Thursday, 14 September 2017

Kreasi Menu Bekal Anak Sekolah

Bersekolah merupkan salah satu hal yang menyenangkan bagi anak-anak. Untuk itu membekali anak dengan bekal saat pergi ke sekolah merupakan hal yang bijaksana. Selain untuk mencukupi kebutuhan gizi anak agar ia tetap bersemangat ke sekolah, bekal makanan juga sebagai upaya Bunda untuk mengindari bahaya jajan sembarang di sekolah yang tidak terkontrol. Banyak berita yang menyebutkan anak sekolah sering keracunan makanan , cacingan hingga gangguan pencernaan karena makan jajanan yang tidak higienis.

Memang kebersihan jajanan sekolah tidak bisa dipastikan. Maraknya pengguaan zat kimia, pewarna dan pemanis buatan jika dikonsumsi secara terus menerus oleh anak akan mengganggu kesehatan dan pertumbuhannya. Solusinya bunda perlu menyiapkan bekal sekolah anak agar bisa tenang melepasnya ke sekolah.

Menu bekal anak bisa Bunda sesuaikan dengan kebutuhan atau jam belajar si kecil. Bisa berupa snack atau makanan lengkap dengan porsi kecil. Jika ia mempunyai pelajaran tambahan ada baiknya menyiapkan makanan berat untuk siang harinya. ika hari olah raga tiba, makanan bekal menjadi semakin penting karena anak memerlukan lebih banyak energi untuk aktivitasnya.

Agar menu bekal anak disukai, Bunda perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini:
1.    Tanyakan pada anak menu bekal apa yang ia sukai, berbahan apa dan ia ingin dikreasikan seperti apa. Dengan cara ini anak akan belajar bertanggung jawab pada pilihannya.
2.    Variasakan berbagai menu agar anak tidak mudah bosan.  Usahakan tidak membuat menu bekal yang sama setiap harinya. Bunda bisa membaca buku resep bekal sekolah anak untuk menambah inspirasi.
3.    Jangan terlalu banyak memberikan snack agar anak tidak terlalu kenyang saat waktu makan bekal tiba.
4.    Usahakan membuat kreasi masakan semenarik mungkin dan berikan sentuhan garnish agar anak lahap menyantap menu bekalnya.

Bunda bisa mencontoh kreasi resep menu bekal sekolah anak ala blueband seperti membuat Roti Burung Hantu. Wah, dari namanya saja sudah menarik ya. begitu pula dengan tampilannya, dijamin anak akan penasaran mencoba dan suka memakannya.

Roti burung hantu terbuat dari roti gandum yang mengandung lebih banyak serat pangan. Sarapan yang tinggi serat merupakan modal yang baik bagi si kecil dalam memulai harinya. Serat yang tinggi dapat menahan lapar lebih lama sehingga si kecil dapat berkonsentrasi dengan optimal di kelas.

Resep Roti Burung Hantu

 
Bahan Utama
Roti tawar kotak 1 lembar
Telur, rebus 1 butir
Blue Band  ½ sdm
Beef luncheon 1 lembar
Wortel, untuk hiasan rambut dan hidung 1 buah

cara membuat
1.    Oles roti tawar dengan sebagian Blue Band hingga merata.
2.    Potong telur rebus untuk mata.
3.    Tangan dibuat dari potongan beef luncheon.
4.    Rambut dan hidung dibentuk dari wortel

Yuk kreasikan menu bekal anak agar mereka semangat bersekolah

3 comments:

  1. Pasti senang dapat bekal yang ketceh ini hha

    ReplyDelete
  2. dulu waktu SD saya juga sering bawa bekal ke sekolah, tp pasti ada nasinya, hahahha

    ReplyDelete
  3. Wah, kelihatan enak. Tapi mau makan gak tega

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar ^_^

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

BoBe (Blogger Bengkulu)

BoBe (Blogger Bengkulu)

Join Now

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger
IBX583D9D392DC6B

Warung Blogger