4 Hal Yang Diingat Orang Tentang Indonesia


Apa sih yang kalian ingat tentang Indonesia? Pertanyaan saya ini pasti akan dijawab dengan puluhan bahkan ratusan jawaban yang beragam. Ya, Indonesia memang sangat kaya. Bukan hanya dari jumlah penduduknya, tapi juga kaya akan alam dan warisan budaya. Setiap daerah pun punya khasnya masing-masing.
Satu tempat dengan tempat lainnya punya keunikan yang berbeda. Kita ambil satu contoh budaya Indonesia yaitu batik. Di daerah saya Bengkulu batik punya nama batik Besurek yang khas dengan motif Rafflesia. Berbeda lagi dengan batik pekalongan, batik solo dan batik di daerah lainnya.

Itu hanya persoalan Batik yang sudah banyak ragamnya. Jika kita runutkan lagi tentang makanan, bahasa daerah, tarian, dan lagu tentu akan sadarlah kita bahwa begitu kayanya Indonesia.
Nah dari sekian banyaknya hal mengenai Indonesia, berikut beberapa hal yang biasanya diingat orang-orang tentang Indonesia!

1.    Nasi Goreng dan Rendang


Indonesia punya banyak sekali menu masakan tradisional yang disukai baik masyarakatnya maupun wisatawan yang berkunjung. Sebut saja nasi goreng dan rendang yang kini sudah mendunia karena cita rasa rempahnya yang khas Indonesia. Kebanyakan wisatawan luar negeri sudah sangat mengenal nasi goreng dan rendang. Nah sekarang tugas kita untuk menduniakan kuliner Indonesia lainnya. Kalau di daerah saya Bengkulu banyak sekali menu tradisional yang unik seperti Pendap, ikan pais hingga Bagar Hiu.

2.    Bali

Siapa sih yang tidak kenal Bali. Wisatawan berbondong-bondong untuk menikmati keindahan pantai dan alamnya. Bahkan saya pernah dengar kalau “bule” malah lebih kenal Bali dibanding Indonesianya, ya seperti menganggap Bali itu bukan bagian Indonesia hahaa... Ya, Pulau Dewata itu memang memanjakan wisatawan untuk berlibur. Fasilitas yang lengkap didukung kearifan budaya lokal membuat Bali tak pernah sepi pengunjung.

3.    Batik

Seperti yang sudah saya singgung di atas, Batik sudah jadi ciri khas Indonesia. Batik mengandung cita rasa seni yang tinggi. Bahkan di ajak pencarian bakat internasional, peserta Indonesia selalu menggunakan Batik dan tentu dipuji dunia Internasional. Saya dan keluarga juga senang sekali mengenakan Batik karena bisa dikenakan di acara apapun, santai maupun formal. Banyak sekali batik khas daerah yang unik, saya punya batik pekalongan dan batik besurek Bengkulu.




Belum lama ini saya juga membelikan Batik Arjuna Weda untuk suami di ZALORA. Dasarnya bagus banget dan motifnya nggak pasaran jadi keren banget untuk digunakan. Ini suami saya minta dipesankan lagi, mumpung nanti tanggal 12 Desember akan ada Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional) jadi kita sudah mulai mencari produk untuk dimasukkan ke wishlist.

4.    Masyarakatnya yang ramah dan toleran

Ini jadi nilai tambah sih untuk Indonesia karena masyrakatnya yang ramah juga toleran terhadap perbedaan. Masyarakat Indonesia memang sudah terbiasa dengan perbedaan ras, suku dan agama, jadi saat wisatawan datang dengan perbedaan budayanya, mereka tetap disambut ramah oleh Indonesia.

Sebenarnya masih banyak lagi hal yang biasa orang ingat tentang Indonesia. Makin bangga ya jadi orang Indonesia. Kalau kalian, apa sih yang kalian ingat akan Indonesia?

10 comments

  1. Indonesia memang luar bias akeren karena memang banyak banget yang bisa diingat tentang Indonesia mba. Aneka kuliner dan budaya dari seluruh Indonesia emang layak diingat :)

    ReplyDelete
  2. Nasi goreng ma rendang memang indonesia banget. :D

    ReplyDelete
  3. Yang pasti, kebanyakan orang Indonesia heboh kalau ketemu bule. :'D

    ReplyDelete
  4. Batik emang ciri khas Indonesia banget ya? :D

    ReplyDelete
  5. Kalau sebagai negara populasi muslim, termasuk ga, ya?

    ReplyDelete
  6. Semoga nomor 4 masih tetap melekat dalam diri orang Indonesia. Apalagi di zaman sekarang dengan segala dinamikanya.

    ReplyDelete
  7. Masyarakat kita masih dikenal ramah ya mbak, syukur alhamdulillah setelah beberapa permasalahan belakangan ini

    ReplyDelete
  8. Yang nomor 4 itu....kalau kulihat sih belakangan ini mulai rusak. Sedih banget. :'(

    ReplyDelete
  9. wah bulan desember juga ada kan ya Harbolnas, hehehee

    ReplyDelete
  10. Rendang, nasi goreng, sate dll wiiiihhh asyiknya menjadi masyarakat Nusantara tercinta ya. Turis tuh kalau belum pernah menginjakkan kaki ke Bali rasanya ga afdol deh hehehe.

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar ^_^