Jaga Kualitas Tas Wanita Berbahan Dasar Kulit dengan 10 Tips Perawatan Ini


Tas merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting bagi setiap orang untuk membawa barang-barang yang diperlukan ketika bepergian. Akan tetapi, lain halnya dengan kaum hawa yang menjadikan tas sebagai sarana untuk berpenampilan menarik. Dengan fenomena tersebut, sudah banyak produk tas untuk wanitayang beraneka ragam dari berbagai merek, dari merek biasa hingga branded. Bahan pembuatnya pun berbeda-beda. Kulit merupakan bahan baku yang sangat berkualitas dan sangat diminati.
 
Tas wanita berbahan dasar kulit mempunyai ketahanan yang lebih baik dibandingkan dengan tas dari bahan lain. Tentunya, harga jual tas kulit lebih mahal dibandingkan yang lain. Dengan kualitas yang sangat baik ditambah harga yang tergolong tinggi, sayang apabila tas tidak terawat sebagaimana mestinya. Untuk itu, Anda perlu mengetahui, memahami, serta melaksanakan tips perawatan tas kulit. Berikut ini merupakan 10 tips perawatan untuk tas kulit agar tetap terjaga kualitasnya.

•    Tips Membersihkan Tas

Salah satu tips untuk menjaga kualitas tas berbahan dasar kulit adalah dengan membersihkannya secara rutin namun dengan cara yang sedikit berbeda. Bagaimana caranya? Lap tas secara rutin minimal dua hari sekali dan setelah memakainya. Gunakan kapas atau lap lembut dan kering untuk membersihkan permukaannya.

Perlu diingat, jangan menggunakan air untuk membersihkan tas kulit, karena air tersebut dapat masuk ke pori-pori tas dan lama kelamaan akan merusak tas. Bisa jadi lapisan kulit akan menipis dan mengelupas. Bersihkan juga bagian dalam tas dari semua barang, setelah selesai digunakan.

•    Tips Membersihkan Tas Saat Terkena Air

Tas kulit sangat rentan terhadap air. Apabila terkena air, struktur tas akan melunak dan permukaan akan mengelupas. Dengan demikian, tas menjadi tidak kuat lagi untuk membawa barang berat, tidak tahan lama, serta mengganggu penampilan dengan permukaan kulit yang tak lagi mulus. Kenyamanan juga tidak ada lagi.

Karenanya, sebaiknya segera bersihkan tas apabila sudah terlanjur terkena air, baik itu air biasa, air hujan, tumpahan minuman, dan cairan lainnya. Usaplah bagian luar tas dengan kain basah yang lembut hingga kering. Apabila bagian dalamnya juga basah, maka jemurlah pada bagian tas yang basah di bawah sinar matahari intensitas sedang demi menjaga ketahanan produknya.

•    Tips Menghilangkan Noda pada Permukaan Tas

Noda adalah faktor penting yang berpengaruh negatif pada sebuah benda. Terlebih, kehadiran noda membandel akan menghabiskan waktu lama untuk membersihkannya. Bayangkan apabila noda tersebut ada di tas kulit kesayangan Anda. Menyedihkan, bukan? Jangan khawatir, ada tips jitu yang dapat Anda coba untuk menghilangkan noda tersebut. Siapkanlah kain micro fiber atau baby wipe yang non alkohol, kemudian usap pada bagian noda hingga semua noda menghilang tanpa jejak.

•    Cara Menjaga Daya Tahan Tas Kulit

Daya tahan tas sangat penting perannya karena tas terkadang diperlukan untuk membawa barang dalam jumlah banyak dan berat. Awalnya, tas kulit memang lentur dan kuat, sehingga memadai untuk membawa barang saat bepergian. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, tas akan menurun ketahanannya. Untuk menjaga agar tetap berkualitas, maka jagalah kelembabannya dengan menjemurnya.

Akan tetapi, hindarkan tas kulit dari paparan sinar matahari langsung yang berpotensi merusak tekstur kulit.selain itu, sebisa mungkin hindarkan dari cairan dalam bentuk apapun agar tas tetap kering. Bersihkan dengan kain lembut dan kering untuk membersihkannya. Anda juga dapat menggunakan baby oil.

•    Tips Mengatasi Resleting Tas yang Macet

Resleting macet merupakan kendala yang cukup sering terjadi. Sebelum Anda mengalaminya, alangkah baiknya untuk memeriksa resleting secara rutin. Pastikan tidak ada kotoran atau benang yang tersangkut. Selain itu, beri pelumas, seperti minyak zaitun, baby oil, atau hand body (lotion), pada seluruh bagian resleting agar anti macet. Gunakan cotton bud untuk mengoleskan pelumas tersebut di bagian resleting.

