nyaa
      sayang bgt, next semoga bisa kesana
      sekalian kopdaran ma mbak ila hehe

      Delete
  9. Aku pernah ke kota sua semarang dan aura magisnya kerasaa banget kayak dimana gituuu :D

    ReplyDelete
  10. Wahh keren infonya mba, menambh wawasan

    ReplyDelete
  11. Kota Tua dijakarta, nyentrik juga ternyata ya. Banyak bangunan peninggalannya.

    ReplyDelete
  12. Semoga bisa ke 5 tempat ini hunting sama pasangann hahaha

    ReplyDelete
  13. baca artikel ini, jdi mupeng ke athena.. Keren banget >.<

    ReplyDelete
  14. Baeklah. mulai sekarang akan menabung dan memasukkannya kedalam list. siapa tahu suatu masa dikasi kesempatan buat berkunjung. *nambah lagi tempat impian*

    ReplyDelete
  15. Sukaaa....dengan kota-kota tua begitu.
    Asalkan berkunjung pas siang hari dan rame-rame. :)

    ReplyDelete
  16. Ayo kita backpakeran mbak, keliling indonesia aja dulu, hehehe

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar ^_^