•    Cara Mencegah Tumbuhnya Jamur di Tas

Jamur adalah mikroorganisme yang berpotensi muncul pada tas Anda. Jangan biarkan jamur tersebut tumbuh di tas wanita milik Anda. Jagalah kelembabannya dengan mengeluarkan tas dari tempat penyimpanan. Adapun tips jitu lainnya, yaitu dengan meletakkan silica gel dalam kemasan kecil, sehingga dapat mencegah timbulnya jamur. Dengan demikian, tas akan aman dari tumbuh kembang jamur. Tekstur kulitnya tidak akan rusak dan warna tas tetap cantik seperti sedia kala.

•    Cara Mencegah Timbulnya Karat Pada Ornamen Logam Tas

Tas dengan hiasan atau ornamen logam akan menampakkan keindahan menawan dan banyak digandrungi oleh kaum hawa. Sayangnya, ornamen logam tersebut dapat berkarat dimakan usia ataupun apabila sering terkena air atau cairan lain. Sebagai upaya pencegahannya, usapkan tipis-tipis kuteks transparan pada permukaan hiasan logam. Dengan lapisan kuteks tersebut, tekstur serta warna ornamen/hiasan logam akan tahan karat.

•    Tips Menjaga Kelembaban Pada Tas Kulit

Jaga kelembaban tas kulit agar terjaga dari tumbuh kembang jamur ataupun menjaga kualitas tekstur kulit. Jemur tas di bagian yang tidak terpapar sinar matahari langsung selama beberapa menit. Keluarkan juga tas dari tempat penyimpanan agar mendapat udara segar dan tidak apek.

•    Tips Membersihkan Tas Kulit Kombinasi

Sudah sama-sama kita ketahui bahwa perkembangan fashion juga tidak luput terjadi pada produk tas untuk wanita. Kini, tas kulit juga tersedia dalam model kombinasi dengan aneka varian warna dan corak. Ada tas kulit yang dikombinasikan dengan kain jeans, kain batik, dan sebagainya. Cara untuk membersihkannya juga sedikit berbeda pada permukaannya.

Anda dapat membersihkan bagian yang berbahan kulit seperti pada penjelasan sebelumnya. Untuk bagian berbahan kain, gunakan kain dan sedikit air untuk membersihkan debu atau kotoran yang menempel. Untuk kain batik, dapat digunakan sabun pembersih khusus.

•    Cara Menyimpan Tas Kulit dengan Baik

Penyimpanan juga harus diperhatikan guna menjaga tas tetap tahan lama. Usahakan rak penyimpanan atau lemari mempunyai ruang yang memadai sebagai tempat penyimpanan tas. Dengan ruang memadai, maka tas tidak berdesakan dan tersedia ruang sirkulasi udara. Hal ini akan menghindarkan tas dari kelembaban tinggi.

Pada dasarnya, tas wanita dari kulit mempunyai ketahanan yang baik dan juga kuat, sehingga dapat digunakan untuk membawa barang yang tergolong berat dan mampu bertahan dalam jangka waktu lama.Selain itu, permukaannya yang halus dapat meningkatkan kenyamanan saat mengenakannya.

Anda dapat melakukan 10 tips perawatan tas kulit tersebut dengan upaya sendiri demi menjaga kualitas tas Anda. Dari pembahasan di atas, kita juga bisa sama-sama menyadari bahwa keawetan sebuah tas tidak hanya terletak pada harganya yanng mahal tetapi juga tergantung pada perawatannya di tangan Anda. Dengan tips tersebut, Anda tak perlu memberikan tas ke tempat bag spa, sehingga dapat menghemat biaya. Jika bisa sendiri, mengapa tidak? Cintai dan hargai apa yang Anda miliki!

7 comments

  1. Makasih ya mbak sudah mau share tipsnya, saya ada punya tas tapi ada beberapa bagiannya tumbuh jamur padahal gak saya pakai2.

    ReplyDelete
  2. wahh tau aja ini para wonderwomen soal urusan rawat merawat tas hehee

    ReplyDelete
  3. Wah ilmu baru nih terutama utk cewek". Thank you ilmunya mbak

    ReplyDelete
  4. kalo punya tas berbahan kulit sulit awet.. makanya belinya tas-tas bahan kanvas aja :D :D baca tulisan mbak ria, jadi tahu caranya supaya tas bahan kulit lebih awet

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar ^_^